KKN UGM, Jejak Pekan Pertama Bersama Pesona Merdikorejo

KKN UGM, Jejak Pekan Pertama Bersama Pesona Merdikorejo
info gambar utama

Sleman (03/07/2023) - Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Gadjah Mada kembali menerjunkan ribuan mahasiswa untuk ikut serta dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal 23 Juni 2023 lalu. Unit pelaksana KKN tersebar di 31 provinsi di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Kabupaten Sleman, tepatnya di Kapanewon Tempel yang terletak di bagian utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sebanyak 3 unit ditempatkan untuk mengabdi di 6 desa. Pekan pertama pelaksanaan KKN diawali dengan upacara penerimaan ketiga unit KKN di Kapanewon Tempel, yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Kalurahan Merdikorejo.

Di Desa Merdikorejo, para mahasiswa yang bertugas disambut dengan alam yang masih asri dan sejuk. Hamparan kebun salak yang dikelola masyarakat membentang luas, menjadikan salak sebagai salah satu komoditas utama di Dukuh Soka Wetan. Hari-hari berikutnya dalam sepekan sebagian besar diisi dengan kegiatan observasi terkait potensi yang dimiliki

Dukuh Soka Wetan dalam beberapa aspek sebagai referensi penyusunan program kerja yang akan dijalankan selama 50 hari mengabdi di Dukuh Soka Wetan serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan rutin yang dijalankan warga seperti senam pagi dan kerja bakti.

Waktu pelaksanaan KKN bertepatan dengan persiapan dan pelaksanaan Pekan Olahraga Kalurahan (PORKAL) 2023. Pekan Olahraga Kalurahan (PORKAL) mencakup beberapa cabang olahraga yang diikuti oleh masyarakat dari berbagai jenjang usia mulai dari anak-anak usia 6 sampai 12 tahun hingga laki-laki dan perempuan dewasa dengan rentang usia 13 sampai 40 tahun.

Mahasiswa pelaksana KKN turut berpartisipasi dalam persiapan latihan salah satu cabang olahraga yang akan diikuti oleh warga Dukuh Soka Wetan, yaitu gobak sodor. Gobak sodor kali ini yang akan berpartisipasi adalah ibu - ibu dari masing - masing dukuh. Gobak sodor merupakan salah satu permainan tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta. Permainan gobak sodor merupakan permainan menghalangi lawan untuk mencapai garis akhir. Permainan ini dimainkan oleh dua tim, di mana tim satu sebagai penyerang dan tim dua sebagai penghalang.

Menikmati Pesona Pantai Pidakan: Menawarkan Keindahan Alam yang Menggoda
Mahasiswa pelaksana KKN turut berpartisipasi dalam pemotongan daging qurban di Masjid Soka Wetan
info gambar

Selain berpartisipasi dalam kegiatan ini, mahasiswa pelaksana KKN juga mengikuti rapat persiapan Idul Adha bersama karang taruna Dukuh Soka Wetan yang akan berlangsung pada tanggal 29 Juni 2023. Dalam rapat tersebut, mahasiswa pelaksana KKN diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan bersilaturahmi bersama dengan anggota karang taruna.

Dalam rapat ini membahas mengenai kegiatan yang akan dilakukan saat hari raya Idul Adha. Selain itu, setiap mahasiswa KKN juga dimintai pendapat mengenai lomba - lomba yang ada di daerah masing - masing yang sekiranya bisa diterapkan di Dukuh Soka Wetan.

Malam Keakraban Mahasiswa Pelaksana KKN dengan Karang Taruna Dukuh Soka Wetan | Sumber: dokumentasi pribadi
info gambar

Saat hari raya Idul Adha, Masjid Soka Wetan melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Di hari raya ini mahasiswa pelaksanaan KKN membantu memotong daging kurban untuk dibagikan kepada warga sekitar dan membantu memasak untuk dimakan bersama setelah acara selesai.

Pada malam harinya, sub unit 1 bersama karang taruna Dukuh Soka Wetan melakukan kegiatan malam keakraban dan makan bersama di rumah pondokan KKN Sub Unit 1 YO017. Acara malam keakraban ini berlangsung meriah dengan suasana yang menyenangkan.

Mahasiswa UGM Berinovasi untuk Genjot Produktivitas Minyak Kelapa

Harapan kami sebagai mahasiswa pelaksana KKN, dengan serangkaian kegiatan yang sudah dijalani selama seminggu pertama ini dapat berdampak positif bagi masyarakat di Dukuh Soka Wetan. Selain itu, kegiatan yang sudah dilakukan ini dapat menjadi referensi untuk program kerja yang akan dijalankan dan semoga dapat terlaksana dengan baik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini