Pemerintah Anggarkan Rp422,7 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur 2024

Pemerintah Anggarkan Rp422,7 Triliun untuk Pembangunan Infrastruktur 2024
info gambar utama

Presiden Joko Widodo meneruskan program pembangunan di akhir masa kepemimpinannya. Dia mengumumkan, pemerintah akan mengalokasikan anggaran infrastruktur sebesar Rp422,7 triliun pada 2024. Nilai tersebut lebih tinggi dari anggaran infrastruktur tahun ini, yaitu Rp392 triliun.

"Untuk mendorong produktivitas, mobilitas, dan konektivitas, serta pemerataan yang berkeadilan, anggaran infrastruktur dialokasikan sebesar Rp 422,7 triliun," kata Jokowi dalam Pidato Pengantar RAPBN 2024 dan Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Menurut keterangan Jokowi, anggaran itu bakal digelontorkan untuk enam tujuan utama antara lain: penguatan penyediaan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas.

Kantongi Rp11 Triliun, PUPR Bangun Infrastruktur di 4 Provinsi Baru Papua

Tak hanya itu, dana tersebut siap dicairkan untuk peningkatan jaringan irigasi melalui pembangunan bendungan, aluran irigasi primer, sekunder, dan tersier. Kemudian, penyediaan infrastruktur di bidang energi dan pangan yang terjangkau, andal, berkelanjutan. Ditambah pemerataan akses teknologi Informasi dan Komunikasi, serta mendukung proyek-proyek strategis, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Di samping itu, Jokowi dalam pidatonya juga mengungkapkan bahwa akselerasi pembangunan infrastruktur ditempuh dengan bauran skema pendanaan, melalui sinergi pembiayaan investasi, belanja kementerian atau lembaga, serta peningkatan peran swasta.

"Untuk itu, pemerintah terus mendorong pengembangan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha yang lebih masif dan berkelanjutan," pungkas Jokowi.

Anggaran Bertambah Rp8 Triliun, Bansos Beras Lanjut sampai Akhir 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini