Frank Wormuth, Pelatih Jebolan Liga Jerman dan Belanda yang Gabung Timnas U-17 Indonesia

Frank Wormuth, Pelatih Jebolan Liga Jerman dan Belanda yang Gabung Timnas U-17 Indonesia
info gambar utama

Frank Wormuth adalah konsultan pelatih yang baru saja diangkat menjadi konsultan pelatih Timnas U-17 Indonesia. Ia merupakan praktisi sepak bola jebolan Liga Jerman dan Belanda.

Diangkatnya Wormuth menjadi pelatih Timnas U-17 Indonesia diumumkan PSSI melalui kanal media resminya pada Senin (23/7/2023) lalu. Ia bakal dilibatkan dalam persiapan tim menuju Piala Dunia U-17 2023.

"Kami sudah menetapkan Frank Wormuth menjadi konsultan pelatih yang akan mendampingi coach Bima Sakti. Kontrak pertama ini untuk jangka waktu 4 bulan, hingga ajang FIFA World Cup U-17. Kita akan lihat, bagaimana kolaborasi keduanya dalam membangun timnas Garuda Muda ini," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir seperti dilansir laman resmi PSSI.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan mengikuti Piala Dunia U-17 2023 sebagai tuan rumah pada November hingga Desember mendatang. Untuk itu, Wormuth dikontrak selama empat bulan untuk membantu Pelatih Kepala Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti.

Rafli Mursalim, Alumni Timnas U-19 Indonesia yang Kini Merumput di Liga Kamboja

Profil Frank Wormuth

Wormuth adalah pelatih sepak bola asal Jerman yang lahir di Berlin pada 13 September 1960. Seperti banyak pelatih lainnya, karier sepak bolanya dimulai dari menjadi pemain.

Berdasarkan catatan yang dipublikasikan PSSI, kiprah bermain Wormuth dimulai dari klub Offenburger FV pada 1982. Setelahnya, ia berpindah-pindah klub, di antaranya SC Freiburg dan Hertha Berlin.

Wormuth berhenti bermain pada 1999. Setelahnya, ia beralih menjadi pelatih dan telah berpengalaman membesut beberapa klub di negara asalnya, seperti Union Berlin dan VfR Aalen. Selain itu, Wormuth juga pernah melatih Timnas U-20 Jerman pada 2010 hingga 2016.

Tak hanya di Jerman, Wormuth juga pernah melatih di Belanda. Di Negeri Kincir Angin itu, ia pernah melatih dua klub, yakni Heracles Almelo dan FC Groningen.

Saat melatih di Belanda, Wormuth mendapat pengalaman melatih klub di kompetisi papan atas. Heracles Almelo dan FC Groningen memang bermain di Eredivisie yang merupakan liga level tertinggi dalam piramida sepak bola Belanda. Ini berbeda dengan saat di Jerman di mana Wormuth banyak mendampingi klub besutannya di kompetisi level bawah.

Pengalaman melatih Wormuth jelas segudang. Namun, ternyata bukan itu saja yang membuat reputasinya sebagai pelatih menjadi ciamik. Ia sudah mengantongi lisensi UEFA Pro sekaligus pernah menjadi pengajar di kursus kepelatihan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) yang tentunya membuktikan bahwa kemampuan melatihnya sungguh mumpuni.

Claudia Scheunemann, Pesepak Bola 14 Tahun yang Jadi Mesin Gol Timnas Putri U-19 Indonesia

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/ketua-pssi-tetapkan-frank-wormuth-jadi-konsultan-pelatih-timnas-u-17-1

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini