AIESEC in Unila Adakan Local Project Summer Peak 2023, Intip Keseruannya!

AIESEC in Unila Adakan Local Project Summer Peak 2023, Intip Keseruannya!
info gambar utama

AIESEC in Unila telah berhasil melaksanakan Local Project pada 3–29 Juli 2023 dengan melibatkan 80 pemuda sebagai local volunteer. Local Project adalah project social hybrid yang menyediakan pengembangan pemuda dalam program 4 minggu dengan acara physical dan virtual dalam sebuah project yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Local Project oleh AIESEC in Unila tersebut terdiri dari Mahidana 12.0 yang berfokus pada masalah lingkungan di Lampung (SDGs 12 & SDGs 13) dan Widyawiyata 12.0 yang berfokus pada masalah pendidikan di Lampung (SDGs 4).

Project ini dirancang untuk para pemuda yang ingin berperan aktif sebagai agent of change dan youth leaders untuk mengatasi permasalahan lingkungan dan pendidikan dengan berkontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

Dilema Air Singapura: Negara Maju yang Masih Mengimpor Air

Dalam Local Project SummerPeak kali ini dimulai pada tanggal 3 Juli 2023, yaitu sesi Welcoming Party untuk menyambut local volunteer yang akan mengikuti Mahidana dan Widyawiyata. Selanjutnya, kegiatan di Local Project selama dua minggu pertama yaitu sampai tanggal 15 Juli 2023 dilaksanakan secara online melalui Zoom, yaitu seminar dengan materi dan speaker yang berbeda setiap harinya.

Materi yang disampaikan pada seminar tersebut adalah tentang lingkungan untuk program Mahidana dan pendidikan untuk program Widyawiyata. Sesi online seminar tersebut juga terdiri dari sesi tanya jawab dan sesi diskusi sesama local volunteer.

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Local Project juga memberikan kesempatan bagi para partisipan nya untuk mendapatkan relasi secara lokal dan internasional. Pada tanggal 8 Juli 2023, terdapat sesi untuk menyambut para internasional buddy. International buddy tersebut merupakan para volunteer yang berasal dari berbagai negara yang akan menjadi partner dari local volunteer. Sehingga nantinya, setiap local volunteer memiliki internasional buddy yang akan menjadi partner mereka selama dua minggu untuk mengerjakan tugas kolaborasi dengan internasional buddy.

Memasuki minggu ketiga dan keempat, kegiatan di Local Project dilakukan secara offline. Namun, pada hari pertama di minggu ketiga, sesi di Mahidana masih dilaksanakan secara online, yaitu dengan sesi materi tentang lingkungan di Jepang yang disampaikan oleh salah satu anggota AIESEC dari Jepang.

Partisipan dari Kata Gaia Local Project Universitas Padjadjaran juga bergabung pada sesi tersebut. Sementara itu, di Widyawiyata sudah memulai kegiatan offline dengan sesi mengenai penjelasan dan diskusi tentang apa yang akan mereka lakukan pada sesi offline di dua minggu kedepan.

Pada minggu ketiga, sesi kegiatan para partisipan Widyawiyata dimulai dengan penjelasan dan diskusi mengenai apa yang akan mereka lakukan pada sesi offline di dua minggu kedepan. Selanjutnya, mereka melakukan kegiatan School Exhibition pada tanggal 20–21 Juli 2023, pada School Exhibition hari pertama, para local volunteer mengajar anak-anak di TK mengenai rambu lalu lintas dan bertemu dengan buddy yang merupakan internationalpartner melalui zoom meeting untuk saling mengenal budaya masing-masing.

Embung Gumeleng di Magelang Dibangun, Akan Jadi Tempat Konservasi Air dan Wisata

Di School Exhibition hari kedua, para local volunteer mengajar anak-anak TK mengenai alphabet dan berkesempatan untuk bertemu langsung dengan exchange student. Selanjutnya pada 23 Juli 2023, local volunteer Widyawiyata berkunjung ke Busa Pustaka untuk mengajar anak-anak sekaligus merayakan hari anak nasional bersama mereka. Di beberapa sesi offline Widyawiyata, terdapat mahasiswa asing yang menjadi facilitator.

Sementara itu, kegiatan offline Mahidana di minggu ketiga diisi dengan sesi offline untuk mempersiapkan green campaign dan juga sesi-sesi dengan speaker yang memberikan materi. Materi dan speaker berbeda di setiap harinya, seperti Kak Adi Sarwono (Busa Pustaka) dan Azizah Sefta Soleha (Ruang Pangan).

Pada 23 Juli 2023, Mahidana melakukan green campaign di CFD tugu Adipura Bandar Lampung untuk memberikan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan awareness tentang lingkungan kepada masyarakat yang ada di sana dan membagikan kurang lebih 150 bibit alpukat kepada masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

Salah satu program yang dijalankan | Dokumentasi Pribadi
info gambar

Pada tanggal 22 Juli 2023, local volunteer dari Local Project dan internasional buddy menghadiri BuddyFarewell & Awarding Party secara online. Di sesi ini, local volunteer dan international buddy menampilkan sesuatu untuk perpisahan dan memberikan kesan pesan selama mengikuti kegiatan edubuddy dan envirobuddy program dari Local Project.

Kegiatan offline Widyawiyata di minggu keempat dimulai dengan mengunjungi panti asuhan untuk mengajar anak-anak berbahasa Inggris yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juli 2023. Keesokan harinya mereka mengunjungi Growing Hope & SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi untuk mendampingi dan memahami anak berkebutuhan dengan kegiatan berkreasi menggunakan totebag dan drama musikal.

Local volunteer Widyawiyata juga melakukan campaign mengenai SDGs 4 dengan tujuan menyebarkan kesadaran akan pentingnya masalah pendidikan di PKOR Way Halim pada 28 Juli 2023.

Sementara itu, Mahidana di minggu keempat melaksanakan kegiatan offline, yaitu Beach Clean Up untuk berkontribusi membersihkan Pantai Gracia, Lampung. Hari selanjutnya para local volunteer melakukan share and care yaitu pemberian edukasi mengenai lingkungan kepada para anak-anak di rumah yatim.

Jelang World Water Forum, Kementrian PUPR Cari Solusi Atasi Krisis Air Bersih 2025

Pada minggu keempat juga terdapat sesi offline bersama dengan speaker yang memberikan materi bersama dengan Ahmad Khairudin Syam dari Bank Sampah Emak ID. Ada juga sesi belajar memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai jual bersama Dahlia dari Rumah Kreatif Ibu Dahlia.

Terdapat Final Project untuk Mahidana dan Widyawiyata yang dilaksanakan pada 27 Juli 2023. Local volunteer Widyawiyata mengunjungi SDN 5 Teluk Pandan, yaitu sekolah dengan literasi bahasa Inggris yang masih rendah. Mereka mengajar anak-anak di sekolah tersebut tentang perkenalan dalam bahasa inggris dan belajar memperkenalkan daerah eco-wisata mangrove mereka kepada mahasiswa asing. Sementara itu, local volunteer Mahidana melakukan aksi menanam lebih dari 1000 mangrove bersama di Mangrove CukuNyiNyi.

Penanaman bibit pohon mangrove | Dokumentasi Pribadi
info gambar

Local Project Summer Peak 2023 diakhiri dengan Farewell & Awarding Party. Sesi ini merupakan acara perpisahan, memberikan kesan pesan selama mengikuti local project, dan terdapat pemberian apresiasi kepada para partisipan yang memenangkan nominasi berdasarkan performa para local volunteer selama mengikuti Local Project.

Local Project AIESEC in Unila memberikan pengalaman bagi pemuda untuk menciptakan dampak di masyarakat dan memperkenalkan mereka pada konsep pengembangan kepemimpinan. Mahidana hadir sebagai solusi dari permasalahan sampah yang tidak dikelola dengan baik. Dampaknya yang dapat menyebabkan permasalahan-permasalahan lain bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi dan kesadaran terkait pentingnya hidup berkelanjutan (Sustainable Lifestyle). Widyawiyata hadir sebagai solusi rendahnya peringkat pendidikan literasi akibat kurangnya kesadaran literasi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini