Kholidin, Penjual Bubur yang Jadi Wakil Indonesia di Paralimpiade Paris 2024

Kholidin, Penjual Bubur yang Jadi Wakil Indonesia di Paralimpiade Paris 2024
info gambar utama

Indonesia dipastikan berhak mengirim tiga atlet para-panahan dari dua nomor ke Paralimpiade Paris 2024. Salah satu atlet tersebut adalah Kholidin.

Kholidin bersama Setiawan bakal tampil di nomor recurve men. Kemudian ada pula Ken Swagumilang di nomor compound men.

Ketiganya berhak ke Paralimpiade Paris 2024 setelah tampil ciamik dalam Kejuaraan Dunia Para-Panahan di Pilsen, Republik Ceska, pada 17-23 Juli 2023. Untuk Kholidin sendiri, ia berhasil menempati peringkat enam dunia dan tiga Asia.

Frank Wormuth, Pelatih Jebolan Liga Jerman dan Belanda yang Gabung Timnas U-17 Indonesia

Profil Kholidin

Nama Kholidin tidaklah asing di dunia panahan. Ia sudah lama malang melintang di dunia olahraga satu ini hingga berkali-kali berlaga mewakili Indonesia di pentas dunia.

Seperti dicatat Antaranews, Kholidin mulai menggeluti panahan sejak 2016. Namun, ia tak langsung bermain di Para-Panahan karena fisiknya saat itu masih lengkap.

Tak butuh waktu lama, Kholidin mulai mengikuti berbagai lomba panahan. Hingga suatu hari pada 2027, ia mengalami insiden jatuh dari pohon yang dampaknya fatal hingga membuat tangan kanannya harus diamputasi. Setelah kejadian itu, Kholidin tetap aktif di panahan, namun kini dengan tak lagi menarik busur menggunakan tangan, melainkan gigi.

Selain menjadi atlet, Kholidin juga diketahui memiliki profesi lain, yak berjualan bubur. Diketahui, ia biasa menjual bubur di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Kholidin sudah menjadi pedagang bubur jauh sebelum terjun di olahraga panahan. Kendati demikian, menjalani peran ganda sebagai atlet sekaligus pedagang tak membuatnya setengah-setengah dalam meraih prestasi.

Sebelum lolos ke Paralimpiade Paris 2024, Kholidin telah meraih berbagai prestasi internasional. Misalnya, ia meraih masing-masing satu medali emas, perak, dan perunggu di ASEAN Para Games 2022 di Solo. Sayangnya, pada 2023 ini ASEAN Para Games yang digelar di Kamboja tidak mempertandingkan para-panahan sehingga Kholidin belum berkesempatan untuk mengulang suksesnya lagi.

Kini, Kholidin dihadapkan tantangan untuk membuktikan diri di level tertinggi lewat Paralimpiade Paris 2024. Ia pun mengaku sangat senang atas pencapaiannya itu.

“Saya sangat senang bisa lolos dan membawa nama Indonesia melaju ke Paralimpiade 2024. Banyak pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari kejuaraan ini,” kata Kholidin seperti diwartakan RRI.

Jika berhasil mempersembahkan medali di Paris tahun depan, maka Kholidin akan mencetak sejarah di para-panahan. Sebab, Indonesia tercatat belum pernah mendapatkannya. Indonesia bahkan baru sekali pernah berlaga di cabang para-panahan Paralimpiade, yakni pada 1976 di Kanada.

Fadillah Arbi Aditama, Pebalap Muda Indonesia yang Menang di JuniorGP Barcelona 2023

Referensi:

  • https://www.rri.go.id/papua-barat/olimpik/293484/tiga-atlet-para-panahan-indonesia-lolos-ke-paralimpiade-2024
  • https://jateng.antaranews.com/berita/458941/kholidin-tukang-bubur-yang-tak-menyerah-terus-memanah



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini