Ada Dua Proyek Strategis Nasional Baru di Papua Barat, Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga

Ada Dua Proyek Strategis Nasional Baru di Papua Barat, Bantu Tingkatkan Perekonomian Warga
info gambar utama

Dalam rencana pembangunan tahun 2023-2024, ada dua Proyek Strategis Nional yang akan dikerjakan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Proyek pertama adalah pembangunan Pasar Sanggeng, yang merupakan pasar tertua di Kabupaten Manokwari dengan luas lahan 27.809 m2.

Pasar ini mengalami kebakaran pada tahun 2018, dan pada tahun 2023 direncanakan akan direkonstruksi dengan bangunan yang sesuai standar serta tata kelola yang baik. Tujuan dari pembangunan Pasar Sanggeng ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah Manokwari.

Terkait dengan konsepnya, pasar ini nantinya akan menggunakan desain green building. Sehingga ramah lingkungan tetapi tetap memberikan kenyamanan bagi para pedagang dan pengunjung.

"Mengacu pada Pasar Pon di Trenggalek. Bagian tengah bangunan pasar juga akan dibuka agar arus sirkulasi udara dan cahaya bisa masuk," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti saat kunjungan Wakil Presiden Ma'aruf Amin di Hotel Aston Niu Manokwari, Sabtu (15/7/2023) sebagaimana dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Pasar Sanggeng yang akan dibangun terdiri dari tiga lantai dan akan dapat menampung 394 unit kios serta 1.016 unit los. Selain itu, proyek ini juga akan dilengkapi dengan tempat parkir dan ruang terbuka hijau. Menurut Diana, pembangunan pasar ini diharapkan dapat dimulai pada bulan Agustus ini dan diperkirakan akan selesai dalam waktu 11 bulan, yaitu pada bulan Juli 2024.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan melakukan penataan kembali Kawasan Arena Publik Borarsi. Proyek ini bertujuan untuk memperbarui dan memperindah kawasan publik tersebut agar dapat memberikan fasilitas yang nyaman dan memadai bagi masyarakat.

Ada 3 Proyek Wisata Baru di KEK Mandalika, Apa Saja?

Kawasan Arena Publik Borarsi merupakan area terbuka yang direncanakan akan ditata ulang menjadi ruang publik yang representatif. Tujuannya adalah agar kawasan ini dapat digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, kegiatan sosial, budaya, ekonomi, keagamaan, dan olahraga bagi masyarakat Manokwari dan sekitarnya.

"Di kawasan ini akan dibangun pusat UMKM dan di bagian tengahnya akan ada semacam aula atau lapangan. Sedangkan bagian kanan dan kirinya bisa dipakai untuk kegiatan masyarakat lainnya," tutur Diana.

Kawasan Arena Publik Borarsi akan dibangun pada lahan seluas 23.752 m2 dengan luas bangunan utama 4.903,71 m2. Pekerjaan konstruksinya akan dimulai segera pada Juli ini setelah pembebasan lahan oleh pemerintah daerah selesai dan ditargetkan selesai pada tahun 2024.

Dengan penataan kembali Kawasan Arena Publik Borarsi, diharapkan akan tercipta lingkungan yang lebih baik dan berdaya guna bagi kegiatan sosial dan ekonomi di Kabupaten Manokwari.

Pemerintah Terus Kebut Pembangunan Proyek Strategis Nasional, Apa Buktinya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini