Kesempatan Terbaik Sebarkan Berita Positif dan Inspiratif

Kesempatan Terbaik Sebarkan Berita Positif dan Inspiratif
info gambar utama

Triana Rahmawati, dilihat sekilas nampak seperti perempuan biasa seperti pada umumnya. Tapi begitu menggali lebih dalam mengenai siapa dirinya dan hal besar apa yang sudah dilakukan, rasa kagum dan penghormatan amat dalam rasanya layak untuk diberikan untuk sosok yang akrab disapa Tria ini.

Tria hanya seorang perempuan muda asal Surakarta, yang namanya tersorot berkat perubahan besar yang ia buat di tengah masyarakat. Tria adalah pendiri Griya Schizofren, sebuah komunitas yang memiliki tujuan mulia untuk memanusiakan segelintir individu yang selama ini dikucilkan akibat label Orang dengan Masalah Kejiwaan (OMDK).

Jatuh-bangun dan pahit-manisnya perjuangan tentu sudah jadi hal yang pasti dan tak perlu ditanyakan kepada Tria, selama perjalanannya dalam berupaya memberikan kehidupan yang layak bagi OMDK di lingkungannya.

Perjuangan berbuah manis, berkat niat tulusnya dalam membawa perubahan Tria menjadi salah satu sosok inspiratif yang mendapat Apresiasi dari Astra, dalam program SATU Indonesia Awards pada tahun 2017.

Untuk diketahui, SATU Indonesia Awards merupakan wujud apresiasi Astra untuk generasi muda, baik individu maupun kelompok, yang memiliki kepeloporan dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat sekitarnya di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.

Di sisi lain, lima tahun setelahnya, Sovi Nur Wakhidah terinspirasi untuk menceritakan ulang kisah perjuangan Tria untuk membawa perubahan di tengah masyarakat, dalam sebuah tulisan yang didaftarkan sebagai karya lomba untuk ajang Anugerah Pewarta Astra 2022.

Berkat kepiawaiannya dalam menceritakan kisah perjuangan Tria yang berhasil menggugah rasa, berupaya secara tulus dalam menyebarkan kisah inspiratif untuk diketahui khalayak banyak, Sovi pun berhasil memenangkan juara dua atas karyanya.

Tria dan Sovi mungkin tidak saling mengenal, atau mungkin tidak pula pernah bertemu dalam satu tempat dan waktu yang sama, tapi keduanya punya semangat yang serupa.

Tria punya semangat besar untuk membawa perubahan dan keberdayaan di tengah masyarakat, sementara Sovi punya tujuan menyebarkan hal baik dan menginspirasi yang dilakukan Tria agar diketahui oleh masyarakat, sekaligus mendapat apresiasi atas karya yang dibuat untuk menyebarkan kisah inspiratif tersebut.

Disadari atau tidak, dengan satu wadah sama yang diselenggarakan oleh Astra, ada banyak pihak dalam prosesnya yang terbantu dan mendapat manfaat sesuai porsinya untuk merasakan perubahan dan manfaat.

Mulai dari kalangan OMDK yang mendapatkan kehidupan layak berkat gerakan Tria, Tria sendiri yang akhirnya mendapat apresiasi dan dukungan lewat SATU Indonesia Awards Astra, masyarakat umum yang terinspirasi dari berbagai penjuru negeri dan mengetahui kisah Tria berkat karya Sovi, dan Sovi yang mendapat apresiasi dari Anugerah Pewarta Astra.

Astra Gelar Satu Indonesia Award untuk Jaring Anak Muda Inspiratif di Sulsel

Sebarkan kebaikan dan inspirasi

Rasanya tak terlalu berlebihan jika rangkaian program pemberdayaan Astra dikatakan sebagai kesempatan terbaik untuk menebar kebaikan dan kisah inspiratif bagi masyarakat di seluruh negeri.

Mulai dari program apresiasi SATU Indonesia Awards, yang dibarengi dengan program pemberdayaan Kampung Berseri Astra (KBA) sekaligus Desa Sejahtera Astra (DSA), untuk menjaring berbagai sosok dan tokoh inspiratif di berbagai wilayah, hingga kesempatan menyebarkan kisah yang ada lewat program Anugerah Pewarta Astra.

Dari tahun ke tahun program-program ini memiliki semangat yang sama, memberikan apresiasi untuk tokoh inspiratif dan menyebarkan kisahnya untuk menciptakan sosok inspiratif lain yang bisa saja terinspirasi dari gerakan sebelunya.

Di tahun 2023 ini, tak henti menyebarkan semangat dan kisah inspiratif Astra kembali menggelar Lomba Foto dan Anugerah Pewarta Astra 2023, setelah sebelumnya menggelar SATU Indonesia Awards 2023.

Dengan fokus dan target tak kalah penting dari tahun sebelumnya, ‘Semangat untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia’ menjadi tema yang diusung untuk tahun 2023. Peserta yang berpartisipasi diharapkan dapat menyorot kisah perjuangan dari para tokoh inspiratif yang mendapat penghargaan dari tiga program pemberdayaan Astra, yakni SATU Indonesia Awards, Kampung Berseri Astra, dan Desa Sejahtera Astra di tahun ini.

Harapan besar tak kalah lahir untuk program Anugerah Pewarta Astra kali ini, semoga nantinya ada kisah Tria dan Sovi lain yang bisa memberi sekaligus mendapatkan manfaat besar untuk menebarkan berita baik dan inspiratif, sekaligus menebar Semangat untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia.

Bagi kawan GNFI yang ingin melahirkan karya bermakna lainnya seperti Sovi, dapat berpartisipasi dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2023.

Kampung Berseri ASTRA Bina Perempuan Melalui Kerajinan Anyaman Pandan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini