Cobain Tips Ini Supaya Foto KTP Kamu Terlihat Bagus dan Menarik!

Cobain Tips Ini Supaya Foto KTP Kamu Terlihat Bagus dan Menarik!
info gambar utama

Kartu identitas merupakan kartu yang berisikan informasi pribadi singkat tentang seseorang yang wajib dimiliki bagi setiap orang yang tinggal di suatu daerah. Salah satu kartu identitas yang wajib dibuat adalah KTP atau kartu tanda penduduk.

Pembuatan KTP harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan dan tidak bisa diwakilkan oleh orang lain dengan alasan apapun. KTP dibuat setelah berumur 17 tahun dengan mendatangi kantor kelurahan/Desa setempat dengan membawa fotocopy kartu keluarga (KK) dan surat pengantar dari RT/RW tempat tinggal.

Prosedur pembuatan KTP terbilang cukup mudah, dimulai dari pengecekan data,pemeriksaan sidik jari dan scan retina mata, Tanda tangan dan berfoto. Pada saat foto KTP pastikan Kawan GNFI sudah siap agar hasilnya terlihat bagus. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan agar foto KTP terlihat bagus. Simak dibawah!

  1. Merapikan Rambut

Sisir dan rapikan rambut agar tidak terlihat berantakan. Gunakan minyak rambut/ pomade untuk pria agar rambut terlihat rapi, sedangkan untuk wanita dapat mengikat rambut atau memakai jepitan rambut. Pastikan rambut tidak berantakan dan menghalangi wajah pada saat pemotretan KTP.

  1. Gunakan Kerudung Berbahan Nyaman

Pastikan kerudung yang digunakan memiliki bahan yang nyaman dan tidak licin untuk menghindari terjadinya kerudung yang merosot, sehingga akan menghalangi mata dan wajah pada saat foto nanti.

Hindari memakai kerudung yang bermotif dan bewarna hijau, karena akan menyatu dengan background gambar. Jika memungkinkan gunakanlah warna kerudung yang terlihat cerah.

  1. Gunakan Pakaian Sopan dan Rapi

Pilih dan gunakan pakaian yang terlihat rapi dan sopan, jangan menggunakan pakaian yang kusut ataupun kotor, Sebisa mungkin usahakan untuk memakai pakaian kemeja atau baju yang sesuai. Memakai kaos oblong juga diperbolehkan, asalkan tidak lusuh dan masih pantas untuk dipakai.

  1. Makeup

Memakai makeup/riasan diperbolehkan pada saat foto KTP, gunakan warna bedak dan lipstik sesuai dengan warna kulit agar hasilnya terlihat lebih cantik, fresh, dan tidak terlihat pucat.

Selain bedak dan lisptik, dapat juga menggunakan maskara ataupun blush on untuk memberikan kesan yang tegas dan segar. Berdandan seperti biasanya dan jangan sampai terlihat menor.

  1. Posisi Duduk Tegak

Pada saat foto KTP, posisi yang digunakan adalah duduk dan tidak berdiri. Posisi duduk tegak dengan rileks tanpa membungkukkan badan terlalu depan maupun terlalu kebelakang serta letakan tangan diatas paha.

Duduk rileks tanpa menyandarkan badan ke kursi. Petugas akan membantu mengarahkan posisi duduk yang benar dan sesuai tepat didepan kamera.

  1. Pandangan Menghadap Kedepan

Pastikan posisi wajah menghadap ke depan kamera, dan mata berfokus pada lensa kamera. Jangan terlalu mendongakkan dagu ke atas maupun menunduk kebawah, karena akan membuat hasil foto terlihat kurang bagus.

  1. Tersenyum

Tersenyum pada saat foto KTP diperbolehkan, asalkan senyum tidak terlalu lebar dan jangan memperlihatkan gigi, cukup tersenyum kecil saja agar hasil foto terlihat bagus dan wajah tidak terlihat cemberut.

  1. Lepaskan Kacamata

Lepaskan kacamata pada saat foto, karena cahaya flash dari kamera akan terpantul dan membuat bayangan.

Memakai kacamata pada saat foto membuat mata terlihat tidak jelas pada hasil foto. Apabila foto sudah selesai, maka diperbolehkan menggunakan kembali kacamata.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan agar hasil foto KTP terlihat bagus. Selain itu juga dengarkan intruksi petugas pada saat pengambilan foto agar hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini