Mengapa Pempek Dulunya Disebut Kelesan?

Mengapa Pempek Dulunya Disebut Kelesan?
info gambar utama

Pempek bukan makanan yang asing bagi banyak orang Indonesia. Namun berapa banyak yang tahu jika dulunya pempek disebut kelesan?

Siapa tak kenal pempek? Makanan berupa adonan ikan yang dimakan bersama kuah dengan nuansa manis, pedas, dan sekaligus asam yang disebut cuko ini begitu populer di berbagai penjuru Indonesia.

Di berbagai daerah, penjual pempek bukan hal yang sulit ditemukan. Kini toko-toko daring pun diramaikan oleh penjualan pempek yang siap dikirim ke rumah untuk dimasak sendiri.

Pempek adalah makanan dengan sejarah yang kisahnya begitu menarik. Salah satunya adalah tentang bagaimana makanan satu ini awalnya disebut dengan nama "Kelesan."

Model, Hidangan Turunan Pempek Berkuah Segar Khas Palembang

Dari Kelesan ke Pempek

Pempek dulunya disebut kelesan karena nama tersebut mengacu kepada alat dan cara membuatnya. Alat pembuat pempek juga disebut kelesan, sementara cara pembuatan pempek adalah dengan dikeles.

Kelesan merupakan alat yang berfungsi untuk menghaluskan daging ikan. Dikutip dari laman resmi Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, kelesan memiliki bentuk cembung dengan semacam kuping di sisi yang saling berhadapan.

Sementara itu, dikeles berarti proses menghaluskan daging ikan dengan cara menekan-nekannya di atas semacam alas yang bentuknya seperti papan cucian. Pada masa lampau, penghalus daging ikan yang digunakan untuk mengeles ini terbuat dari batok kelapa yang diberi lubang-lubang.

Seiring waktu, alat pembuatan pempek pun turut berubah. Tak lagi dengan kelesan manual, kini pempek banyak dibuat menggunakan mixer elektrik dan dicetak dengan cetakan yang lebih presisi.

Lantas, bagaimana ceritanya sebutan kelesan bisa menghilang dan digantikan dengan pempek?

Ternyata, berubahnya nama sebutan ini konon karena pempek biasa dijual oleh laki-laki tua dari etnis Tionghoa. Mereka biasa dipanggil dengan "Apek."

Saat para apek sedang menjajakan dagangannya, masyarakat akan memanggilnya dengan ‘pek…pek.' Dari sinilah kemudian kata ‘pek’ lama kelamaan berubah menjadi pempek.

Perlu diperhatikan pula bahwa Dirjen Kebudayaan Kemdikbud RI menekankan bahwa cerita tersebut masih perlu didalami kembali. Namun yang jelas, itulah cerita yang banyak diyakini sebagai asal-muasal berubahnya sebutan kelesan menjadi pempek.

Selain itu, ada pula versi cerita lain mengenai perubahan sebutan ini. Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui laman resminya mencatat bahwa pendapat lain mengemukakan bahwa nama pempek mengacu kepada cara pembuatannya di mana adonan campuran ikan dan sagu ”dilepekan” lalu dibentuk. Dari kata dilepekan, muncullah sebutan pempek.

Itulah sepenggal kisah mengenai berubahnya sebutan kelesan menjadi pempek. Apapun sebutannya, pempek tetap senantiasa menjadi makanan primadona banyak orang yang nikmatnya bikin ketagihan.

Kenali Jenis-jenis Pempek, Makanan Khas Kota Palembang Yang Digemari Banyak Orang

Referensi:

  • https://litbangda.sumselprov.go.id/warisanbudaya/budaya/19
  • https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbsumbar/pempek-makanan-tradisional-khas-palembang/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini