Tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi Disambut Secara Adat oleh Masyarakat Liki

Tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi Disambut Secara Adat oleh Masyarakat Liki
info gambar utama

Setelah diterjunkannya lebih dari tujuh ribu mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal 23 Juni 2023 lalu, tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi 2023 akhirnya tiba ke lokasi penerjunan di Sarmi, tepatnya di Pulau Liki, Distrik Sarmi, Kanbupaten Sarmi, Provinsi Papua (25/7) setelah menempuh perjalanan selama dua hari dari Yogyakarta.

Kedatangan tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi disambut dengan acara tradisi adat khas Pulau Liki oleh masyarakat setempat. Acara tradisi adat ini selalu dilakukan oleh masyarakat di Pulau Liki sebagai bentuk penerimaan wisatawan atau orang di luar pulau yang hendak berkunjung dan menetap di Pulau Liki.

Prosesi adat ini ditandai dengan memberikan pasir pantai Pulau Liki ke dahi wisatawan atau orang di luar pulau. Selain prosesi pemberian pasir, tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi juga disambut seluruh masyarakat kampung dengan lagu-lagu daerah setempat sambil menari mengikuti iringan lagu.

Sambut TIM KKN PPM UGM, Desa Ngemplak Gelar Penerimaan Tim KKN dan Diskusi Program

Masyarakat Pulau Liki juga memberikan buah tangan kepada para mahasiswa berupa anyaman topi dari daun kelapa dan anyaman tas loli yang terbuat dari daun kelapa yang dikeringkan serta berisikan pinang sirih didalamnya. Pinang sirih juga sudah menjadi tradisi masyarakat Papua, di mana selain bertujuan untuk menghilangkan bau mulut, memakan pinang sirih juga dapat memberikan kepercayaan diri kepada yang memakannya ketika berbicara dengan seseorang.

Setelah penerimaan dengan prosesi adat, tim KKN-PPM UGM disambut oleh seluruh perangkat desa atau kampung Pulau Liki. Dalam acara penyambutan tersebut, tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi berkumpul di tempat khusus yang berada dekat dengan pesisir pantai.

Tempat tersebut disebut dengan sebutan ‘pasar’ di mana pasar ini bukan di maksudkan seperti pasar pada umumnya untuk tempat berjual beli, melainkan tempat berkumpul masyarakat kampung ketika ada acara-acara tertentu. Sambutan tersebut diisi oleh beberapa pejabat daerah dan kampung setempat, di antaranya Bintara Pembina Desa TNI, Polisi Sektor, Kepala Distrik, Humas Protokoler Sarmi, Kepala Suku atau Ondoafi, Kepala Kampung, dan Koordinator Mahasiswa Tingkat Unit tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi.

Tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi juga datang dengan maksud dan tujuan untuk membangun Pulau Liki menjadi lebih baik lagi dengan berbagai macam program kerja yang telah disusun. Meski berfokus pada pengembangan priwisata di Pulau Liki, program kerja lain yang tak kalah penting seperti pengembangan pendidikan, kesehatan, UMKM, dan infrastruktur menjadi bagian penting untuk kesejahteraan Pulau Liki.

Kepala Distrik, Bapak Kemal K. N. Dimo, S.I.P menyampaikan sambutan selamat datang kepada mahasiswa tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi di Kabupaten Sarmi khususnya Pulau Liki. Kepala Distrik juga menyampaikan kepada masyarakat kampung mengenai kedatangan tim KKN-PPM UUGM ini bermaksud untuk membantu membangun Pulau Liki menjadi lebih baik lagi. Harapannya masyarakat Pulau Liki dapat menerima dan menjaga mahasiswa KKN selama masa pengabdiannya.

Rafi Muqta selaku koordinator Mahasiswa Tingkat Unit tim KKN-PPM UGM Kitorang Sarmi juga menyampaikan bahwa acara penyambutan kedatangan tim KKN oleh masyarakat pulau merupakan hal yang baru dan sangat menarik baginya. Rafi juga berterima kasih atas segala persiapan penyambutan yang dilakukan oleh masyarakat Pulau Liki.

“Harapannya apa yang kita lakukan bersama selama masa pengabdian kami dapat memberika dampak positif kepada Pulau Liki kedepannya,” pungkas Rafi menutup sambutannya. Acara pun dilanjutkan dengan menikmati suguhan air kelapa dan hidangan khas masyarakat Pulau Liki, yakni olahan-olahan hasil ikan laut.

Inovasi Lokal untuk Pertanian Modern: Kisah Local Heroes Pegiat Hidroponik KKN Umbulharjo

Penulis : Chalfi Laroza

Foto : Humas Protokoler Sarmi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini