Menyambut Bangkitnya Olahraga Senam di Indonesia

Menyambut Bangkitnya Olahraga Senam di Indonesia
info gambar utama

Tahun ini, ada kabar besar terkait olahraga senam. Saatnya menyambut bangkitnya senam di Indonesia?

Senam adalah olahraga yang sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Senam bahkan sudah masuk sejak era kolonial Belanda.

Mochammad Asmawi dalam Bunga Rampai Desain Besar Olahraga Nasional menuju Indonesia Emas mencatat bahwa senam masuk ke Indonesia pada 1912 lewat institusi pendidikan yang memperkenalkan pendidikan jasmani. Saat itu, senam diajarkan menggunakan sistem Jerman, yang kemudian diganti menjadi sistem Swedia.

Setelah Indonesia merdeka, dunia senam Tanah Air semakin berkembang, yang utamanya ditandai dengan berdirinya induk olahraga senam yang bernama Persatuan Senam Indonesia alias PERSANI. Organisasi ini didirikan pada 14 Juli 1963. Senam juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan dalam Pesta Olahraga Negara-Negara Berkembang atau Games of New Emerging Forces (GANEFO).

Berdiri Sejak 1951, PRSI Bertransformasi Menjadi Akuatik Indonesia

Menyambut Bangkitnya Senam Indonesia

Olahraga senam mendapat perhatian besar pada 2023 ini. Setelah jadi olahraga wajib di sekolah, Indonesia berpeluang menggelar Kejuaraan Dunia Senam Artistik.

Bagi masyarakat Indonesia, senam bukanlah olahraga yang asing. Adanya orang-orang yang melakukan senam bersama di area terbuka sambil diiringi musik bahkan adalah pemandangan yang lazim ditemui, terutama saat akhir pekan tiba.

Beberapa waktu lalu, senam menjadi ramai dibicarakan. Sebabnya, senam kembali bakal dihidupkan lagi di lingkungan pendidikan. Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo berencana mewajibkan senam alias gymnastics dilakukan di sekolah.

Wajibnya olahraga senam ditargetkan berlaku untuk diseluruh tingkat pendidikan mulai akhir tahun ini. Bukan tanpa alasan, senam diharapkan bisa membantu pembentukan fisik dan karakter seluruh cabang olahraga.

"Karena Gymnastics sebagai salah satu mother of sport dalam rangka pembentukan fisik dan karakter generasi masa kini dan generasi muda kita ke depannya di semua cabang olahraga," ujar Menpora seperti diwartakan laman resmi Kemenpora.

Di samping meramaikan lagi olahraga senam di kalangan siswa sekolah, Indonesia juga berpeluang untuk membuat gebrakan di kancah senam profesional. Baru-baru ini, Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam Artistik 2025.

Permintaan itu disampaikan oleh Presiden Federation Internationale de Gymnastique (FIG) Morinari Watanabe. Secara langsung, Watanabe pun sudah berbicara dan memberikan proposal event kepada Menpora.

"Kami meminta kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah World Championship (artistik) pada 2025," kata Watanabe melalui keterangan tertulis, seperti dikutip dari ANTARA.

Menpora pun menyambut gembira tawaran tersebut, pun demikian Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati yang berharap pemerintah mendukung agar Kejuaraan Dunia Senam Artistik bisa terselenggara di Indonesia.

Bersama Timnas Voli Putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah Bersinar di SEA V League 2023

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/3828/menpora-dito-beri-semangat-atlet-junior-kejuaraan-indonesia-gymnastics-open-ke-2-tahun-2023
  • https://m.antaranews.com/berita/3677421/presiden-fig-minta-indonesia-jadi-tuan-rumah-kejuaraan-dunia-senam
  • Asmawi, M. (2022) Bunga Rampai Desain Besar Olahraga Nasional menuju Indonesia Emas. Bantul: Jejak Pustaka.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini