Pembersihan, Penanaman Pohon Cemara, dan Kelapa di Pantai Genjik, Kertojayan, Purworejo

Pembersihan, Penanaman Pohon Cemara, dan Kelapa di Pantai Genjik, Kertojayan, Purworejo
info gambar utama

Pantai Genjik merupakan pantai yang terletak di Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Pantai Genjik terkenal sebagai tempat pelelangan ikan serta memiliki pesona keindahan air lautnya yang menghadap langsung ke Samudra Hindia dengan pasir hitamnya yang halus.

Pantai Genjik juga memiliki muara yang berasal dari Sungai Wawar yang merupakan perbatasan dari Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Purworejo. Muara ini juga sering dijadikan warga lokal maupun pengunjung untuk melakukan kegiatan seperti memancing dan mencari ikan. Tak hanya itu, Pantai Genjik juga terkenal dengan budaya nelayannya, yaitu "Sedekah Laut" sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang didapat.

Mengutip dari Native Indonesia, disebutkan jika pada Pantai Genjik masih terdapat fenomena sampah plastik. Beberapa penuturan warga Desa Kertojayan menyebutkan bahwa pernah ada bangkai sapi yang terkena penyakit LSD hanyut di pantai tersebut.

Disebutkan pula bahwa pengunjung pantai masih memiliki kesadaran yang kurang tentang kebersihan dan kelestarian lingkungan, padahal Pantai Genjik sendiri memiliki peluang pariwisata yang besar, mengingat terdapat sebuah tradisi bernama "Sedekah Laut" yang tak ada di pantai manapun.

Bersih-bersih pantai bersama tim KKN-PPM UGM 2023
info gambar

Berangkat dari fenomena tersebut, terdapat beberapa mahasiswa KKN Grabag yang memiliki program kerja yang berkaitan dengan kebersihan dan kelestarian lingkungan Pantai Genjik. Pada program tersebut dilakukannya seperti pembersihan pantai, penanaman pohon cemara, dan penanaman pohon kelapa.

Program pembersihan pantai dilakukan bersama-sama dengan anak kecil dengan tujuan untuk meningkatkan rasa peduli akan kebersihan dan lingkungan pantai. Tak hanya itu, selain anak kecil mahasiswa juga mengajak karang taruna dan beberapa perwakilan remaja sekitar pantai untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan pantai.

Setelah melakukan pembersihan pantai, anak-anak kecil yang ada di sekitar pantai juga dikumpulkan dan dijelaskan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta kelestarian pantai, bagaimana kegiatan tersebut dapat memengaruhi banyak hal. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengaruh serta menerapkan kebiasan-kebiasaan baik mengenai kebersihan dan kelestarian pantai kepada anak- anak kecil maupun masyarakat sekitar Pantai Genjik.

Selain pembersihan pantai, mahasiswa turut serta mengajak untuk melakukan penanaman pohon cemara dan pohon kelapa. Mengutip jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, menyebutkan jika pohon cemara dapat mengurangi erosi angin sehingga tanaman semusim yang ada di sekitar pantai bisa bertumbuh secara maksimal.

Mengutip jurnal yang berbeda pula, Journal of Biology Education and Science, pohon cemara juga berfungsi sebagai mitigasi bencana, yakni menahan gelombang air laut. Sedangkan bagi pengunjung pantai, pohon ini dapat menjadi perindang, penyejuk, serta menambah keindahan pantai.

Produk UMKM Desa Bulus Unjuk Gigi Di Event Gebang Expo 2023!
Edukasi mengenai pentingnya kebersihan pantai
info gambar

Tak jauh berbeda dengan pohon cemara, pohon kelapa berfungsi pula sebagai mitigasi bencana, yakni dengan menahan air laut. Akarnya yang kuat dapat menahan kuatnya gelombang air laut. Akarnya yang kuat tersebut pula menyebabkan banyak kelapa ditanam di sekitar pantai. Buah dari pohon kelapa itu sendiri juga dapat dimanfaatkan oleh warga untuk dijual kepada para pengunjung pantai sehingga memiliki nilai ekonomis tersendiri.

Dengan demikian, harapannya melalui kegiatan-kegiatan tersebut, anak-anak dan masyarakat sekitar pantai bisa semakin tersadarkan mengenai kebersihan dan kelestarian dari Pantai Genjik. Melalui edukasi tersebut pula diharapkan anak-anak dan masyarakat sekitar pantai mampu memberikan pengaruh baik sehingga kebiasaan-kebiasaan buruk tidak lagi terulang serta dapat menjaga kelestarian pantai.

Bukit Tompe, Keindahan Tamanasri yang Memikat Hati


Sumber:

  • Alisani, M., Lette, L. I., & Koroy, S. (2022). Karakteristik Morfologi Pohon Cemara Laut (Casuarina Equisetifolia), 2(2).
    Ardyanto, F. (2020, April 9). 10 manfaat akar pohon Kelapa Bagi kesehatan Dan Kehidupan sehari-hari. liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/4223657/10-manfaat-akar-pohon-kelapa-bagi-kesehatan-dan-kehidupan-sehari-hari
  • Gunawati, L., Kriwiyanti, E., & Joni, M. (2018). Karakteristik Dan Analisis Kekerabatan Ragam Kelapa (Cocos nucifera L.) di Kabupaten Manggarai Barat Berdasarkan Karakter Morfologi Dan Anatomi. SIMBIOSIS, 20. https://doi.org/10.24843/jsimbiosis.2018.v06.i01.p05

  • Harjadi, B. (2017). Peran Cemara Laut (Casuarina equisetifolia) Dalam Perbaikan Iklim mikro lahan pantai berpasir di kebumen. Jurnal Penelitian Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.20886/jppdas.2017.1.2.73-81

  • Ma’arif, S. (2022, November 3). Pantai Genjik, Pesona di Perbatasan purworejo Dan Kebumen. NativeIndonesia.com. https://www.nativeindonesia.com/pantai-genjik/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini