Transformasi Situ Bagendit: Dari Kisah Ibu-ibu Pelit hingga Jadi Tempat Wisata Kelas Dunia

Transformasi Situ Bagendit: Dari Kisah Ibu-ibu Pelit hingga Jadi Tempat Wisata Kelas Dunia
info gambar utama

Situ Bagendit kini bertransformasi. Konon tercipta karena ibu-ibu pelit, kini bersolek menjadi tempat wisata kelas dunia nan cantik.

Situ Bagendit adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. Tempat ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Garut yang ramai dikunjungi karena pemandangan alamnya yang begitu indah.

Masyarakat Garut punya cerita rakyat yang mengisahkan asal-usul terciptanya Situ Bagendit. Konon munculnya danau ini bermula dari keberadaan seorang perempuan bernama Nyai Endit.

Seperti dicatat laman Indonesia.go.id, Nyai Endit adalah tengkulak yang kaya raya, namun pelitnya bukan main. Sampai suatu hari, ia sedang menggelar pesta di tengah musim paceklik. Lalu, datang seorang pengemis tua kelaparan meminta makanan yang kemudian malah diusir oleh Nyai Endir.

Setelah kejadian itu, ditemukan ada sebatang lidi menancap di jalan desa. Namun anehnya, tak ada yang mampu memcabutnya. Si pengemis tua kemudian datang lagi dan mencabut lidi tersebut. Dari lubang bekas lidi ditancapkan, keluar semburan air yang begitu deras.

Air terus menyembur deras tanpa henti hingga menenggelamkan kawasan sekitarnya. Pada akhirnya, terbentuklah Situ Bagendit.

Asyiknya Situ Cangkuang Menarik Perhatian Wisatawan di Garut, Ada Apa di Sana?

Menuju Tempat Wisata Kelas Dunia

Situ Bagendit yang selama ini menjadi tujuan wisata di Garut kini bersalin rupa. Belum lama ini, Situ Bagendit selesai direvitalisasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Revitalisasi Situ Bagendit dilakukan pemerintah sebagai upaya pengembangan destinasi wisata. Dengan infrastruktur yang semakin mumpuni, diharapkan Situ Bagendit bisa semakin menarik minat wisatawan untuk datang.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti diwartakan laman resmi Kementerian PUPR.

Revitalisasi Situ Bagendit memakan biaya Rp87,73 miliar yang bersumber dari APBN. Proyeknya dilaksanakan di atas lahan seluas 2,8 hektare yang terbagi menjadi enam zona, yakni Zona 1 untuk wisata publik, Zona 2 area kuliner, Zona 3 area green school, Zona 4 area komersil, Zona 5 area water sport, dan Zona 6 area masjid serta konservasi.

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) maupun oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan meresmikan wajah baru Situ Bagendit pada Agustus 2023. Tak perlu khawatir tiket masuknya mahal, karena harganya cuma Rp10 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak.

Merawat Mitos untuk Lestarikan Alam dan Ekosistem Situ Cisanti

Referensi:

  • https://indonesia.go.id/kategori/pariwisata/5240/situ-begendit-yang-tak-lagi-pelit?lang=1
  • https://pu.go.id/berita/kementerian-pupr-selesaikan-revitalisasi-situ-bagendit-ikon-pariwisata-baru-di-garut

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini