Zahra Muzdalifah, Pesepak Bola Perempuan Indonesia yang Bermain di Liga Jepang

Zahra Muzdalifah, Pesepak Bola Perempuan Indonesia yang Bermain di Liga Jepang
info gambar utama

Zahra Muzdalifah menapaki tahap baru dalam kariernya sebagai pesepak bola perempuan Indonesia. Ia bergabung dengan klub Liga Jepang, Cerezo Osaka Yanmar Ladies.

Resmi bergabungnya Zahra dengan Cerezo Osaka Yanmar Ladies diumumkan oleh pihal klub melalui kanal media resminya pada Selasa (4/7/2023).

"Kami menginformasikan bahwa Zahra Muzdalifah telah ditransfer secara permanen dari klub South Shields FC (Inggris)." demikian pernyataan yang dirilis Cerezo.

Menariknya, Zahra sempat melemparkan isyarat mengenai kepindahan ini beberapa hari sebelum ada pengumuman resmi dari Cerezo. Ia mengunggah foto sebuah bola dengan tulisan yang menunjukkan tanggal 4 Juli 2023. Unggahan tersebut kini tidak tampak lagi di akun miliknya.

Zahra juga menyambut kepindahannya dengan gembira. Pemain asal Jakarta itu berjanji bakal mengeluarkan usaha maksimalnya.

"Halo semuanya, saya Zahra. Saya merasa sangat terhormat bisa mendapatkan kesempatan bergabung dengan klub yang luar biasa seperti Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Saya akan melakukan yang terbaik untuk tim ini dalam karier sepak bola saya," kata Zahra.

Zahra merupakan pemain yang dididik oleh Asiana Soccer School. Seperti disampaikan Cerezo dalam pernyataannya, ia sebelumnya bermain bagi klub Liga Inggris, South Shields FC Women.

Dalam karier profesionalnya, Zahra juga pernah bermain di dalam negeri. Ia sempat merasakan berseragam tim putri Persija Jakarta dan berkompetisi di ajang Liga 1 Putri.

Timnas Putri U-19 Indonesia Menatap Piala AFF

Tentang Cerezo Osaka Yanmar Ladies

Cerezo Osaka Yanmar Ladies merupakan tim putri dari klub papan atas Jepang, Cerezo Osaka. klub ini berkompetisi di WE League, liga sepak bola perempuan kasta tertinggi di Jepang.

Klub ini didirikan pada tahun 2005. Namun, nama Cerezo Osaka Yanmar Ladies terbilang baru karena tadinya klub ini menggunakan nama yang sedikit berbeda. Sebelumnya, nama yang dipakai adalah Cerezo Osaka Ladies. Nama tersebut berlaku hingga 2012 hingga kemudian berubah lagi menjadi Cerezo Osaka Sakai Ladies hingga 2022 dan akhirnya menjadi nama Cerezo Osaka Yanmar Ladies.

Klub ini baru akan melakoni musim perdananya pada musim 2023-2024 ini. Cerezo memang baru saja hijah dari kompetisi kasta kedua, yakni Nadeshiko League Division 1.

Musim lalu, Cerezo berhasil menempati posisi keempat Nadeshiko League Division 1. Mereka kemudian mendapatkan persetujuan dari otoritas sepak bola Jepang untuk bermain secara profesional. Itulah yang mrmbuat Cerezo berhak tampil di WE League.

Indonesia Bergerak Cepat Sambut Piala Dunia U-17 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini