Claudia Scheunemann, Pesepak Bola 14 Tahun yang Jadi Mesin Gol Timnas Putri U-19 Indonesia

Claudia Scheunemann, Pesepak Bola 14 Tahun yang Jadi Mesin Gol Timnas Putri U-19 Indonesia
info gambar utama

Inilah profil Claudia Scheunemann. Pesepak bola belia yang dikenal karena menjafi mesin gol bagi Timnas Putri U-19 Indonesia.

Nama Claudia Scheunemann jadi pembicaraan para penggemar sepak bola belakangan ini. Penyebabnya adalah aksi ciamiknya di ajang Piala AFF Putri U-19 2023.

Dalam turnamen antarnegara Asia Tenggara yang dihelat di Palembang, Sumatera Selatan pada, Claudia tampil sebagai pengisi lini serang Indonesia. Hasilnya, gelontoran gol berhasil ia cetak ke gawang lawan-lawan Indonesia. Pencapaian ini semakin istimewa karena ia masih sangat muda, baru berusia 14 tahun.

Sebagai striker, Claudia mampu menunjukkan diri sebagai pemain yang ganas di depan gawang lawan. Pada babak penyisihan grup saja, ia telah mencetak 4 gol ke gawang Kamboja, Laos, dan Timor Leste. Di semifinal, ia mencetak satu gol lagi ke gawang Thailand. Namun sayang, Indonesia kalah dan tak berhasil melaju ke final.

Torehan total 5 gol membuat Claudia mendapat gelar pencetak gol terbanyak bersama dengan pemain Vietnam, Ngoc Minh Chuyen. Tak hanya itu, ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di Piala AFF Putri U-19 2023.

Meski Tanpa Medali, Perjuangan Indonesia di Piala AFF Putri U-19 2023 Tetap Tak Sia-sia

Dari Keluarga Sepak Bola

Melihat nama belakangnya, penggemar sepak bola Indonesia mungkin tak asing. Ya, Scheunemann bukanlah nama baru di kancah bal-balan Tanah Air.

Sepak bola Indonesia mengenal sosok Timo Scheunemann, mantan pemain yang kemudian berkarier sebagai pelatih. Timo tercatat pernah melatih Timnas Putri Indonesia, Persema Malang, Persiba Balikpapan, serta menjadi Direktur Teknik Nusantara United. Ternyata, Claudia adalah keponakan dari Timo.

Claudia merupakan anak dari kakak Timo, Ralph. Menariknya, darah sepak bola Claudia justru mengalir dari sang paman, karena ayahnya tidak berkiprah di dunia sepak bola profesional. Lain dengan Timo, Ralph bekerja sebagai Direktur Pemasaran JIExpo Kemayoran.

Claudia yang lahir di Tangerang pada 24 April 2009 mengasah kemampuan sepak bolanya di Young Warrior Football Academy. Giat berlatih, perjuangan Claudia pun berbuah manis dengan dipercaya memperkuat Timnas Putri U-19 Indonesia asuhan pelatih Rudy Eka Priyambada.

"Perjuangan untuk menjadi salah satu bagian dari Timnas Wanita, sudah pasti harus mengorbankan waktu bermain, bahkan di hari libur pun harus tetap latihan. Tidak mudah memang untuk mencapai di titik itu, tetapi dengan giat berlatih dan ada kemauan, pasti disitu ada jalan," ujar Claudia seperti dilansir laman resmi PSSI.

Dengan bergabungnya Claudia di Timnas Putri U-19 Indonesia, maka kini ada dua anak di keluarga Scheunemann yang bermain sepak bola dengan seragam Garuda. Sepupu Claudia, yakni Brandon Scheunemann juga membela Timnas U-20 Indonesia di samping menjadi pemain PSIS Semarang.

Geliat RANS di Dunia Sportainment: Bukan Sekedar Konten Olahraga Selebritis

Referensi

  • https://www.pssi.org/news/darah-sepakbola-mengalir-di-tubuh-gadis-bernama-claudia-alexandra-scheunemann



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini