5 Tradisi Unik Hari Pertama Sekolah di Berbagai Negara

5 Tradisi Unik Hari Pertama Sekolah di Berbagai Negara
info gambar utama

Belum lama ini sekolah sudah masuk lagi, nih! Bagi sebagian siswa ini adalah awal di mana mereka naik kelas, tapi sebagian adalah awal baru untuk naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tentu saja animo yang ditimbulkan berbeda-beda. Ada yang senang karena hari pertama ini merupakan ajang di mana kehidupan menemukan jalan baru yang harus ditapaki, terutama bagi mereka yang naik jenjang pendidikan, dari TK ke SD atau dari SMP ke SMA. Sebagian tentu pula bersedih karena masa liburan yang tidak begitu lama itu telah berakhir.

Pun berita-berita tentang kisah unik di hari pertama di sekolah mulai banyak bertebaran. Misalnya, di Indramayu, Jawa Barat, orang tua siswa rela berangkat pagi-pagi buta untuk mengikat kursi dan meja paling depan agar anaknya bisa duduk di posisi itu.

Hal senada juga terjadi di Cirebon, Jawa Barat, di mana siswa juga rela berangkat terlalu pagi dan masuk kelas lewat jendela, karena kelas belum dibuka, untuk mendapatkan bangku paling depan. Alasan mereka melakukan hal itu adalah agar mereka dapat duduk di dekat guru untuk mendengarkan materi dengan lebih jelas.

Selain animo yang datang di Indonesia, banyak tradisi unik hari pertama sekolah yang ada di negara lain juga, loh! Yuk, Kawan tengok 5 tradisi hari pertama sekolah di negara-negara lain:

1. Jepang

To create an immigrant-friendly Japan, start with education reform | The Japan Times
info gambar

Di Jepang, siswa yang baru pertama kali masuk sekolah disambut dengan masa orientasi seperti pada umumnya. Bedanya, ada tradisi pemotongan pita di depan sekolah bernama nyugakushiki. Di situ, mereka disambut oleh para guru dan dikenalkan dengan sekolahnya. Ketika masuk kelas, para kakak kelas yang berada di sana menyanyi untuk siswa-siswa barunya.

Para siswa di Jepang juga diberikan makanan spesial berupa nasi dengan lauk burung puyuh bertabur saus rumput laut. Selain makanan yang enak, para siswa juga diberikan hujan hadiah yang dapat mereka pilih, salah satu hadiah yang dapat mereka dapatkan adalah peralatan sekolah.

2. Rusia

Russian Schoolchildren Return to Classrooms Changed by War - The Moscow Times
info gambar

Di negeri beruang merah itu, siswa-siswa yang baru masuk sekolah disambut dengan tradisi lonceng pertama. Tradisi ini dilakukan oleh mereka yang masih SD. Dalam tradisi lonceng pertama, salah satu perwakilan siswa baru akan naik di pundak kakak kelasnya dan membunyikan lonceng berkali-kali sembari berkeliling di antara orang tua siswa yang ikut dalam acara penyambutan.

Di sisi lain, ada pula tradisi di mana para guru memberikan bunga ke pada para siswanya. Sebagai balasannya, siswa memberikan balon-balon kepada para guru. Pada keseluruhan masa orientasi itu, para siswa dan guru saling bertukar cerita optimis untuk memulai masa pembelajaran.

Baca juga: Sekolah Daring dan Kerja dari Rumah Diterapkan Selama KTT ASEAN ke-42

3. Jerman

German Kids Go To School With Giant Cones. Here's Why. | HuffPost Life
Siswa baru di Jerman membawa Schultute © Getty Images

Ada tradisi terkenal yang dilakukan di hari pertama di beberapa daerah di Jerman. Tradisi tersebut bernama Einschulung. Para siswa kelas 1 SD yang baru saja masuk sekolah membawa bingkisan besar berbentuk kerucut bernama Schultute. Bingkisan tersebut berisi perlatan sekolah yang akan dibutuhkan siswa. Selain perlatan sekolah Schultute juga berisi bingkisan-bingkisan lain, seperti permen.

Schultute dirias dengan kado berwarna cerah yang disukai anak-anak. Pemilihan warnanya pun tidak sembarangan. Tiap pilihan warna pada Schultute mewakili karakter-karakter unik anak. Schultute diberikan untuk mengawali masa panjang sekolah dengan penuh kebahagiaan.

4. India

Educating India's Children
info gambar

Di negeri anak benua ini, perayaan hari pertama sekolah disebut sebagai hari Praveshanotshavan atau yang artinya adalah hari pertama masuk sekolah. Hari tersebut jatuh pada tanggal 1 Juni. Di hari ini, para guru memberikan hadiah kepada siswa-siswa barunya. Salah satu hadiah yang unik adalah payung. Payung diberikan untuk menghormati datangnya angin muson musiman di India.

Selain memberikan hadiah-hadiah kecil, beberapa sekolah di India juga mengadakan pawai berkeliling sekolah untuk menyambut hari pertama sekolah. Ada pula yang menyambut para siswa baru dengan pertunjukkan musik, di mana para siswa laki-laki akan memainkan drum untuk menyambut adik tingkat barunya.

Baca juga: Generasi Muda Harus Bugar, Senam Jadi Olahraga Wajib di Semua Sekolah

5. Selandia Baru

Schooling options for expats in New Zealand - New Zealand Property Guides
info gambar

Selandia Baru mengadakan upacara khas Suku Maori, yaitu upacara Powhiri, untuk menyambut para siswa baru. Upacara Powhiri diawali dengan sambutan penuh semangat para guru. Upacara lalu dilanjutkan dengan para kakak kelas yang menyambut para siswa baru dengan tarian penuh hentakkan kaki, tepuk tangan, dan berbagai gerakan penuh semangat lainnya. Tarian ini dilakukan untuk menyemangati para siswa baru.

Selain tradisi-tradisi unik dari lima negara itu, tradisi hari pertama sekolah dari negara mana lagi yang Kawan tahu?

Referensi:

  • https://blog.keepcalling.com/news/first-day-of-school-traditions-around-the-world/
  • https://www.sweetescape.com/id/blog/ideas/first-day-of-school-traditions-around-the-globe
  • https://www.ruangguru.com/blog/hari-trivia-yuk-lihat-tradisi-unik-hari-pertama-sekolah-di-6-negara
  • https://www.viva.co.id/edukasi/1618644-berebut-bangku-depan-di-hari-pertama-sekolah-sejumlah-siswa-panjat-jendela
  • https://bandung.kompas.com/read/2023/07/17/185914478/demi-anaknya-duduk-paling-depan-orangtua-ikat-meja-dan-kursi?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini