Melihat Beragam Manfaat Kebun Raya Mangrove Surabaya, Apa Saja?

Melihat Beragam Manfaat Kebun Raya Mangrove Surabaya, Apa Saja?
info gambar utama

Kebun raya mangrove pertama di Indonesia telah hadir di Surabaya. Apa saja manfaatnya?

Pada Rabu (26/7/202) lalu, Hutan Mangrove Gunung Anyar Surabaya diresmikan menjadi kebun raya. Momen inilah yang menandai hadirnya kebun raya mangrove pertama di Indonesia.

Laman Indonesia.go.id mencatat bahwa hutan mangrove di Gunung Anyar sudah diusulkan untuk menjadi kebun raya sejak 2017 silam. Usulan tersebut kemudian disampaikan disampaikan kepada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI yang sekarang bernama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pembangunan Kebun Raya Mangrove Surabaya dimulai pada April 2018 dan hingga akhirnya benar-benar diresmikan sebagai kebun raya pada 2023 ini.

Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki area dengan luas 27 ha yang meliputi tiga lokasi yaitu Mangrove Wonorejo, Mangrove Medokan Sawah, serta Mangrove Gunung Anyar. Di sana, setidaknya telah ada 58 jenis mangrove telah ditanam, di antaranya bakau hitam (Rhizophora mucronata), bakau merah (Rhizophora mangle), dan bakau minyak (Rhizophora apiculata).

Kebun Raya Liwa, Kebun Raya Pertama di Sumatra

Manfaat Kebun Raya Mangrove Surabaya

Untuk diketahui, Kebun Raya Mangrove Surabaya setidaknya memiliki lima fungsi. Adapun fungsi yang dimaksud adalah konservasi, penelitian, edukasi, wisata, dan jasa lingkungan.

Pemanfaatan Kebun Raya Mangrove Surabaya untuk fungsi seperti demikian sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 93 tahun 2019. Perpres tersebut menyebutkan bahwa kebun raya menjadi pusat konservasi ex-situ atau pelestarian di luar habitat aslinya, serta konservasi in-situ untuk keanekaragaman hayati.

Untuk memenuhi fungsi-fungsi tersebut, kebijakan yang relevan pun diterapkan. Misalnya, untuk saat ini masyarakat tidak dipungut biaya untuk masuk dan menikmati Kebun Raya Mangrove Surabaya. Dengan menjadikan kebun raya ini sebagai tempat wisata, diharapkan masyarakat juga bisa mendapat pengetahuan mengenai mangrove.

"Masyarakat bisa semakin tahu, juga untuk anak-anak sekolah atau pelajar, kebun raya mangrove ini sangat bisa menjadi sarana edukasi, pembelajaran bagi mereka," ujar Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti, seperti dikutip dari ANTARA.

Karena Kebun Raya Mangrove Surabaya dijadikan tempat wisata, berbagai fasilitas pendukung pun tak ketinggalan dibangun. Sejauh ini, sudah tersedia jalan akses bagi wisatawan, menara pandang setinggi 12 meter, dermaga perahu, juga arena piknik. Aneka wahana berbayar pun disiapkan seperti susur sungai.

Di sisi lain, BRIN juga telah meregistrasi 17 jenis mangrove koleksi Kebun Raya Mangrove Surabaya. Nantinya, koleksi Kebun Raya Mangrove Surabaya pun bakal dimanfaafkan sebagai bahan baku tanaman obat dan produk pangan berbasis teknologi canggih, yang mana ini terkait dengan fungsi konservasi dan penelitian.

Jadi Kebun Raya Terbaik Nasional, Ada Apa di Kebun Raya Indrokilo Boyolali?

Referensi:

  • https://indonesia.go.id/kategori/budaya/7305/indonesia-kini-miliki-kebun-raya-mangrove?lang=1
  • https://m.antaranews.com/berita/3653928/dprd-bangga-kebun-raya-mangrove-surabaya-jadi-pertama-di-indonesia



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini