Dari Negara Tetangga hingga China, Penggunaan QRIS Makin Mendunia

Dari Negara Tetangga hingga China, Penggunaan QRIS Makin Mendunia
info gambar utama

Bank Indonesia mengungkapan transaksi lintas negara menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sudah cukup tinggi. Layanan transaksi QRIS lintas negara saat ini sudah terkoneksi dengan negara tetangga, yakni Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Jumat (18/8), selama riset hingga akhir 2022, transaksi QRIS orang Indonesia di Thailand mencapai 14.555 kali atau sekitar Rp8,54 miliar. Sementara transaksi QRIS orang Thailand yang berada di Indonesia, hanya 492 kali atau Rp114 juta.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Dicky Kartikoyono menyebut bahwa transaksi QRIS dengan Malaysia sudah mengejar jumlah transaksi QRIS dengan Thailand. Hal ini mengingat mobilitas masyarakat untuk keluar atau memasuki kedua negara lebih tinggi.

Adapun transaksi QRIS dengan Singapura yang mulai diuji coba tanggal 17 Agustus 2023, diperkirakan BI akan lebih tinggi lagi karena mobilitas masyarakat Indonesia ke Singapura, maupun sebaliknya lebih tinggi dari Malaysia dan Thailand.

Diperluas ke China dan Korsel

Tak cukup di negara tetangga, BI saat ini juga tengah memperluas koneksi layanan QRIS lintas negara antara China dan Korea Selatan. Pihaknya menargetkan QRIS bisa digunakan di kedua negara itu pada 2024 mendatang.

Dicky mengatakan perluasan QRIS dengan China dan Korea Selatan kini lebih maju karena diplomasinya sudah sangat aktif antar otoritas moneternya. Indonesia dan kedua negara ini disebut sudah saling mengunjungi untuk mendiskusikan local currency transaction (LCT).

Selain dengan dua negara itu, BI sebelumnya juga telah menjalin komunikasi dengan India dan Jepang untuk mengimplementasikan QRIS. Perluasan kerja sama dengan Jepang sendiri sudah tertuang dalam penandatanganan Nota Kerja Sama (NK) terkait Pembayaran berbasis QR code antara BI dan Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang.

Menggunakan QRIS untuk Belanja di Luar Negeri: Simak Manfaat dan Kelebihannya!

Bisa setor dan tarik tunai

Bertepatan dengan HUT ke-78 RI, BI juga meluncurkan QRIS Tuntas agar warga RI bisa melakukan mekanisme setor dan tarik tunai lewat QRIS. Pihaknya juga akan memperluas layanan dan jangkauan QRIS hingga ke masyarakat yang tidak memiliki akun.

Fitur QRIS tarik tunai dan setor tunai bisa digunakan untuk menarik dan menyetor uang di ATM dengan memindai kode QRIS. Di lokasi yang tidak tersedia ATM, pengguna QRIS tetap bisa menyetor dan menarik uang tunai melalui merchant QRIS yang menjadi agen atau mitra.

Dengan pengembangan tersebut, sumber dana dapat dioptimalkan untuk berbagai aktivitas. Selain meningkatkan interkoneksi institusi keuangan, fitur QRIS Tuntas juga membantu memperluas inklusi keuangan di seluruh wilayah Indonesia.

QRIS Raih Penghargaan Internasional Atas Kontribusinya untuk Transformasi Digital

Referensi:

  • CNBC Indonesia. QRIS Mendunia, Laris Manis Dipaai Warga Tetangga. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230817115815-4-463831/qris-mendunia-laris-manis-dipakai-warga-tetangga
  • CNBC Indonesia. Pengumuman! QRIS Bisa Dipakai di China dan Korsel 2024. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230817124357-4-463848/pengumuman-qris-bisa-dipakai-di-china-dan-korsel-2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini