Lody Natasha dan Sasty Laksamana, Pebalap Perempuan Pencetak Sejarah di Ajang AXCR 2023

Lody Natasha dan Sasty Laksamana, Pebalap Perempuan Pencetak Sejarah di Ajang AXCR 2023
info gambar utama

Indonesia mencetak sejarah baru di dunia reli setelah menurunkan pebalap kelas khusus perempuan pertama di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023.

AXCR merupakan ajang bergengsi di kancah reli Asia. Pada 2023 ini, AXCR digelar di Thailand dan Laos selama enam hari, tepatnya pada 13 hingga 19 Agustus 2023.

Lody Natasha dan Sasty Laksamana adalah salah satu pasangan yang berpartisipasi di AXCR 2023. Keduanya pun berhasil mencetak sejarah bagi dunia reli Indonesia. mereka tercatat sebagai pebalap Indonesia pertama yang tampil di kelas perempuan AXCR 2023.

Menggunakan Isuzu D-Max, Lody yang bertindak sebagai driver dan Sasty sebagai co-driver beraksi melibas kerasnya rute balapan yang berawal di Pattaya, Thailand, dan berakhir di Pakse Laos.

Bagi Lody dan Sasti yang mengaku telah berteman sejak TK, berkendara menerjang jalur ekstrem memang sudah jadi hobi. Mereka bahkan sudah menggemari aktivitas satu ini sejak masih remaja.

Berangkat dari pertemanan erat dan kesamaan hobi sejak lama, Lody dan Sasti akhirnya berkompetisi bersama di ajang reli internasional. Bagi keduanya, ini adalah kali pertama mereka berpasangan dalam reli.

Lody sebetulnya bukan pebalap baru di AXCR kali sebelumnya ia sudah beberapa kali ikut serta. Hanya saja, ia tidak dihitung sebagai pebalap di kelas perempuan.

Lody lebih banyak berperan sebagai navigator. Ia pun pernah menjadi driver pada 2027 lalu, namun ia tetap tidak masuk kelas perempuan karena navigatornya adalah laki-laki. Sementara itu, Sasty baru pertama kali berpartisipasi dalam balapan reli.

NTB Punya Sirkuit Internasional Lagi Selain Mandalika, Sudah Tahu?

Hasil Bagus

Selama menjalani balapan, Lody dan Sasty menemui sejumlah tantangan, mulai dari tersesat di hutan hingga mesin rusak. Mobil mereka bahkan sempat terperosok saat melibas LEG-2. Keduanya pun sampai harus memanggil tim penyelamat sebelum kemudian melanjutkan balapan.

Meski demikian, mereka berhasil melahap semua jalur hingga balapan tuntas. Lebih dari itu, hasil yang disapat keduanya pun terbilang bagus. Mereka berhasil menduduki peringkat kedua pada kelas perempuan dan menempati peringkat ke-35 hasil resmi (official result auto).

"Walau menghadapi banyak tantangan, kami sudah memberikan upaya maksimal sehingga semua berhasil terlewati dengan baik. Semoga apa yang kami lakukan bisa mengharumkan nama Indonesia melalui ajang AXCR 2023," ujar Lody seperti dilansir ANTARA.

Sementara itu, Sasty mempersembahkan pencapaian apiknya bersama Lody sebagai kado peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 1945.

"Kami bersyukur bisa saling mendukung dan melengkapi di AXCR 2023 serta bisa menyelesaikan semua leg yang ada dengan maksimal. Semoga upaya terbaik yang kami bisa lakukan ini menjadi kado manis HUT ke-78 kemerdekaan RI," papar Sasty.

Pebalap WSBK 2023 Ikut Karnaval Budaya Mandalika, Axel Bassani: Senang Sekali!

Referensi:

  • https://m.antaranews.com/berita/3689946/pasangan-lody-natasha-sasty-laksamana-raih-hasil-bagus-pada-axcr-2023
  • https://m.antaranews.com/berita/3670317/wakil-perempuan-pertama-indonesia-lody-sasty-siap-balapan-di-axcr

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini