Rahmat Erwin Abdullah Tak Tertandingi di Ajang Angkat Besi Grand Prix IWF 2023

Rahmat Erwin Abdullah Tak Tertandingi di Ajang Angkat Besi Grand Prix IWF 2023
info gambar utama

Atlet angkat besi kebanggaan Indonesia Rahmat Erwin Abdullah tampil perkasa dalam ajang Grand Prix IWF 2023 di Kuba.

Rahmat Erwin menjadi salah satu atlet yang dikirim Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) untuk mengikuti ajang internasional bertajuk 2023 Grand Prix IWF edisi pertama di Havana, Kuba, pada 8-18 Juni. Ia mewakili Indonesia bersama dengan 9 atlet lainnya.

Hasilnya, Rahmat Erwin yang kebagian berlaga pada Rabu (14/6) tampil sangat baik dan menorehkan prestasi cemerlang. Tak tanggung-tanggung, atlet asal Sulawesi Selatan itu mendulang tiga medali emas di kelas 81kg.

Beraksi di Pabexpo Exhibition Complex, Havana, Kuba, Rahmat Erwin mampu unggul telak atas lawan-lawannya. Di setiap jenis angkatan, ia mampu mencatatkan berat yang berselisih jauh dengan angkatan milik lawan.

Di angkatan snatch, Rahmat Erwin mencatatkan berat 156kg. Kemudian di angkatan clean and jerk, berat yang dicatatkannya adalah 202kg.

Berat angkatan snatch Rahmat Erwin terpaut 12kg dengan atlet Turkmenistan Torayev Gaygysyz yang mencatatkan berat 144kg dan menghasilkan medali perak. Sementara itu, atlet peraih medali perunggu yakni Samuel Guertin asal Kanada mencatatkan angkatan seberat 140kg.

Untuk angkatan clean and jerk, selisih berat yang dicatatkan Rahmat Erwin dengan Gaygysyz dan Guertin malah lebih jauh. Sementara Rahmat Erwin punya catatan 202kg, Gaygysyz dan Guertin hanya mampu mengangkat 175 dan 273 kg.

Dengan demikian, Rahmat Erwin membukukan berat angkatan snatch dan clean and jerk dengan total 358kg.

Dari Arena SEA Games 2023, Rahmat Erwin Abdullah Kembali Torehkan Prestasi Cemerlang

Nyaris Pecahkan Rekor

Sebagai gambaran tentang ciamiknya performa Rahmat Erwin, ia ternyata nyaris memecahkan rekor dunia. Adapun rekor yang dimaksud adalah angkatan clean and jerk seberat 209kg milik atlet Bulgaria, Carlos Nasar.

Kendati belum mampu memecahkan rekor, pencapaian Rahmat Erwin tetaplah luar biasa. Pelatih Kepala Pelatnas Angkat Besi Dirdja Wihardja bahkan yakin rekor Nasar bakal dipecahkan Rahmat Erwin di kemudian hari.

"Luar biasa Rahmat nyaris memecahkan rekor dunia. Sedikit lagi terkunci pada angkatan Jerk namun sayangnya terlepas ke belakang. Saya optimistis di next event, rekor itu akan menjadi miliknya," kata Dirdja seperti dilansir ANTARA.

Prestasi ciamik di Grand Prix IWF ini ditorehkan Rahmat Erwin setelah ia beraksi di SEA Games 2023. Di pesta olahraga terbesar Asia Tenggara tersebut, Rahmat Erwin juga tampil perkasa. Atlet berusia 22 tahun itu mendapat medali emas di kelas 81kg.

Di Kamboja, Maria Natalia Londa Sang Veteran SEA Games Berhasil Memenuhi Harapannya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini