Bersama Timnas Voli Putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah Bersinar di SEA V League 2023

Bersama Timnas Voli Putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah Bersinar di SEA V League 2023
info gambar utama

Timnas Voli Putri Indonesia telah menuntaskan putaran pertama SEA V League 2023. Wilda Siti Nurfadhilah jadi pemain yang paling bersinar.

Indonesia ikut serta dalam putaran pertama SEA V League 2023 yang digelar di Vĩnh Phúc, Vietnam pada 4 hingga 6 Agustus 2023. Ajang tersebut mempertemukan empat negara yang bertanding satu sama lain untuk memperebutkan gelar juara, yakni Indonesia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Sepanjang turnamen, Indonesia mencatatkan kekalahan 0-3 dan 1-3 dari Thailand dan Vietnam, serta kemenangan 3-0 atas Filipina. Hasil itu membuat Indonesia menempati peringkat ketiga di bawah Thailand dan Vietnam.

Meski tidak juara, namun Indonesia punya pemain yang mampu tampil cemerlang. Ia adalah Wilda Siti Nurfadhilah.

Atas penampilan cemerlangnya, Wilda yang juga merupakan kapten tim Indonesia mendapat penghargaan sebagai middle blocker terbaik. Untuk diketahui, ada dua pemain yang menerima penghargaan ini, yang mana satu lagi adalah Thatdao Nuekjang dari Thailand.

Indonesia Kalahkan Korsel di Kejuaraan Dunia Panahan 2023, Mengapa Itu Begitu Spesial?

Pembuktian di Level Nasional dan Internasional

Penghargaan middle blocker terbaik SEA V League 2023 adalah salah satu pembuktian akan kualitas Wilda di kancah bola voli. Tidak hanya nasional, namun juga internasional.

Wilda yang lahir pada 7 Februari 1995 telah terjun di dunia voli nasional sejak 2010. Selama berkutat di bola voli pula, berbagai penghargaan telah diraihnya, termasuk yang didapat secara individu.

Di level nasional, Wilda telah membuktikan kualitasnya sejak 2015 saat menjadi blocker terbaik di Proliga 2015. Bernaung di klub Jakarta Elektrik PLN, penghargaan yang sama pun kembali didapatnya pada tahun berikutnya.

Di level internasional, Wilda juga pernah menjadi middle blocker terbaik saat mengikuti VTV Cup 2017. Dalam ajang tersebut, Wilda memperkuat tim Indonesia menghadapi 6 tim Asia. Hasilnya, Indonesia menempati peringkat kedua setelah kalah dari Jepang U-23 di final.

Pada 2019, Wilda yang pindah ke Jakarta PGN Popsivo Polwan lagi-lagi mendapat penghargaan individu di Proliga. Namun bukan blocker terbaik, melainkan spiker terbaik.

Selepas 2019, Wilda absen berkompetisi karena Proliga ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Saat digulirkan kembali pada 2022, Wilda yang memperkuat Bandung bjb Tandamata melanjutkan pembuktiannya dengan kembali diberi penghargaan blocker terbaik.

Hal menarik terjadi di Proliga 2023 Wilda tidak mendapat gelar pemain terbaik meski membawa klubnya juara. Namun, ia justru menjadi middle blocker terbaik di Asia Tenggara lewat SEA V League 2023.

Di Proliga 2023, gelar blocker terbaik didapat oleh Myrasuci Indriani dari klub Jakarta BIN. Wilda dan Myrasuci pun sama-sama dipanggil memperkuat Indonesia di SEA V League 2023, namun Wilda mampu tampil yang paling menonjol sebagai middle blocker.

Kini, perjuangan Wilda belum usai meski sudah sah menjadi middle blocker paling top di Asia Tenggara. Bersama Indonesia, ia masih harus berlaga di putaran kedua SEA V League 2023 yang dijadwalkan digelar di Chiang Mai, Thailand pada 11 hingga 13 Augustus 2023.

Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia

Referensi:

  • https://m.antaranews.com/berita/3669858/wilda-siti-fadhilah-sabet-middle-blocker-terbaik-sea-v-league-2023
  • https://kepri.antaranews.com/berita/151932/polemik-gelar-individu-pemain-direktur-proliga-beri-jawaban



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini