5 Tempat Wisata Hits Kota Batam 2023 yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Hits Kota Batam 2023 yang Wajib Dikunjungi
info gambar utama

Jika mendengar nama Kota Batam, pasti yang terlintas di pikiran Kawan GNFI adalah daerah yang sangat dekat dengan Singapura. Namun tak hanya itu, Batam juga dikenal dengan segudang tempat wisatanya yang hits dan populer. Tak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini bahkan juga banyak dikunjungi oleh wisatawan asing.

Melansir dari metro.batampos.co.id, tercatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisatawan mancanegara di Batam naik drastis hingga hampir 10 ribu kunjungan hanya dalam 1 bulan, yakni pada bulan Maret 2023 lalu. Hal ini tentunya didorong oleh fakta bahwa Kota Batam berjarak dekat dengan dua negara asing, yakni Singapura dan Malaysia.

Dengan demikian, tak diragukan lagi, Kota Batam banyak menjadi pilihan destinasi wisata, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawan GNFI ingin mengunjungi dan menikmati tempat wisata di Batam? Maka Kawan wajib tahu 5 tempat wisata hits 2023 di Batam berikut ini!

1. Monumen Welcome to Batam

Welcome to Batam | Foto : batambanget.com
info gambar

Jika Kawan GNFI ingin merasakan foto bak di depan tulisan ikonik Hollywood di Los Angeles, tak perlu jauh-jauh, di Batam ada monumen tulisan Welcome to Batam yang mengadopsi gaya Hollywood tersebut. Sering disebut oleh warga lokal dengan julukan WTB, tepat di bawah WTB juga terdapat lokasi street food populer, yang terletak di sekitar Taman Engku Putri dan Masjid Agung Batam.

Jadi setelah hunting foto di depan WTB, Kawan GNFI dapat langsung menjelajahi kuliner street food serta bersantai ria menikmati pemandangan indah Taman Engku Putri dan Masjid Agung Batam yang luas dan megah. Apalagi di malam hari, Taman Engku Putri akan dipenuhi oleh gemerlap cahaya lampu nan indah dan berwarna warni.

Ubud Akan Menjadi Destinasi Gastronomi Internasional

2. Funtasy Island

Funtasy Island | Foto : Pesisir.net
info gambar

Terletak di Pulau Manis, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Funtasy Island merupakan Eco Theme Park yang berskala internasional. Terbilang sebagai tempat wisata baru, namun Funtasy Island sangat hits dan telah banyak menarik pengunjung. Tak hanya menawarkan pemandangan pulau dikelilingi laut biru yang indah, Funtasy Island juga menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai, termasuk resort atau penginapan.

Adapun daya tarik utama Funtasy Island adalah atraksi dan edukasi lumba-lumba yang sedang dilestarikan. Tak ketinggalan, Kawan GNFI juga tentunya dapat menikmati aktivitas water sports, mulai dari snorkeling, diving, dan lainnya. Terlebih Funtasy Island memiliki Beach Clubnya sendiri yang aktif mengadakan aktivitas water sports. Sedangkan di malam hari, Kawan dapat menikmati kuliner seafood yang tersedia di restoran dan cafe yang ada di Funtasy Island.

3. Pulau Ranoh

Pulau Ranoh | Foto : melayupedia.com
info gambar

Ingin istirahat dari hiruk pikuknya kehidupan kota? Maka Pulau Ranoh di Batam dapat menjadi pilihan destinasi wisata Kawan GNFI yang tak boleh dilewatkan. Pulau yang disebut Adventure Pulau Ranoh ini terkenal akan pasir putihnya yang bersih dan indah. Pantai atau air laut di sekitar Pulau Ranoh juga masih sangat terjaga, hingga biota-biota laut dapat terlihat dengan jelas, saking bening dan birunya air laut di pulau ini.

Selain menikmati pemandangan alam, Kawan juga tentunya dapat bermain jetski, ataupun mengikuti diving dan snorkeling, dan aktivitas water sports lainnya. Untuk Kawan GNFI yang ingin bermalam di Pulau Ranoh juga dapat berkemah di Glamour Camping, yang merupakan daya tarik andalan pulau ini. Di Glamour Camping, Kawan dapat merasakan camping yang mewah, dilengkapi dengan mini bar, set barbeque dan api unggun.

4. Kampung Vietnam

Replika Perahu dI Kampung Vietnam | Foto : Travel Kompas
info gambar

Jika Kawan tertarik traveling sembari mempelajari sejarah dan budaya, maka Kampung Vietnam adalah objek wisata sejarah yang wajib masuk ke dalam list tempat wisata Kawan. Sesuai namanya, kampung Vietnam dulunya merupakan bekas kamp atau tempat tinggal ribuan warga asing Vietnam yang mengungsi atau melarikan diri dari perang saudara yang terjadi di Vietnam pada masanya.

Terletak di Pulau Galang, ada banyak peninggalan sejarah di Kampung Vietnam, diantaranya replika perahu tradisional yang digunakan para pengungsi Vietnam untuk berlayar dari Vietnam hingga tiba di Batam, museum dengan foto-foto dan dokumen pengungsi Vietnam, tempat ibadah berbagai agama, taman, bahkan bekas bangunan rumah sakit. Jadi, untuk Kawan GNFI yang ingin tahu lebih lanjut seputar Kampung Vietnam, dapat langsung berkunjung ke tempat wisata ini, ya.

Mencicipi Ayam Lodho Khas Tulungagung Pak Yusuf

5. Telaga Bidadari

Telaga Bidadari | Foto : Travelingyuk.com
info gambar

Kawan GNFI penggemar wisata alam yang ekstrem dan menantang? Maka Telaga Bidadari harus Kawan kunjungi. Sebagai satu-satunya air terjun di Batam, di balik keindahannya, jalan masuk menuju Telaga Bidadari cukup sulit. Hal ini karena telaga ini terletak di dalam kawasan hutan konservasi Simpang Dam, Mukakuning. Untuk sampai ke telaga, Kawan harus melewati jalan setapak yang menurun, lalu mendaki dan menyeberangi sungai.

Meski demikian, rasa lelah saat perjalanan menuju telaga akan terobati dengan pemandangan alam yang indah, serta air Telaga Bidadari yang asri. Adapun sesuai namanya, telaga ini dipercayai oleh warga sekitar dengan mitos di mana dahulunya merupakan tempat pemandian bidadari.

Lebih lanjut, selain dapat menikmati air terjun yang jenih dan suasana sejuk dari hutan sekitar, Kawan juga dapat berkemah disini, karena di sekitar telaga terdapat kawasan kosong yang cukup luas, dan memang biasanya digunakan untuk perkemahan.

Itu dia 5 rekomendasi tempat wisata hits dan populet terbaru di Kota Batam 2023. Jadi, apakah Kawan GNFI tertarik mengunjungi kelima tempat wisata di atas?

Benarkah Nikuba Dikontrak Ferrari dan Lamborghini? Ini Faktanya

Referensi:

https://metro.batampos.co.id/kunjungan-wisman-ke-batam-naik-hingga-3245-persen-ini-asal-negara-paling-banyak/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini