Kebun Raya Gunung Anyar, Kebun Raya Mangrove Pertama di Indonesia

Kebun Raya Gunung Anyar, Kebun Raya Mangrove Pertama di Indonesia
info gambar utama

Indonesia akhirnya memiliki Kebun Raya Mangrove pertama untuk pelestarian mangrove. Lokasinya terletak di pesisir atau kawasan lindung Pantai Timur, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Peresmian Kebun Raya Mangrove Surabaya dilakukan pada Hari Mangrove Sedunia pada Rabu (26/7/2023) oleh Megawati Soekarnoputri, Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia dan Ketua Dewan Pengarah BRIN. Presiden Kelima RI menegaskan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati atau biodiversitas dan kelestarian plasma nutfah.

Bersumber dari Indonesia.go.id, dengan total luas 27 ha yang mencakup tiga lokasi, yaitu Mangrove Wonorejo, Mangrove Medokan Sawah, dan Mangrove Gunung Anyar, Kebun Raya Mangrove Surabaya menjadi tambahan ke-46 kebun raya di Indonesia, yang dikelola oleh BRIN, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

Jadi Kebun Raya Terbaik Nasional, Ada Apa di Kebun Raya Indrokilo Boyolali?

Miliki 57 Jenis Mangrove

Kini, di Kebun Raya Mangrove Surabaya, telah ditanam sebanyak 57 jenis mangrove. Koleksi tanaman tersebut meliputi berbagai varietas seperti api-api (Avicennia lannata), bakau hitam (Rhizophora mucronata), dan bakau merah (Rhizophora mangle), serta bakau minyak (Rhizophora apiculata), bintaro (Cerbera manghas), dan gedang-gedangan (Heliconia rostrata).

Selain itu, terdapat juga jeruju hitam (Acanthus ebracteatus), ketower (Derris trifoliata), kurma rawa (Phoenix paludosa), dan paku laut (Acrostichum aureum), serta pidada merah/bogem (Sonneratia caseolaris), waru (Hibiscus tiliaceus), dan waru laut (Thespesia populnea).

BRIN tidak hanya berkonsentrasi pada konservasi dan pencatatan secara rinci, namun juga mempersiapkan pemanfaatan biodiversitas sebagai sumber tanaman obat dan produk pangan berbasis teknologi canggih, meski saat ini baru 17 dari 57 jenis mangrove yang terdaftar di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

Sebagai objek wisata, Kebun Raya Mangrove Surabaya menawarkan wisata edukasi mangrove. Pengunjung dapat menikmati kanopi selebar 1 meter dari susunan bilah papan dan bambu sepanjang 630 meter yang membelah hutan mangrove. Juga terdapat menara pandang setinggi 12 meter, dermaga perahu, dan area piknik (picnic ground).

Wisata perahu menyusuri sungai selama 5,4 kilometer merupakan pilihan menarik untuk menyaksikan pesona hutan mangrove dan melihat 28 jenis burung penghuninya. Jembatan gantung kokoh dari kayu dan bambu sepanjang 30 meter telah dibangun untuk menyambungkan kawasan Mangrove Gunung Anyar dan Mangrove Medokan Sawah.

Fasilitas lainnya di Kebun Raya Mangrove Surabaya meliputi musala, ruang pertemuan, galeri, dan toilet. Saat ini, para pengunjung dapat menikmati fasilitas tersebut tanpa dipungut biaya, kecuali jika ingin mencoba beberapa wahana seperti susur sungai di dalam Kebun Raya Mangrove Surabaya.

Kebun Raya ITERA, Pusat Konservasi Tanaman Sumatra


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini