Kembali Hadir, JakCloth Reload Summerfest Ramaikan Industri Fesyen Nasional

Kembali Hadir, JakCloth Reload Summerfest Ramaikan Industri Fesyen Nasional
info gambar utama

JakCloth Reload Summerfest 2023 telah berlalu sejak tanggal 9 Juli kemarin. Namun, euforia dan antusiasme para pecinta produk clothing lokal masih menyisa. Bagaimana tidak, JakCloth merupakan acara clothing terbesar di Indonesia yang kehadirannya dinantikan setiap tahun. Ada ratusan brand lokal milik usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mendirikan standnya di acara ini.

Rangkaian acara JakCloth juga dimeriahkan oleh 50 musisi lokal, seperti For Revenge hingga band ternama Vierratale. Tak ayal, acara fesyen ini menarik perhatian berbagai kalangan, khususnya anak muda yang beramai-ramai mendatangi lokasi JakCloth di Senayan, Jakarta.

Pemerintah Mendukung Penuh JakCloth Reload Summerfest 2023

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah nyatakan dukungan untuk JakCloth Reload Summerfest. | Foto: Suara Merdeka Jakarta
info gambar

Oleh karena memberdayakan produk UMKM, JakCloth mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) memberikan bantuan berupa kredit usaha rakyat (KUR) untuk para UMKM yang terlibat. Melansir dari CNN, bantuan tersebut dapat masyarakat gunakan untuk membeli produk kolektif bersama, gudang bersama, hingga pembelian booth di JakCloth.

Lebih lanjut, sang menteri Teten Masduki juga mengapresiasi acara fesyen lokal terbesar ini dengan menyebutnya sebagai agregator produk fesyen lokal terbaik. Melalui JakCloth, para pelaku usaha di industri fesyen dapat saling berkolaborasi dan menginspirasi. Sebagai pengunjung, Kawan pun juga bisa menemukan produk-produk fesyen dengan kualitas paripurna, namun masih dalam harga yang masuk akal.

Baca juga: Kota Semarang dan Fesyen sebagai Ekonomi Kreatif Unggulan

JakCloth Berkontribusi Mendorong Perekonomian Nasional

JakCloth ramaikan industri fesyen nasional. | Foto: Suara.com
info gambar

Secara keseluruhan, JakCloth berkontribusi pada perekonomian Indonesia. Perlu Kawan ketahui, bahwa industri fesyen menyumbang 61,5% ekspor ekonomi kreatif nasional. Oleh karena itu, apabila produk-produk fesyen dalam negeri semakin kuat, perekonomian nasional juga mendapatkan dampak yang sama.

Pada hari raya Idulfitri lalu misalnya, JakCloth menggelar Lebaran Tour 2023 sebagai bentuk kebangkitan ekonomi pascapandemi. Bekerjasama dengan sekitar 300 UMKM, JakCloth mengunjungi 13 kota di Indonesia seperti Banjarmasin, Malang, dan Lampung. Total nilai perputaran uang pada setiap event yang digelar kala itu bisa mencapai Rp200 miliar. Tentunya hal tersebut menjadi angin segar bagi perekonomian Indonesia yang sempat mengkhawatirkan ketika pandemi berlangsung.

Banyak Diskon di JakCloth Reload Summerfest 2023

Salah satu stand di JakCloth Reload Summerfest 2023. | Foto: xtrememerch/Instagram
info gambar

Festival JakCloth Reload Summerfest juga menawarkan diskon besar-besaran yang rawan membuat Kawan kalap. Ada diskon cuci gudang mulai Rp5 ribu per item pakaian dari Heyho Group Indonesia. Ada pula stand yang menawarkan sepatu bermerk dengan harga Rp400 ribu saja. Banyak orang memanfaatkan kesempatan ini untuk memuaskan kebutuhan fesyennya sehingga pulang dengan menenteng banyak kantong belanja.

Selain itu, penyelenggara juga menyediakan midnight sale mulai pukul 00.00. Pada jam tersebut, Kawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10 ribu saja dari harga normal Rp30 ribu di hari biasa dan Rp35 ribu di akhir pekan. Tawaran yang menarik, bukan?

Baca juga: Tak Lekang oleh Waktu, Elizabeth Tetap Eksis di Industri Fesyen Tanah Air Selama 60 Tahun

Fasilitas Panggung dan Konser Musik Tersedia di JakCloth Reload Summerfest 2023

Performa musisi di JakCloth Reload Summerfest. | Foto: rockaroma_id/Instagram
info gambar

Bergeser dari pakaian ke performance musik, festival JakCloth di bulan Juli kemarin juga dilengkapi dengan tiga panggung. Ketiganya bernama Rock A Roma Stage, Radio One Show Stage, dan Outfest Stage. Dua panggung pertama khusus untuk menampilkan konser musik. Sementara Outfest Stage diperuntukkan untuk coaching clinic serta sesi talkshow.

Lengkapnya rangkaian acara JakCloth inilah yang membuatnya selalu dirindukan banyak orang. Tak hanya berbelanja produk fesyen, Kawan juga bisa menikmati hiburan demi hiburan yang disediakan panitia.

JakCloth Reload Summer menampilkan contoh yang baik bagi industri ekonomi kreatif di Indonesia tentang pentingnya kolaborasi. Para pegiat usaha, koordinator acara, hingga pemerintah bahu-membahu menyukseskan acara ini sehingga menjadi sebuah platform besar dan menguntungkan bagi banyak kalangan. Bagi Kawan yang tak sempat hadir, JakCloth akan kembali lagi di bulan Desember mendatang dengan tema JakCloth Year End Sale. Sampai ketemu!

Baca juga: Mengamati Fesyen dari Kacamata Ramah Lingkungan

Sumber referensi:

  • https://tirto.id/jackloth-summerfest-2023-jadwal-line-up-dan-harga-tiket-gMAe
  • https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230710144547-97-971627/jakcloth-summerfest-reload-perkuat-industri-fesyen-umkm
  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-jakcloth-lebaran-2023-jadi-momentum-kebangkitan-ekonomi-pascapandemi
  • https://ekonomi.republika.co.id/berita/rqhk3b502/industri-fesyen-jadi-andalan-ekspor-ekraf-dengan-porsi-615-persen

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini