Tingkatkan Literasi, Busa Pustaka Hadir Memberi Inspirasi Untuk Lampung

Tingkatkan Literasi, Busa Pustaka Hadir Memberi Inspirasi Untuk Lampung
info gambar utama

Literasi adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang diterima dari berbagai sumber. Tingkat literasi yang tinggi sangat penting bagi kemajuan suatu daerah, karena masyarakat yang memiliki tingkat literasi yang baik dapat mengambil keputusan yang tepat dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah.

Literasi adalah kunci menuju pengetahuan dan perkembangan pribadi yang lebih baik. Pada era digital saat ini, di mana informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet, dengan tetap memperhatikan pentingnya literasi dalam masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan tingkat literasi adalah dengan mendirikan perpustakaan komunitas yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi penduduk setempat.

Salah satu cara untuk meningkatkan literasi adalah dengan memperbanyak akses ke buku dan sumber informasi lainnya. Di Lampung, hadir Pepustakaan Busa Pustaka sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan literasi di daerah tersebut. Berlokasi di Kemiling Kota Bandar Lampung, Busa Pustaka menyediakan akses gratis ke berbagai koleksi buku dan sumber daya lainnya kepada anak-anak, relawan dan masyarakat umum.

Mengapa Pepustakaan Komunitas Penting?

Pepustakaan komunitas memiliki peranan penting dalam meningkatkan tingkat literasi suatu daerah. Mereka tidak hanya memberikan akses pada bahan bacaan yang berkualitas, tetapi juga menciptakan ruang belajar yang ramah dan inspiratif bagi semua orang.

Salah satu manfaat utama dari adanya pepustakaan komunitas adalah memberikan kesempatan kepada orang-orang yang kurang mampu secara finansial untuk bisa membaca dan belajar tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Ini sangat penting karena masih banyak orang di Indonesia yang tidak memiliki akses untuk membaca dan mempelajari buku-buku yang berkualitas.

Buku, Kelas, dan Masyarakat: Satu Potong Pembicaraan bersama Pak RT Semalam

Kehadiran Busa Pustaka di Lampung

Busa Pustaka adalah salah satu contoh pepustakaan komunitas yang sukses di Provinsi Lampung. Didirikan pada tahun 2017 oleh Adi Sarwono dan bantuan dari para sukarelawan muda, Busa Pustaka telah menjadi pusat kegiatan literasi yang menyenangkan bagi penduduk setempat.

Salah satu hal menarik dari Busa Pustaka adalah konsepnya yang unik, dengan menghadirkan kostum karakter animasi Mario yang dipakai oleh Adi Sarwono yang kerap disapa Mang Adi. Hal ini memberikan sentuhan kreatif dan inovatif kepada pengunjung, menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan inspiratif.

Tidak hanya itu, Adi Sarwono juga mendirikan Taman Baca Busa Pustaka di Bandar Lampung. Taman baca ini tidak hanya menyediakan buku-buku bacaan, tetapi juga fasilitas untuk belajar. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi.

Koleksi buku-buku di Busa Pustaka juga sangat beragam. Mulai dari fiksi hingga nonfiksi, buku anak-anak hingga dewasa, serta berbagai jenis bacaan juga tersedia di sini. Selain itu, mereka juga menyediakan akses internet gratis sehingga pengunjung dapat melakukan penelitian online atau mengakses e-book jika diperlukan.

Sebagai salah satu pegiat literasi di Provinsi Lampung, Adi Sarwono juga menghadirkan sekolah rakyat sebagai upaya untuk memberikan akses bacaan kepada masyarakat. Sekolah rakyat ini menjadi tempat bagi anak-anak dan masyarakat umum untuk membaca buku dan memperluas pengetahuan mereka.

Program Edukasi dan Kegiatan Komunitas

Selain sebagai perpustakaan dengan konsep unik dan tradisional, Busa Pustaka juga aktif dalam mengadakan program edukasi dan kegiatan komunitas untuk meningkatkan minat membaca dan literasi di kalangan penduduk setempat. Beberapa program populer termasuk kelompok diskusi buku, lokakarya menulis kreatif, ceramah motivasi oleh penulis terkenal, pengiriman karya anak-anak pinggiran ke Jepang, serta pertemuan rutin dengan para penulis lokal.

Program-program ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memperluas pengetahuan mereka, tetapi juga menjadi ajang pertukaran ide dan inspirasi antara para pengunjung. Hal ini membantu menciptakan atmosfer yang positif dan mendukung bagi perkembangan literasi di Lampung.

Punya Banyak Penduduk, Indonesia Jadi Pasar Paling Potensial dalam Penjualan Buku

Dampak Positif pada Masyarakat

Kehadiran Busa Pustaka telah memberikan dampak positif yang signifikan pada masyarakat di Kota Bandar Lampung. Tingkat minat baca pun mulain meningkat, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Banyak dari mereka yang sekarang memiliki minat dalam membaca buku setelah mengunjungi Busa Pustaka.

Selain itu, pepustakaan ini juga telah menjadi tempat berkumpulnya komunitas pecinta buku di daerah tersebut. Ini adalah salah satu platform sosial yang penting bagi orang-orang yang memiliki minat serupa untuk bertemu, berdiskusi tentang buku favorit mereka, dan saling berbagi ide-ide baru.

Pepustakaan Busa Pustaka adalah contoh nyata dari bagaimana inisiatif dari masyarakat lokal dalam memberikan inspirasi dan akses literasi kepada masyarakat. Melalui upaya-upaya ini, diharapkan tingkat literasi di Lampung semakin meningkat, dan masyarakat dapat mengambil peran aktif dalam pembangunan daerah mereka.

Sebagai upaya meningkatkan literasi di suatu daerah, pendirian pepustakaan komunitas dapat menjadi langkah awal yang efektif. Contohnya adalah Busa Pustaka di Provinsi Lampung yang berhasil menyediakan akses gratis ke sumber daya literatur berkualitas serta program edukasi dan kegiatan komunitas yang menarik.

Melalui inisiatif seperti Busa Pustaka, kita bisa melihat bagaimana literasi dapat ditingkatkan secara signifikan dalam sebuah masyarakat. Pepustakaan komunitas tidak hanya menciptakan ruang belajar alternatif bagi individu-individu tertentu, tetapi juga menginspirasi dan membawa perubahan positif dalam kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Sehingga, dengan adanya Busa Pustaka sebagai contoh inspiratif, diharapkan akan terjadi peningkatan kesadaran dan dukungan untuk mendirikan lebih banyak pepustakaan komunitas di seluruh Indonesia, dengan upaya bersama kita dapat menciptakan masyarakat yang berwawasan luas dan berpengetahuan.

Tentang Buku HET PARADIJS VAN JAVA Karya Wijnand Kerkhoff

Referensi:

  • Seputar inews, Tingkatkan Minat Membaca, MNC Peduli Donasi Buku Bacaan untu Busa Pustaka Lampung https://youtu.be/CLYEjPfNkuU
  • Kompas.id, Adi Sarwono Membuat Gerakan Literasi untuk Anak-anak di Bandar Lampung https://www.kompas.id/baca/sosok/2020/12/16/adi-sarwono-membuat-gerakan-literasi-untuk-anak-anak-di-bandar-lampung
  • KoranTempo.co, Karya Anak Pinggiran di Galeri Jepang https://koran.tempo.co/read/profil/481881/gerakan-busa-pustaka-di-lampung
  • DKK Talks Season 2 Episode 4, Busa Pustaka: Pahlawan Literasi dari Ujung Selatan Sumatera https://www.linkedin.com/pulse/dkk-talks-season-2-episode-4-busa-pustaka-pahlawan-literasi/?originalSubdomain=id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini