Sambut TIM KKN PPM UGM, Desa Ngemplak Gelar Penerimaan Tim KKN dan Diskusi Program

Sambut TIM KKN PPM UGM,  Desa Ngemplak Gelar Penerimaan Tim KKN dan Diskusi Program
info gambar utama

Kuliah Kerja Nyata atau yang selanjutnya disebut dengan KKN merupakan bagian dari Tridarma perguruan tinggi yang pelaksanaannya diperlukan dalam pembelajaran dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di luar kampus. Dalam lingkup Tridarma Perguruan Tinggi, KKN dilaksanakan dengan tujuan pemecahan masalah praktis yang terdapat pada masyarakat secara langsung dengan mekanisme, waktu, serta prosedur tertentu.

Fokus dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ditujukan dalam penyelenggaraan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata, mahasiswa diharapkan tidak hanya sekedar mampu melakukan pengabdian namun juga pemberdayaan kepada masyarakat dengan melakukan analisis, observasi, perumusan permasalahan serta pengaplikasian solusi secara langsung pada masyarakat.

Mahasiswa juga diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh pada bangku perkuliahan yang ditekuni dalam kehidupan bermasyarakat, penerapan teknologi tepat guna, manajemen ilmu pengetahuan, beserta skill sosial yang meliputi komunikasi masyarakat, kerjasama, kepemimpinan, memahami nilai dan norma, serta kearifan lokal pada masyarakat.

KKN UGM, Jejak Pekan Pertama Bersama Pesona Merdikorejo

Universitas Gadjah Mada melalui Program Kuliah Kerja Nyata memiliki tujuan strategis dalam menumbuhkan kepedulian dan empati civitas akademika Universitas Gadjah Mada dalam menghadapi berbagai permasalahan riil dalam masyarakat khususnya terkait pembangunan berkelanjutan yang tertuang pada Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka peningkatan kehidupan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pada Periode II, ini Universitas Gadjah Mada menerjunkan mahasiswanya ke berbagai wilayah yang tersebar di Indonesia yang terdiri dari Kecamatan dengan Desa sebagai fokus pelaksanaan program kerja. Salah satu wilayah penerjunan program Kuliah Kerja Nyata yang bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada adalah Desa Ngemplak. Desa Ngemplak merupakan desa yang terletak di Jl. Raya Ngemplak, Dk. Dukuh, Ds. Ngemplak, Kec. Kalikotes, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah.

Desa yang terletak di Klaten Utara tersebut berjarak sekitar 15 menit dari Jalan Raya Solo Jogja. Desa Ngemplak merupakan salah satu desa di Kecamatan Klaten yang sering kali bekerjasama dengan lembaga pendidikan perguruan tinggi dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata, salah satunya adalah Universitas Gadjah Mada. Sampai saat ini Desa Ngemplak telah menjadi objek Kuliah Kerja Nyata oleh Universitas Gadjah Mada sebanyak tiga periode bersamaan dengan dua desa di Kecamatan Kalikotes lain, yaitu Desa Kalikotes dan Desa Jimbung.

Di bawah bimbingan Prof. Dr. Suratman, M.Sc, kegiatan Kuliah Kerja Nyata khususnya di Desa Ngemplak diharapkan dapat menjadi salah satu langkah strategis dalam membangun dan mengembangkan potensi desa sesuai tujuan dan sasaran SDGs.

Dalam rangka menyambut kedatangan Tim KKN PPM UGM, Desa Ngemplak yang diprakarsai oleh Kepala Desa Ibu Maryani, S.Pd menyelenggarakan kegiatan penerimaan secara resmi pada tanggal 26 Juni 2023. Kegiatan penerimaan tersebut bertempat pada Kantor Balai Desa Ngemplak pukul 19.30 yang dihadiri oleh tiap-tiap perwakilan elemen dan kelompok masyarakat sebagai objek pemberdayaan masyarakat.

Elemen dan kelompok masyarakat tersebut terdiri dari perwakilan:

1). Perangkat Desa,

2). Kelompok Tani,

3). Persatuan Ibu-Ibu PKK,

4). Badan Usaha Milik Desa,

5). Karang Taruna,

6). Ketua RW dan

7). Ketua RT.

Pada kegiatan penerimaan tersebut dipaparkan pula program-program kerja yang diusulkan oleh Tim KKN PPM UGM Periode II Tahun 2023 Sub Unit Ngemplak yang dilanjutkan dengan diskusi program kerja secara langsung dengan perwakilan elemen dan kelompok masyarakat.

Adapun program unggulan tersebut terdiri dari:

1). Revitalisasi Greenhouse Ijo-Royo,

2). Pasar Semarak Ngemplak,

3). Profiling Desa Ngemplak sebagai desa Politan (Saka Ngemplak).

KKN UGM, Impresi Pertama Terhadap Kecamatan Sepaku, Titik Pelita Nusantara

Pada acara penerimaan tersebut, Ibu Maryani, S.Pd selaku kepala desa menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Tim KKN PPM UGM Periode II Tahun 2023 Sub Unit Ngemplak serta berharap agar keberadaan Tim KKN tersebut dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan dalam rangka pemajuan Desa Ngemplak.

Penulis: Nindya Indrasweri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini