Rafli Mursalim, Alumni Timnas U-19 Indonesia yang Kini Merumput di Liga Kamboja

Rafli Mursalim, Alumni Timnas U-19 Indonesia yang Kini Merumput di Liga Kamboja
info gambar utama

Indonesia mengekspor satu pemain sepak bola ke Liga Kamboja. Pemain itu adalah Muhammad Rafli Mursalim.

Rafli hijrah ke Liga Kamboja untuk bergabung dengan klub Nagaworld FC. Bergabungnya Rafli ke sana diumumkan oleh pihak klub melalui kanal media sosial resmi mereka pada Rabu (19/7/2023).

Nagaworld mempublikasikan foto momen saat Rafli menandatangani kontraknya. Selain itu, ditampilkan juga kostum bernomor punggung 9 yang akan digunakan Rafli musim ini.

Ini adalah kali pertama Rafli berkarier di luar negeri. Ia sebelumnya menjalani karier di Indonesia dan klub terakhir yang dibelanya adalah Gresik United. Rafli pun sudah mengucap pesan perpisahan kepada eks klubnya itu.

"Terimakasih Gresik United. Doa terbaik dari saya dan cepat kembali di mana Gresik United seharusnya berada." tulisnya di media sosial pribadinya.

Nagaworld sendiri adalah klub asal Kamboja yang berbasis di Provinsi Kampong Speu. Klub ini telah berdiri sejak tahun 2001.

Di Kamboja, Nagaworld termasuk klub papan atas. Tercatat. Nagaworld punya sejumlah gelar bergengsi di tingkat nasional, mulai dari juara liga pada tahun 2007, 2009, dan 2028, juga juara Hun Sen Cup pada 2013.

Tak hanya di Kamboja, Nagaworld juga punya nama di kancah internasional. Klub ini beberapa kali berkesempatan tampil di turnamen level Asia Tenggara. Namun, Nagaworld belum pernah bertemu dengan klub Indonesia.

Claudia Scheunemann, Pesepak Bola 14 Tahun yang Jadi Mesin Gol Timnas Putri U-19 Indonesia

Dari Timnas U-19 ke Kamboja

Rafli lahir di Tangerang pada 5 April 1999. Ia dikenal sebagai pemain dari kalangan santri karena pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Al As' Ariyah. Ia juga memulai kariernya sebagai pesepak bola dari ajang Liga Santri yang mempertemukan tim-tim pesantren dari berbagai daerah.

Nama Rafli mulai dikenal luas oleh publik sepak bola Indonesia setelah bergabung dengan Timnas U-19 Indonesia. Ia turut membawa Indonesia meraih peringkat ketiga Piala AFF U-19 pada 2017 dan 2018.

Klub profesional pertama yang menjadi tempat bermain Rafli adalah Mitra Kukar. Ia berada di klub berjuluk Naga Mekes itu pada 2018 hingga 2019.

Setelah berseragam Mitra Kukar, Rafli direkrut oleh Persija Jakarta. Sayangnya, di klub legendaris asal ibu kota itu Rafli tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain.

Selama berstatus pemain Persija pada 2020 hingga 2022, Rafli lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Tercatat, ada tiga klub yang pernah menjadi tujuan peminjaman Rafli, yakni Sulut United, Dewa United, dan PSG Pati.

Geliat RANS di Dunia Sportainment: Bukan Sekedar Konten Olahraga Selebritis



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini