Seblak Bisa Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Ini Persyaratannya!

Seblak Bisa Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Ini Persyaratannya!
info gambar utama

Kuliner seblak yang semakin populer belakangan ini ternyata bisa diusulkan sebagai warisan budaya tak benda. Hal ini karena kudapan dari Tanah Sunda tersebut sudah ada sejak lama dan tetap bertahan sampai sekarang.

Dilansir dari Antara, Minggu (23/7/2023), Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Perlindungan Budaya pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Rusmiati mengungkapkan perlu ada pengkajian lebih lanjut sehingga kuliner seblak bisa diusulkan sebagai warisan budaya.

Menurutnya, kuliner seblak sudah ada sejak lama, dan menjadi tradisi masyarakat memasak kerupuk basah dengan bumbu rempah yang khas. Sampai saat ini, makanan itu masih terjaga dengan baik dan terus berkembang di masyarakat.

Harus memenuhi persyaratan

Terkait asal mula daerah, Rusmiati menyebut harus dilakukan pengkajian. Jika ada di beberapa daerah, misalnya Garut dan Bandung, maka bisa diusulkan menjadi kuliner daerah tingkat provinsi sebagai warisan budaya tak benda dari Provinsi Jawa Barat.

Pihaknya juga menyampaikan kuliner seblak harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, yakni sejarah atau cerita tentang seblak, agar bisa diusulkan sebagai warisan budaya.

Selain itu, harus ada dokumen pendukung lainnya, seperti foto, video atau bukti-bukti fisik maupun saksi yang bisa menguatkan tentang kuliner seblak sebagai karya anak bangsa dengan cita rasa khas tersendiri.

Melacak Kepopuleran Seblak, Benarkah Memang Berasal dari Bandung?

Usulan komunitas

Pengusulan kuliner seblak sebagai warisan budaya tak benda juga harus dilakukan secara komunitas atau kelompok yang bisa mempertanggungjawabkan seluruh dokumen maupun data tentang seblak tersebut.

Setelah data penunjang itu sudah lengkap, maka dapat diusulkan ke pemerintah. kemudian provinsi, sampai berikutnya dikaji di tingkat nasional untuk memutuskan kuliner seblak sebagai warisan budaya tak benda.

Kemendikbudristek berharap agar semua pihak berperan menjaga warisan budaya di Indonesia. Dengan begitu, nilai-nilai budaya dapat terus terjaga dan diketahui oleh setiap generasi yang akan datang.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan bisa mendeteksi tentang kearifan lokal untuk tetap dijaga, dan dikembangkan agar memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Asal-usul Seblak yang Lezat Pedas Gurihnya Menarik Generasi Muda

Referensi:

Antara. Kemendikbudristek: Seblak Bisa Diusulkan Jadi Warisan Budaya. https://www.antaranews.com/berita/3647811/kemendikbudristek-seblak-bisa-diusulkan-jadi-kuliner-warisan-budaya

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini