KKN-T IPB Desa Karanggebang Adakan Pelatihan Fillet Ikan Lele dan Pemanfaatannya

KKN-T IPB Desa Karanggebang Adakan Pelatihan Fillet Ikan Lele dan Pemanfaatannya
info gambar utama

Lele merupakan salah satu keluarga ikan yang hidup di air tawar. Lele memiliki karakteristik kulit yang licin dengan bentuk tubuh pipih agak memanjang dan kumis yang panjang. Kumis lele tumbuh mencuat pada bagian mulutnya dan memiliki kekuatan tumbuh dengan sangat cepat, serta beradaptasi terhadap lingkungan yang buruk. Lele juga memiliki gizi yang tinggi.

Dilansir dari nilaigizi.com, per 100 gram BDD (Berat Badan Dimakan), ikan lele memiliki kandungan energi 92 kkal; lemak total 2,82 gram; vitamin A 70 mcg; protein 16,20 gram; kalsium 14 mg; natrium 42 mg; besi 0,25 mg.

Pelatihan Fillet Ikan Lele | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Rabu, 12 Juli 2023, KKN-T Inovasi IPB Desa Karanggebang telah melaksanakan program kerja, yaitu pelatihan fillet Ikan Lele dan pemanfaatannya. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Karanggebang. Kegiatan fillet ikan lele ini dihadiri oleh ibu lurah Desa Karanggebang, ibu-ibu PKK, dan pemudi Desa Karanggebang.

Fillet sendiri merupakan suatu irisan daging ikan tanpa sisik dan tulang dengan tanpa kulit, selanjutnya daging lele diambil dari kedua sisi badan ikan, ada juga yang keduanya sisinya berpotongan biasa disebut “butterfly fillet”. Potongan ini juga merupakan bagian daging ikan yang disayat dengan utuh, sepanjang tulang belakang dimulai dari bagian kepala hingga mendekati ekor. Hasil potongan sebesar 50–60% dari berat lele, jika lele seberat 200 gram maka fillet yang dihasilkan mencapai 100 g.

Revitalisasi Pasar Tradisional Seroja untuk Masyarakat

Memotong Ikan Lele Agar Sempurna

Adapun langkah-langkah pembuatan fillet ikan lele:

  • Letakkan lele yang sudah bersih dan tak licin di atas talenan yang bersih
  • Gunakan pisau fillet tajam yang bentuknya tipis dan fleksibel. Pisau tumpul malah akan menghancurkan daging lele
  • Sayat tubuh ikan mengikuti bentuk tulang kepala lele
  • Potong tubuh lele sepanjang punggungnya dari arah kepala ke arah ekor.
  • Pegang kepala ikan dengan satu tangan dan tangan lain menggerakkan pisau ke arah ekor. Potong ikan dengan hati-hati sampai lepas dari tulangkan.

Ikan lele yang sudah di-fillet dapat dikemas dan disimpan. Adapun teknik pengemasan dan penyimpanan potongan ikan lele:

  • Penggunaan suhu rendah pada produk-produk perikanan mampu menghambat aktivitas enzim dan pertumbuhan bakteri sehingga kemunduran mutu ikan akan berjalan jauh lebih lambat.
  • Fillet ikan yang diberi perlakuan penyimpanan suhu rendah dapat diperpanjang daya awetnya hingga mencapai 1-4 minggu.
  • Fillet dikemas vakum dan ditempatkan pada refrigerator dengan suhu penyimpanan berkisar antara 0-5 C.
Fillet Ikan Lele | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Pelatihan fillet ikan lele ini dilaksanakan dengan pemaparan materi, kemudian dilanjut dengan demonstrasi serta praktik yang dipandu oleh mahasiswa KKN-T Inovasi IPB, Wiska Adelia Putri dan Muhammad Yusuf. Setelah demonstrasi, ada kegiatan memasak kulit ikan lele menjadi keripik, di mana kegiatan ini menjadi penutup acara. Adapun langkah-langkah pembuatan keripik ikan lele:

  • Cuci bersih kulit ikan lele dan ditiriskan,
  • Kulit dicelupkan ke dalam air panas selama kurang lebih 2 menit, sehingga kulit mengalami pembengkakan atau swelling. Perebusan dilakukan agar rantai polisakarida penyusun dinding sel kulit mengalami hidrolisis dan fraksinasi, menjadi rantai polisakarida yang lebih pendek,
  • Perendaman dalam air es. Kulit yang sudah direbus kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam air es, sehingga mengalami pengerutan kembali,
  • Potong kulit dan siapkan bumbu halusnya. Untuk 1 kg kulit/sirip ikan lele dibutuhkan 15 gr garam, 50 gr bawang putih halus, 50 gr kemiri, 50-100 ml air, daun jeruk secukupnya. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditambahkan ke adonan tepung sehingga membentuk adonan kental. Kulit/sirip ikan lele dicelupkan ke dalam larutan bumbu tersebut,
  • Pembaluran dengan adonan tepung. Adonan tepung di antaranya 500 gr tepung beras, 25 gr tepung meizena, 1,25 gr baking powder dan 20 gr penyedap rasa. Kulit/sirip ikan lele dimasukkan dalam campuran tepung dan dilumuri sampai rata,
  • Penggorengan dan penirisan. Kulit/sirip ikan lele digoreng dengan minyak panas dengan api besar digoreng sampai kering kemudian diangkat dan ditiriskan. Untuk mendapatkan tekstur keripik lele yang renyah, kulit lele digoreng dua kali.
Sosok Oemargatab, Ayah Indro Warkop yang Jadi Kepala Intelijen

Referensi:

  • https://nilaigizi.com/gizi/detailproduk/1189/ikan-lele
  • https://cookpad.com/id/resep/13466960-keripik-kulit-lele-kulit-lele-krispi
  • https://cookpad.com/id/resep/559482-nugget-ikan-lele
  • https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3813418/tutorial-sederhana-membuat-fillet-ikan-sendiri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini