6 Tim Paduan Suara RI Borong Penghargaan di Kompetisi Internasional Tokyo

6 Tim Paduan Suara RI Borong Penghargaan di Kompetisi Internasional Tokyo
info gambar utama

Enam tim paduan suara Indonesia berhasil meraih juara dan penghargaan di Tokyo International Choir Competition (TICC) musim kelima. Kompetisi ini digelar oleh International Choral Organization of Tokyo (ICOT) pada 28—30 Juli 2023.

Tahun ini, TICC diikuti oleh 69 tim paduan suara dari 11 negara di dunia. Indonesia hadir dengan mengirimkan enam tim paduan suara terbaik dan semuanya sukses merebut kemenangan.

Paduan Suara Santa Angela Bandung berhasil memborong lima penghargaan sekaligus. Tiga di antaranya: Gold Prize Kategori Children Choir (Under-18), Winner of Children Choir (Under-18), Best Interpretation of Set Piece (Set Piece The Rainbow by Nakanishi Akane). Lalu, Gold Prize Kategori Folklore - Second Place of the Category, dan Grand Prix Winner of 5th TICC.

Kemudian, Paduan Suara Unpad sukses membawa pulang tiga kategori, yaitu: Gold Prize Kategori Contemporary Music, Winner Kategori Contemporary Music, dan Best Interpretation of Contemporary Music Pieces Award.

Libels Voice, paduan suara SMA 15 Surabaya, juga memenangkan tiga penghargaan antara lain: Gold Prize Kategori Contemporary Music - Third Place of the Category, Gold Prize Kategori Folklore - Third Place of the Category, serta Best Interpretation of Set Piece (Set Piece The Dreams of the Dreamer by David Walters).

Tim Penari Indonesia Boyong Emas dan Perak dalam Asia Arts Festival ke-10 2023 Singapura

Sementara itu, Paduan Suara El-Shaddai dari USU Medan meraih Silver Prize Kategori Contemporary Music dan Gold Prize Kategori Mixed Choir.

Paduan Suara Dvya Vocal Ensemble meraih Silver Prize Kategori Equal Voice, sedangkan Paduan Suara Gema Sangkakala Children Manado meraih Gold Prize Kategori Children Choir (Under-18) - Third Place of The Category dan Gold Prize Kategori Folklore Music.

“Saya sungguh bangga dan mengapresiasi capaian prestasi luar biasa dari tim-tim paduan suara Indonesia ini. Keikutsertaan Indonesia dalam kompetisi semacam ini dapat meningkatkan persahabatan antar negara," ujar Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam keterangan tertulis, Selasa (1/8/2023).

Pada kesempatan yang sama, CEO ICOT Ko Matsushita memuji performa tim paduan suara Indonesia yang luar biasa dalam kompetisi tersebut.

"Level tim paduan suara Indonesia sudah di atas rata-rata tim internasional dan selalu berhasil meraih kemenangan dalam setiap perlombaan," ucap Matsushita.

TICC merupakan bagian dari empat kompetisi World Choral Championship (WCC) yang meliputi ajang di Taipei, Rimini, dan Krakow. Sebagai pemenang Grand Prix, Paduan Suara Santa Angela akan kembali berkompetisi dalam pertarungan akhir untuk memperebutkan gelar juara WCC.

Lawan 1600 Peserta, Pelajar Indonesia Raih Medali di Olimpiade Ekonomi Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini