Fadillah Arbi Aditama, Pebalap Muda Indonesia yang Menang di JuniorGP Barcelona 2023

Fadillah Arbi Aditama, Pebalap Muda Indonesia yang Menang di JuniorGP Barcelona 2023
info gambar utama

Inilah profil Fadillah Arbi Aditama sang pebalap Indonesia yang berhasil memenangi JuniorGP Barcelona.

Nama Fadillah Arbi Aditama belakangan ini menjadi sorotan para pecinta balap motor Tanah Air. Maklum saja, JuniorGP yang dimenanginya adalah ajang bergengsi di bawah naungan Fédération Internationale de Motocyclisme alias FIM.

Dalam seri kelima JuniorGP 2023 di Sirkuit Catalunya, Barcelona (16/7/2023), Arbi menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 27 menit 52,626 detik. Selepas balapan, Arbi pub menyampaikan rasa syukurnya atas hasil apik yang berhasil diraih.

"History made today! Alhamdulillah got my first ever podium. First ever win in my life." tulisnya di akun Instagram miliknya.

Perbedaan MotoGP dan WSBK, Dua Kejuaraan Balap Motor Tingkat Dunia

Profil Fadillah Arbi Aditama

Arbi adalah pebalap asal Purworejo, Jawa Tengah yang lahir pada 14 Juli 2005. Saat memenangi JuniorGP Barcelona, usianya menginjak 18 tahun.

Di JuniorGP 2023, Arbi tergabung dengan tim Astra Honda Racing Team. Ternyata, Arbi memang bisa dibilang adalah pebalal binaan Honda. Laman resmi Astra Honda Motor mencatat bahwa ia pernah dilatih di Astra Honda Racing School (AHRS) pada tahun 2017. Saat itu, ia mengaspal menggunakan motor Honda CBR250RR.

Sebelum tampil di JuniorGP, Arbi telah lebih dulu merasakan beraksi di ajang lain, salah satunya yakni Asia Talent Cup (ATC). Ia sudah terdaftar sejak 2020, namun batal tampil karena balapan ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Tahun 2021, ATC kembali digelar dan Arbi akhirnya bisa beraksi. Meski itu adalah penampilan perdananya, Arbi langsung bisa tampil ciamik. Ia pernah menjadi salah satu pebalap tercepat dalam sesi tes dan kualifikasi, meski pernah juga harus merasakan terjatuh.

Tahun 2023 ini adalah debut Arbi di JuniorGP. Ia menjadi penerus pebap Indonesia sebelumnya yang berkala di sana bersama Astra Honda Racing Team, Mario Aji.

Untuk diketahui, Mario Aji berlaga di JuniorGP hingga 2021. Kini, ia sudah naik level dan tampil di ajang Moto3 bersama Honda Team Asia.

Kini setelah menang di Barcelona, Arbi masih ditunggu tantangan lain di JuniorGP 2023. Masih ada dua balapan lagi yang harus dihadapi, yakni di Aragon yang dijadwalkan dihelat pada 8 Oktober dan Valencia pada 5 November mendatang.

Ini juga berarti masih ada kesempatan bagi Arbi untuk mendulang poin lebih banyak dan mendongkrak posisinya di klasemen. Ia masih berada di papan tengah sementara posisi teratas ditempati oleh pebalap Honda asal Spanyol, Angel Piqueras.

Merek Helm Buatan Indonesia yang Dipakai dalam Ajang Balap Bergengsi Dunia

Referensi:



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini