Tak Perlu Rekening, Transfer-Setor Tunai Bisa Pakai QRIS Mulai Agustus 2023

Tak Perlu Rekening, Transfer-Setor Tunai Bisa Pakai QRIS Mulai Agustus 2023
info gambar utama

Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan fitur terbaru QRIS bernama QRIS Tuntas menjelang hari merdeka pada Agustus 2023. Lewat fitur ini, pengguna bisa melakukan transfer, tarik, dan setor tunai, hanya melalui scan kode QR. Tak perlu rekening bank untuk menggunakannya.

Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta menuturkan, QRIS Tuntas sebetulnya sudah disiapkan sejak 2021, bahkan telah dilakukan soft launching oleh Gubernur BI Perry Warjiyo di Bali pada 2022.

“Nanti mudah-mudahan grand launching bisa kita lakukan di bulan Agustus sebagai ulang tahun kemerdekaan RI,” kata Fili dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Kamis (22/6/2023), dikutip dari Kumparan.

Fili menyebut, saat ini sudah ada 16 merchant (pedagang) atau peserta piloting (uji coba) untuk mengimplementasikan QRIS Tuntas. Kata dia, fitur ini memiliki tiga manfaat dalam meningkatkan kualitas layanan dari sistem pembayaran digital.

Jajan di Malaysia Bisa Pakai Rupiah Mulai Hari Ini

Pertama, optimalisasi source of fund. Sumber dana yang digunakan bisa bermacam-macam, bukan hanya simpanan, tapi juga uang elektronik. Kedua, meningkatkan interkoneksi dan interoperabilitas.

“Tiga fitur ini (transfer, tarik, setor) bisa dilakukan antara bank dengan bank, bank dengan nonbank, atau nonbank dengan nonbank. Jadi, ini akan semakin terintegrasi,” tambah dia.

Ketiga, QRIS Tuntas juga dapat meningkatkan inklusi keuangan karena tarik tunai dan setor bisa dilakukan di wilayah 3T, yaitu terdepan, terluar, dan terpencil.

“Jadi, nanti bisa memanfaatkan jangkauan dari merchant QRIS. Jadi, kalau enggak ada ATM enggak apa-apa, enggak ada bank enggak apa-apa, sepanjang ada merchant QRIS, itu bisa dilakukan,” tutup Fili.

Mengapa Gambar Pahlawan Selalu Ada di Mata Uang Rupiah?

Cara menggunakan QRIS Tuntas

Setelah fitur QRIS Tuntas nanti resmi diluncurkan, masyarakat Indonesia dapat menggunakannya untuk tiga keperluan tadi. Jika ingin transfer uang, pengirim hanya perlu menge-scan kode QR dari pihak penerima, lalu pilih sumber dana, pastikan jumlah dana yang mau ditransfer sudah sesuai, dan masukan PIN. Setelah itu, pengirim akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

Lalu, jika ingin melakukan tarik tunai, pengguna terlebih dahulu memindai kode QRIS di mesin ATM atau agen QRIS, lalu sebutkan besaran nominal yang akan ditarik. Lalu, pindai lagi kode QR yang ditampilkan mesin ATM atau agen QRIS. Kemudian, pilih sumber dana, pastikan jumlah dana sesuai dengan yang akan ditarik tunai, dan masukkan PIN. Jika menarik lewat agen QRIS, maka saldo akan berpindah ke akun agen. Setelah berhasil, agen akan menyerahkan uang tunai kepada pengguna.

Terakhir, untuk melakukan setor tunai, pengguna hanya perlu mendatangi mesin ATM atau agen QRIS yang menerima setor tunai. Kemudian, sebutkan nominal yang akan disetor. Lalu, masukan uang ke dalam mesin ATM atau serahkan uang tunai kepada agen.

Setelah itu, pindai kode QR yang ditampilkan oleh mesin ATM atau agen. Jika sudah, pengguna akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah berhasil. Demikian dilansir dari siaran pers BI.

QRIS Merambah Singapura, Urusan Bayar-membayar di Negara Tetangga Bakal Lebih Mudah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini