Kantongi Rp11 Triliun, PUPR Bangun Infrastruktur di 4 Provinsi Baru Papua

Kantongi Rp11 Triliun, PUPR Bangun Infrastruktur di 4 Provinsi Baru Papua
info gambar utama

Kementerian PUPR akan membangun infrastruktur di empat daerah otonomi baru (DOB) Pulau Papua, di antaranya: Provinsi Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah. Pembangunan ini tergabung ke dalam proyek infrastruktur prioritas pada 2024.

"Tahun ini kami juga diharuskan bangun (infrastruktur) di DOB baru Papua. Di Nabire, Wamena, Sorong dan Merauke," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (26/7/2023), dikutip dari ANTARA.

Basuki telah mengantongi pagu anggaran sebesar Rp11 triliun yang dibagi dua, Rp3 triliun pada 2023 dan Rp8 triliun pada 2024.

"Anggaran programnya Rp11 triliun tahun ini, karena sudah pertengahan tahun, di tahun ini Rp3 triliun, tahun depan Rp8 triliun," imbuhnya.

Dalam proyek infrastruktur prioritas di Papua ini, kata Basuki, dirinya ditugaskan untuk membangun kompleks perkantoran gubernur, akses jalan dari bandara ke kantor gubernur, perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN), dan fasilitas air bersih.

Mengapa Ibu Kota RI Tak Pindah ke Papua? Ini Jawaban Jokowi

Secara keseluruhan, Kementerian PUPR menerima pagu anggaran 2024 sebesar Rp138,39 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun proyek infrastruktur prioritas nasional serta sarana dan prasarana tambahan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tadinya Rp128 triliun sesuai surat yang kemarin, hari ini diputuskan Rp138,39 untuk tambahan-tambahan di IKN seperti airport VVIP, infrastruktur prioritas, pasar-pasar yang beliau (Presiden Joko Widodo) kunjungan kerja, ada sekitar 32 pasar, terus renovasi 22 stadion," tutur Basuki.

Menurutnya, proyek renovasi pasar-pasar tradisional dan 22 stadion se-Indonesia, harus rampung pada 2024.

"Renovasi 22 stadion (anggarannya) Rp1,9 triliun," tambahnya.

Sementara itu, lanjut Basuki, di IKN PUPR hanya akan membangun sarana dan prasarana tambahan di Bandara VVIP, yang mencakup fasilitas airstrip, taxi, dan runway. Untuk pembangunan terminal bandara, akan dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan RI.

Ada Dua Proyek Strategis Nasional Baru di Papua Barat, Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini