RI Jadi Anggota Dewan Badan Pangan dan Pertanian PBB, Tugas Berat Menanti

RI Jadi Anggota Dewan Badan Pangan dan Pertanian PBB, Tugas Berat Menanti
info gambar utama

Indonesia berhasil kembali masuk sebagai Anggota Dewan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB untuk periode 2024-2027. Indonesia terpilih pada Konferensi ke-43 FAO pada Kamis (6/7/2023).

Pencapaian kedudukan ini tidak lepas dari kontribusi berbagai pihak, termasuk dukungan dari negara lain. Hal ini dapat terus membuka kesempatan untuk memperjuangkan berbagai kepentingan RI melalui jalur diplomasi multilateral di FAO.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dalam keterangan tertulis mengatakan, tugas Indonesia sebagai anggota dewan FAO tidak mudah, apalagi di tengah tantangan konflik di Ukraina, perubahan iklim, serta dampak pandemi Covid-19.

Meski begitu, tugas berat dalam diplomasi di bidang pangan juga pertanian harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkesinambungan.

Pemerintah Setop Bebas Visa 159 Negara, Sisakan 10 Anggota ASEAN

Pada kesempatan yang sama, Indonesia juga kembali dipercaya sebagai Anggota Komite Masalah Komoditas (CCP) FAO periode 2023-2025 sebagai wakil dari Asia. Posisi ini dijabat oleh Erma Rheindrayani, Kedubes RI di Roma, Italia.

Bukan itu saja, perwakilan RI juga ikut ambil bagian dalam Komite Urusan Konstitusi dan Hukum (CCLM) FAO. Komite ini ditugaskan untuk membantu Dewan FAO dalam melakukan perumusan serta pemantauan terhadap kebijakan FAO, keuangan, dan masalah-masalah hukum.

Dialah Purna Cita Nugraha, Sekretaris Pertama Kedubes RI di Roma, yang mewakili Indonesia sebagai Anggota CCLM FAO periode 2023-2025.

Komite tersebut beranggotakan 7 orang yang mewakili 7 kawasan. Keanggotaan pada Komite ini bersifat personal dan tidak dalam kapasitas mewakili negara.

Sebagai orang Indonesia ketiga yang berhasil menduduki jabatan tersebut, Purna disebut telah mendapat dukungan dari negara Asia lainnya.

Dengan berperan aktif di dalam komite kerja FAO, Indonesia dapat berkontribusi positif terhadap kebijakan pangan dan pertanian internasional, sehingga peran Indonesia semakin diakui dunia

Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan Eksekutif Badan Pariwisata Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini