Atlet Disabilitas Indonesia Luar Biasa, Raih Gelontoran Medali dari Ajang Internasional

Atlet Disabilitas Indonesia Luar Biasa, Raih Gelontoran Medali dari Ajang Internasional
info gambar utama

Atlet-atlet penyandang disabilitas Indonesia menorehkan prestasi luar biasa. Mereka meraih gelontoran medali dari ajang Special Olympics World Games 2023.

Special Olympics World Games (SOWG) 2023 merupakan ajang olahraga multievent yang diperuntukkan bagi atlet penyandang disabilitas intelektual. Ajang itu baru saja tuntas diselenggarakan di Berlin, Jerman pada 17 hingga 25 Juni.

Indonesia diwakili oleh 22 atlet. Mereka bersaing dengan sekitar 7.000 atlet yang berasal dari 170-an negara. Atlet Indonesia beraksi di 7 cabang olahraga yakni atletik, boling, renang, tenis meja, bulu tangkis, senam artistik, dan senam ritmik.

Hasilnya bisa dibilang ciamik. Indonesia mampu meraih 23 medali.

Indonesia di AVC Challenge Cup 2023: Ada Drama dan Kekalahan, tapi Tetap Happy Ending

Melampaui Target

Dari 23 medali yang diraih, 10 di antaranya adalah emas. Sisanya adalah 5 perak dan 8 perunggu.

Bagi Indonesia, raihan itu sungguh spesial. Sebab, apa yang sudah diraih atlet-atlet Indonesia di SOWG 2023 telah melampaui target yang dipasang, yakni 9 medali emas.

Ketua Umum PP SOina Warsito Ellwein menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang sudah diraih atlet-atlet Indonesia. Baginya, prestasi itu juga merupakan gambaran akan kompaknya Indonesia.

“Apa yang paling penting adalah kesempatan kita untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita selalu kompak, selalu bersama-sama,” ujar Warsito Ellwein dalam keterangan tertulis Kemenpora.

Warsito pun menjelaskan jika awalnya target 9 medali emas dianggap terlalu tinggi. Banyak orang yang meragukan kemampuan Indonesia untuk meraih emas sebanyak itu. Namun, pada akhirnya keraguan itu berhasil dijawab dengan pembuktikan di arena.

Indonesia Open, Ajang Badminton yang Seakan Bersahabat dengan Viktor Axelsen

Berakhir Manis

Menariknya lagi, salah satu medali emas Indonesia ternyata menjadi penutup perjalanan yang manis di SOWG 2023. Medali emas tersebut diraih pada hari terakhir ajang digelar.

Adalah Zakaria, atlet lari di nomor 400 meter putera level A yang mempersembahkan emas pada hari terakhir. Ia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 00:50,84 detik, disusul oleh pelari asal Botswana Lefika Ntebo dan pelari asal Trinidad dan Tobago Cadel Cuffy di urutan kedua dan ketiga.

Perlu diketahui, 2023 memang menjadi tahun yang indah bagi atlet-atlet disabilitas Indonesia. Sebelum SOWG 2023, Indonesia juga menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 serta meraih 10 medali dari Canadian Para-Badminton International 2023.

Rahmat Erwin Abdullah Tak Tertandingi di Ajang Angkat Besi Grand Prix IWF 2023



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini