Alun Alun Ciamis, Daya Tarik Taman Raflesia Ikon Kota Ciamis

Alun Alun Ciamis, Daya Tarik Taman Raflesia Ikon Kota Ciamis
info gambar utama

Alun Alun Ciamis merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di daerah Jawa Barat. Selain karena lokasinya yang mudah dijangkau, wisata yang satu ini juga sangat terkenal karena pesona keindahan lingkungan sekitarnya. Nama lain dari alun-alun Kota Ciamis ini adalah Taman Raflesia. Kenapa mendapat julukan ini? Mari cari tau jawabannya!

Kenapa Alun Alun Ciamis Disebut Sebagai Taman Raflesia?

Seperti yang disampaikan sebelumnya, alun-alun di daerah Ciamis ini memiliki nama lain yaitu Taman Raflesia. Alasannya karena bunga Raflessia Arnoldi pertama kali ditemukan di Pangandaran, yang mana dulu daerah ini masuk dalam kawasan Ciamis.

Namun saat ini Pangandaran telah memisahkan diri dari Ciamis. Sehingga pemerintah mengubah nama lain alun-alun Kota Ciamis, yang tadinya Taman Raflesia menjadi Taman Galuh Priangan. Meskipun namanya sudah diganti, sampai sekarang tetap banyak warga lokal yang menyebut alun-alun ini sebagai Taman Raflesia.

Lokasi dan Fasilitas Alun Alun Ciamis

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung, wisata alun-alun Kota Ciamis berlokasi di Desa Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Lokasi objek wisata secara spesifik bisa ditemukan dengan mudah menggunakan aplikasi Google Maps. Wisata ini bisa dikunjungi dengan berbagai jenis transportasi seperti mobil atau motor.

Perlu diketahui bahwa tiket masuk untuk berkunjung ke Taman Raflesia sepenuhnya gratis. Tetapi wisatawan tidak perlu khawatir, meskipun gratis nyatanya fasilitas di sini sangat lengkap. Di sini terdapat spot kuliner beragam, area parkir yang luas, toilet yang bersih, bahkan juga ada penginapan di sekitar kawasan alun-alun.

Selain itu Alun Alun Kota Ciamis juga menyediakan kawasan untuk bersantai dengan bangku taman yang nyaman. Setelah direvitalisasi, objek wisata yang satu ini jadi memiliki lebih banyak spot foto yang keren. Untuk pengunjung yang beragama muslim, bisa berkunjung ke Masjid Agung Ciamis yang letaknya berada di seberang alun-alun.

3 Hal Seru yang Wajib Dilakukan Saat Berkunjung ke Alun Alun Ciamis

Ketika berkunjung ke alun-alun ini, ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan. Nah, beriku beberapa hal seru yang wajib dicoba saat berkunjung ke Taman Raflesia ini.

Mencoba Wisata Kuliner di Sekitar Alun-alun

Hal pertama yang wajib dilkukan ketika berkunjung ke Taman Raflesia adalah mencoba wisata kuliner yang ada di sekitarnya. Di sini ada bermacam-macam kuliner yang tersedia, mulai dari makanan tradisional hingga kekinian.

Bermain Bersama Keluarga

Alun-alun Kota Ciamis merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Karena di sini terdapat area bermain untuk anak-anak yang sangat seru. Beberapa diantaranya adalah penyewaan mobil remot, skuter listrik, dan delman domba. Selain itu terdapat juga wahana yang seru seperti ayunan.

Sedangkan untuk para remaja dan orang dewasa, bisa duduk bersantai di kawasan yang menyediakan bangku taman. Para orang tua bisa mengawasi anak-anak ketika bermain, sambil duduk santai dan menikmati pemandangan.

Berolahraga

Selain digunakan untuk berwisata, kawasan alun-alun di Ciamis ini juga bisa digunakan untuk berolahraga. Karena di sini terdapat area yang sangat luas untuk digunakan senam, lari, atau sekedar berjalan santai. Selain itu tangga-tangga yang ada di sekitar taman juga bisa dijadikan sebagai salah satu media berolahraga.

Alun Alun Ciamis merupakan tempat yang sangat cocok untuk digunakan rekreasi bersama keluarga maupun teman terkasih. Belum ada agenda wisata untuk akhir pekan ini? Bagaimana kalau ke Taman Raflesia saja?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini