KKN UGM Mengisi Kegiatan MPLS di SD Negeri Cungkuk

KKN UGM Mengisi Kegiatan MPLS di SD Negeri Cungkuk
info gambar utama

Sleman (14/07/2023) - Sorak-sorai puluhan siswa SD terdengar riuh pada Jumat pagi di SD N Cungkuk sebelum kegiatan sekolah dimulai. Puluhananak dari seluruh kelas satu sampai enam memenuhi lapangan dengan seragam olahraga. Tak berselang lama suara musik mengalun ditemani gerakan senam dari mahasiswa KKN dan siswa SD.

Mahasiswa KKN-PPM UGM 2023, dalam rangka sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta pencegahan stunting di lingkungan sekolah melakukan berbagai kegiatan di masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS SD N Cungkuk. Kegiatan dilakukan di awal dan akhir masa MPLS SD N Cungkuk, yaitu pada Senin (10/07/2023) dan Jumat (14/07/2023).

SD N Cungkuk terletak di Padukuhan Cungkuk, Kalurahan Margorejo, Kapanewon Tempel, Sleman. Sekolah dasar ini hanya terdiri dari total 45 peserta didik. Setiap ruang kelas hanya berisi lima sampai sepuluh bangku. Bahkan peserta didik baru yang diterima pada tahun ajaran 2023/2024 berjumlah lima orang anak saja.

Membangun Polisi Tidur Ternyata Ada Aturannya, Lho

Walau termasuk dalam sekolah kecil dengan fasilitas yang terbatas, hal itu tidak menyurutkan antusiasme siswa untuk belajar. Hal ini ditunjukan dengan aktifnya siswa selama pengisian materi MPLS bersama Mahasiswa KKN-PPM UGM.

Penyuluhan dan Bermain Flash Cards di Kelas 1 -3 © Laura Christiani
info gambar

Pada Senin (10/07/2023) kegiatan dimulai dengan perkenalan mahasiswa KKN saat upacara. Satu-persatu mahasiswa mengenalkan diri di depan barisan siswa SD N Cungkuk. Setelahnya para siswa dibagi menjadi dua keolompok, yaitu kelompok kecil yang terdiri dari siswa kelas satu sampai tiga dan kelompok kelas besar yang terdiri dari siswa kelas empat sampai enam. Masing-masing kelompok memasuki ruang kelas dengan antusias dan tertib.

Ruang kelas satu yang berisi siswa dari kelompok kelas kecil terdengar ramai selama acara berlangsung. Mahasiswa KKN mengenalkan macam buah dan sayur beserta manfaatnya kepada para siswa dengan permainan flashcard. Selain pengenalan manfaat buah dan sayur untuk kesehatan tubuh, dikenalkan pula bahasa Inggris dari buah dan sayur pada flashcard.

Acara diawali dengan pemaparan materi tentang buah dan sayur menggunakan slide presentasi kemudian dilanjutkan permainan tebak-tebakan menggunakan flashcard. Banyak kejadian lucu saat permainan berlangsung, beberapa siswa kesusahan melafalkan terjemahan bahasa Inggris dari buah dan sayur. Akan tetapi, acara berlangsung lancar dan para siswa dapat mengikuti rangkaian acara dengan baik.

Di ruang lain, tampak kumpulan siswa kelas empat sampai enam fokus memperhatikan paparan materi yang diberikan oleh mahasiswa KKN. Materi yang diterangkan berupa pengenalan cagar budaya, macam sumber karbohidrat pengganti nasi, gizi seimbang, hemat air, dan perilaku hidup sehat untuk mencegah penyakit tidak menular.

Diakui Dunia, Indonesia Dipercaya Latih Polisi Afghanistan
Penyuluhan di Kelas 4 - 6 © Shama Parahita
info gambar

Para siswa dengan sekuat tenaga menebak berbagai olahan sumber karbohidrat dan macam jajanan sehat untuk mencegah penyakit tidak menular yang dipaparkan dalam slide presentasi. Setelah pemaparan materi, diadakan kuis berhadiah snack untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipaparkan.

Tampak tangan-tangan diulurkan tinggi menandakan antusiasme siswa menjawab berbagai pertanyaan kuis. Kemudian para siswa menonton video tentang perundungan dan mematuhi nasehat orang tua sembari menikmati snack hasil kuis.

Pada hari Jumat (14/07/2023) dilakukan acara senam bersama dan permainan ular tangga raksasa. Senam dilakukan di halaman sekolah diikuti oleh seluruh siswa dan beberapa guru SD N Cungkuk.

Puluhan siswa dengan semangat mengikuti gerakan instruktur senam yang terdiri dari mahasiswa KKN. Tak berselang lama setelah senam usai, rintik hujan mulai turun memaksa para siswa meneduh dalam ruang kelas.

Bermain Ular Tangga Raksasa Kelas 1 - 6 © Shama Parahita
info gambar

Meski hujan, hal itu tidak menjadikan acara usai. Para siswa berkumpul di ruang kelas satu dan memulai permainan ular tangga raksasa yang berisi berbagai fakta makanan bergizi di setiap kotaknya untuk dibaca selama bermain. Ular tangga berukuran sembilan meter persegi digelar di ruang kelas, kemudian satu perwakilan tiap kelas ditunjuk untuk menjadi pion.

Dilema Kunjungan Candi Borobudur, Antara Konservasi dan Kebutuhan Edukasi

Permainan berlangsung seru dan di akhir permainan dibagikan hadiah berupa susu dan snack coklat pada kelas pemegang juara satu sampai tiga. Di akhir acara, setiap siswa diberikan stiker karakter sumber karbohidrat sebagai kenang-kenangan kegiatan bersama mahasiswa KKN.

Foto bersama Mahasiswa KKN UGM dengan Guru SD N Cungkuk © Laura Christiani
info gambar

Acara selama MPLS diakhiri dengan sesi foto bersama siswa dan staff guru SD N Cungkuk. Rangkaian kegiatan selama dua hari di SD N Cungkuk telah memberikan perspektif baru bagi mahasiswa KKN tentang sekolah dasar dan kehidupan baik para siswanya dan guru-guru yang penuh rasa kekeluargaan.

Kebersamaan mahasiswa KKN selama MPLS juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru dan keceriaan pada siswa SD N Cunguk

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini