Cerita Majalengka yang Pernah Dapat Julukan Kota Pensiun, Bagaimana Saat Ini?

Cerita Majalengka yang Pernah Dapat Julukan Kota Pensiun, Bagaimana Saat Ini?
info gambar utama

Kabupaten Majalengka yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat ternyata tidak hanya dikenal dengan julukan Kota Angin. Pada masa lalu, Majalengka sempat terkenal dengan julukan Kota Pensiun.

Dinukil dari Detik, Nana Rohmana, Ketua Grup Madjalengka Baheula (Grumala) menyatakan belum ada catatan sejarah mengapa Majalengka disebut sebagai Kota Pensiun pada era 1980-an.

“Saya enggak tahu siapa yang pertama kali ngasih julukan itu. Tapi saya mulai dengar julukan Majalengka Kota Pensiun itu sekitar tahun 1980-an,” kata Naro.

Situ Cipanten, Wisata Danau Terbaik di Daerah Majalengka

Tetapi Naro menyatakan julukan itu berasal karena Majalengka dikenal sebagai kota yang sepi dan minim aktivitas. Tak aneh karena itu orang dari luar yang kerap datang ke Majalengka memberikan julukan tersebut.

“Makannya orang luar daerah pas datang ke sini pasti kaget, karena jam delapan malam sudah sangat sepi,” ujarnya.

Tata kota Majalengka

Sawah Majalengka/Shutterstock
info gambar

Majalengka juga selalu menjadi tempat pilihan bagi orang-orang yang sudah pensiun. Sejak lama, orang asli Majalengka memang memilih untuk merantau hingga ke luar pulau. Sehingga saat sudah tua, mereka akan memilih Majalengka.

“Memang sangat cocok bagi para pensiunan tinggal di Majalengka, suasananya adem dan tentram. Malah dulu mah kalau udah jam delapan malam bisa dipakai main gaple di tengah jalan, karena saking sepinya,” ujarnya.

Mengenal Jatiwangi Art Factory, Pusat Seni dan Budaya di Majalengka

Selain itu penataan kota pada zaman pemerintahan Kolonial Belanda juga terlihat Majalengka ingin dijadikan pusat pemerintahan dan tempat tinggal, bukan untuk kawasan industri seperti daerah Jawa Barat lainnya.

“Sepertinya dulu zaman pemerintah kolonial Belanda, penataan Kota Majalengka itu diutamakan untuk pusat pemerintahan dan hunian yang tak begitu banyak kegiatan industri,” jelasnya.

Mulai dikikis

Kota Majalengka/Shutterstock
info gambar

Tetapi perjalanan Majalengka dengan julukan Kota Pensiun mulai dikikis oleh pemerintah daerah. Kini pemerintah daerah mulai melakukan transformasi agar daerahnya menjadi kota yang ramai.

“Ya mulai kerasa ada geliat lah sejak tahun 2010-an juga. Tapi ya belum terlalu ramai juga kalau daerah kotanya mah, soalnya jam sembilan juga sama saja masih sepi, tapi enggak sesepi dulu, cuma kalau dipakai gaple di tengah jalan mah bahaya atuh sekarang mah,” ujarnya sembari tertawa.

Menjelajahi Ragam Destinasi Wisata Unggulan di Kota Angin, Majalengka

Sementara itu Bupati Majalengka Karna Sobahi juga ingin kotanya lebih aktif dan berkegiatan. Karena itu Pemkab Majalengka punya motivasi untuk mendorong geliat wisata di daerahnya.

“Kita ubah itu, ketika kita memposisikan sebagai kabupaten kreatif, mulai tampak upaya masyarakat mendorong dan memotivasi diri agar kesan kota pensiun makin terkikis,” jelasnya.

Kini Kabupaten Majalengka pun mempunyai julukan baru yakni Exotic Sundaland. Hal ini karena kecantikan tempat wisatanya yang hijau dengan pemandangan. Pemkab Majalengka mendata ada 38 objek wisata di Majalengka.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini