5 Tempat Paling Ikonik di UGM, Valid Nggak?

5 Tempat Paling Ikonik di UGM, Valid Nggak?
info gambar utama

Siapa yang tidak kenal Universitas Gadjah Mada? Salah satu universitas terbaik di Indonesia ini tidak hanya menjadi primadona para calon pendaftar pendidikan tinggi saja, tetapi juga jadi primadona bagi para pelancong.

Sebagai universitas tertua di Indonesia yang penuh sejarah, UGM telah mengukir banyak kenangan di setiap sudutnya. Karenanya, tiap-tiap tempat memilkiki kisahnya masing-masing yang pada akhirnya membentuk identitas khas nan unik pada suatu tempat. Itulah mengapa, banyak tempat-tempat ikonik di UGM yang terbentuk seiring sejarah membawa UGM berjalan sejak masa kelahirannya.

Lalu apa saja tempat-tempat paling ikonik yang asyik dikunjungi ketika bersua ke UGM? Yuk, simak 5 tempat paling ikonik di UGM berikut ini!

1. Grha Saba Pramana

Grha Sabha Pramana | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas
Grha Saba Pramana © Alodiatour

Bagi mereka yang sering ke UGM tentu tidak akan asing dengan Grha Saba Pramana atau yang biasa disingkat GSP. GSP adalah aula besar yang biasa dipakai untuk acara-acara besar. Tidak hanya universitas saja yang biasa mengadakan acara di gedung besar berbentuk limas yang indah tersebut. GSP sering dipakai untuk acara-acara nasional yang mendatangkan para pejabat publik maupun acara privat, terutama pernikahan.

GSP secara rutin juga dipakai untuk prosesi wisuda sehingga tempat ini sangat ramai dengan perayaan sewaktu acara itu dilaksanakan. Di depan GSP terdapat Lapangan Pancasila. Lapangan Pancasila juga sering menjadi tempat acara-acara besar, baik itu upacara hari besar, penerimaan mahasiswa baru, sampai berbagai event yang diadakan oleh mahasiswa maupun pihak luar.

Baca juga: Cerita KKN UGM Hari ke-16: Tamasya Bersama dan Pembelajaran Taman Baca Al Quran

2. Boulevard UGM

UGM Peringkat 10 Besar Perguruan Tinggi Dunia di Instagram Halaman all - Kompas.com
info gambar

Ketika Kawan ingin masuk UGM lewat depan, maka akan ada Boulevard UGM yang menyambut Kawan dengan tulisan besar UGM yang megah. Tulisan besar UGM itu menjadi salah satu spot berfoto yang paling populer di UGM, terutama bagi para pelancong, siswa yang ingin masuk UGM, atau mahasiswa baru UGM.

Di balik indahnya tulisan besar itu, ada mitos yang menyebut mahasiswa yang berfoto dengan latar tulisan besar UGM itu dipastikan akan lama lulus.

Di depan tulisan besar UGM terdapat komplek yang lumayan luas yang dapat dipakai berekreasi sekaligus kongkow. Spot ini biasa ramai di pagi dan malam hari.

3. Wisdom Park

Menikmati Suasana Alam yang Cantik di Wisdom Park UGM - Halaman all - TribunJogja Travel
info gambar

Bagi Kawan yang suka jogging, barangkali Wisdom Park atau Taman Kearifan dapat menjadi lokasi yang tepat. Semenjak pandemi covid-19, aktivitas jogging yang sebelumnya berpusat di GSP dipindah ke Wisdom Park. Sampai sekarang Wisdom Park masih menjadi tempat favorit untuk melakukan olahraga lari-lari.

Wisdom Park memang selayak-layaknya taman dengan sarana olahraga karena taman ini memiliki joggingtrack yang mengelilingi danau. Dengan begitu, Kawan bisa menikmati keindahan danau ditambah rindangnya taman dengan pepohonannya yang lebat.

Selain bagian danau dengan pepohonannya yang lebat, Wisdom Park juga memiliki bukit, taman bunga, dan sungai yang cocok dipakai sebagai tempat piknik.

Baca juga: KKN UGM Mengisi Kegiatan MPLS di SD Negeri Cungkuk

4. Bonbin

Asal-usul Julukan 'Bonbin', Kantin Filsafat UGM Muaranya Mahasiswa Soshum
info gambar

Beberapa meter dari Wisdom Park, tepatnya di Fakultas Filsafat, terdapat kantin yang populer disebut Bonbin. Kantin ini terkenal di kalangan mahasiswa karena harga makanannya beragam dan relatif murah dibandingkan dengan kantin-kantin lainnya.

Di sisi lain, Bonbin juga sering menjadi tempat kongkow, diskusi, sampai rapat oleh mahasiswa. Bagi Kawan yang lapar dan ingin menghemat dana, Bonbin adalah pilihan yang tepat untuk mengisi perut.

5. Balairung

Filosofi Gedung Pusat UGM - Universitas Gadjah Mada
info gambar

Balairung tidak lain adalah gedung rektorat dari UGM itu sendiri. Balairung adalah salah satu gedung tertua di UGM. Gedung ini memiliki desain yang megah dan banyak pilar.

Terlepas fungsinya sebagai kantor pusat administrasi universitas, Balairung adalah salah satu tempat paling populer berfoto di UGM. Bagi mahasiswa, gedung ini biasa menjadi latar foto organisasi, foto angkatan, sampai foto wisuda. Hal yang tidak bisa dipungkiri adalah desain bangunannya yang estetik yang membuat Balairung bagus dipakai sebagai latar belakang tempat berfoto. Kawan pun tentu juga dapat berfoto ria di gedung yang menghadap ke Gunung Merapi ini.

Kalau jalan-jalan ke UGM, jangan lupa mengunjungi tempat-tempat ikonik tersebut. Selain kelimanya, tempat paling ikonik mana lagi yang menjadi favorit Kawan?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini