IKN Bakal Punya Tol Bawah Laut, Begini Progres Pembangunannya

IKN Bakal Punya Tol Bawah Laut, Begini Progres Pembangunannya
info gambar utama

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya mengungkap kabar terkini pembangunan tol beserta terowongan bawah laut atau immersed tunnel di IKN Nusantara. Sejauh ini perkembangannya masih di tahap studi kelayakan.

Dilansir dari detikFinance, Senin (31/7/2023), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa pemerintah tidak ingin mengganggu kelestarian flora dan fauna di Kalimantan Timur dalam pembangunan tol yang akan melewati Teluk Balikpapan tersebut.

Keberadaan tol bawah laut menurutnya penting karena dapat menjadi alternatif jalan menuju IKN dengan waktu tempuh hanya 30 menit. Secara keseluruhan, panjang tol menuju IKN dari Balikpapan ini sepanjang 87 km.

Beroperasi 5 tahun lagi

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian PUPR Kalimantan Timur, Reiza Setiawan mengatakan tol bawah laut menuju IKN sudah bisa dilelang dalam waktu dekat.

Meski begitu, proses perencanaan dan lelang tersebut akan memakan waktu cukup lama, hingga satu tahun karena melibatkan expert dari luar. Sementara untuk pembangunannya, tol bawah laut ini membutuhkan waktu 3,5 sampai 4 tahun. Pihaknya memperkirakan masyarakat indonesia bisa melalui tol bawah laut dalam lima tahun lagi.

Terkait referensi, Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danish H Sumadilaga menyebut konsep tol bawah laut yang menjadi referensi Indonesia adalah di Busan, Korea Selatan.

“Sebagai contoh referensi kita itu di Busan, jadi terowongan aja bukan kayak akuarium. Tetap saja kayak kita masuk terowongan, di atasnya laut. kaya kita masuk terowongan biasa. Immersed itu ita bikin di darat, kotak, kita bawa, immersed itu ditenggelamkan. Kadi terowongan bawah laut,” jelasnya.

IKN Bakal Jadi Kota Netral Karbon Pertama di Indonesia

Hanya ada 6 di dunia

Sementara ini di dunia hanya ada enam negara yang memiliki tol bawah laut, di antaranya Uni Emirat Arab, Denmark, Norwegia, China, Australia, dan Singapura. Jika Indonesia berhasil membangun tol bawah laut di IKN, maka bisa dikatakan mampu sejajar dengan negara-negara maju tersebut.

Dikutip dari Kontan.co.id, Senin (31/7/2023), Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Endra S Atma Wijaya membeberkan besar anggaran untuk menyelesaikan proyek tol bawah laut tersebut. Pihaknya mengestimasikan untuk 1 km tol akan menghabiskan biaya sekitar Rp3 triliun.

Meski demikian, tol bawah laut di IKN itu disebut lebih murah jika dibandingkan terowongan darat tol Sumbar yang dibangun oleh investor Jepang. Sebagai informasi, terowongan tol Sumbar merupakan bagian dari ruas tol Padang-Pekanbaru yang penyelesaiannya memakan Rp9 triliun.

RI Ajak Perusahaan Rusia Investasi di 12 Sektor Prioritas IKN

Referensi:

  • DetikFinance. Basuki Buka-bukaan Rencana Pembangunan Tol Bawah Laut di IKN. https://finance.detik.com/infrastruktur/d-6848282/basuki-buka-bukaan-rencana-pembangunan-tol-bawah-laut-di-ikn
  • Kontan.co.id. Akses ke IKN Bakal Dilengkapi Tol Bawah Laut. https://regional.kontan.co.id/news/akses-ke-ikn-bakal-dilengkapi-tol-bawah-laut-telan-biaya-rp-3-triliun?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini