Mengenal Pangkat Letnan yang Ada di satuan TNI

Mengenal Pangkat Letnan yang Ada di satuan TNI
info gambar utama

Tentara Nasional Indonesia atau TNI terdiri dari satuan-satuan seperti TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan TNI Angkatan Udara (TNI AU). Di dalam satuan-satuan yang ada pada TNI memiliki pangkat berdasarkan wewenang dan tanggungjawab yang berdasarkan kualifikasi yang sudah dimiliki oleh setiap prajurit atau anggota TNI.

Kepangkatan yang ada di dalam tubuh TNI diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI. Kepangkatan ini sifatnya akan dibedakan atas pangkat efektif yang diberikan pada prajurit selama menjalani Dinas Keprajuritan berdasarkan surat keputusan yang berlaku secara administratif.

Ada banyak pangkat yang ada di TNI, salah satunya adalah pangkat Letnan yang terdiri dari Letnan Jenderal TNI, Letnan Kolonel, Letnan Kolonel Tituler, Letnan Satu dan Letnan Dua. Yuk, kita mengenal pangkat letnan yang ada di satuan TNI di bawah ini!

Letnan Jenderal

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi Letnan Jenderal adalah pangkat perwira tinggi peringkat ketiga di TNI Angkatan Darat, satu tingkat di bawah jenderal, satu tingkat di atas mayor jenderal dengan tanda pangkatnya tiga bintang emas yang ditempatkan di bahu baju sebagai pembeda.

Letnan Jenderal di TNI sendiri digunakan hanya oleh TNI Angkatan Darat dengan pangkat perwira tinggi berbintang tiga. Seorang Letnan Jenderal disyaratkan memiliki jabatan Panglima Kostrad dan KSAD.

Pangkat JenderalPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf
Perbedaan antara Jenderal, Laksamana dan Marksekal di TNI

Letnan Kolonel

Letnan Kolonel menurut KBBI merupakan pangkat pangkat perwira menengah peringkat kedua dalam ketentaraan, satu tingkat di bawah kolonel, satu tingkat di atas mayor dengan tanda pangkat dua melati emas yang ditempatkan di bahu baju.

Ketika masa penjajahan Belanda, Letnan Kolonel disebut dengan Overste di dalam tubuh ketentaraan Hindia Belanda.

Pangkat Letnan KolonelPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf

Letnan Kolonel Tituler

Pangkat Letnan Kolonel Tituler dalam kepangkatan TNI merupakan pangkat yang hanya diberikan kepada warga negara Indonesia yang kedudukannya sepadan dengan jabatan keprajuritan serendah-rendahnya jabatan Letnan Dua.

Jika merujuk pada definisi "Tituler" menurut KBBI adalah suatu gelar atau pangkat kehormatan yang bisa diperoleh tanpa melakukan tugas jabatan kehormatan dari pangat yang diterima dan memenuhi syarat dan sebab.

Letnan Satu

Letnan Satu atau yang biasa dikenal dengan Lettu merupakan kepangkatan dalam jenjang perwira pertama pada militer serta berada di atas letnan dua dan satu tingkat di bawah kapten.

Pangkat Letnan SatuPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf
Inilah Seluk Beluk Mirage 2000-5 yang Akan Segera Perkuat TNI AU

Letnan Dua

Letnan dua adalah kepangkatan yang terendah pada jenjang kemiliteran yang ada di Indonesia. Pangkat ini diberikan kepada anggota Taruna Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut dan Akademi Angkatan Udara yang sudah menyelesaikan pendidikan kemiliterannya selama empat tahun.

Pangkat Letnan DuaPakaian
Pakaian dinas upacara
(PDU)
Pakaian dinas harian (PDH)Pakaian dinas lapangan
(PDL)
Komando
Staf

Kepangkatan di satuan militer yang ada di Indonesia ini menjadi penanda sesuai dengan angkatan dan jenjangnya. Sebagai warga negara yang baik, kita juga setidaknya mengetahui serta mengetahui pangkat-pangkat Letnan maupun pangkat lainnya yang ada pada Tentara Nasional Indonesia agar tidak salah dalam menyebutkan jika bertemu dengan anggota TNI yang menggunakan tanda. Selain itu, dengan mengetahui kepangkatan yang ada di TNI, juga bentuk pengetahuan dasar tentang kemiliteran yang ada di Indonesia.

Kalau Kawan sudah tahu pangkat apa saja yang ada di militer negara tercinta ini, demikian penjelasan tentang Kepangkatan Letnan yang ada di Indonesia. Semoga membantu menambah pemahamanmu, ya!

Gandeng 22 Kampus, TNI AL Jalankan Ekspedisi Jala Citra 3 Telusuri Bawah Laut Flores


Sumber:
https://indonesiabaik.id/infografis/urutan-pangkat-tentara-nasional-indonesia-tni
https://www.gramedia.com/best-seller/urutan-pangkat-tni-ad-tni-al-dan-tni-au/
https://news.detik.com/berita/d-6463677/apa-itu-letnan-kolonel-mengenal-pangkat-letkol-tni-dan-sejarahnya
https://id.wikipedia.org/wiki/Tanda_Kepangkatan_Tentara_Nasional_Indonesia_Angkatan_Darat
https://id.wikipedia.org/wiki/Letnan_Satu
https://id.wikipedia.org/wiki/Letnan_Dua
https://id.wikipedia.org/wiki/Letnan_Kolonel

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini