NTB Punya Sirkuit Internasional Lagi Selain Mandalika, Sudah Tahu?

NTB Punya Sirkuit Internasional Lagi Selain Mandalika, Sudah Tahu?
info gambar utama

Sirkuit Mandalika bukan satu-satunya sirkuit bertaraf internasional Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada pula satu sirkuit lain.

Selama ini, Sirkuit Mandalika dikenal sebagai sirkuit internasional yang paling megah di NTB, bahkan Indonesia. Ajang balap internasional pun digelar di sana.

Tak tanggung-tanggung, Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP dan World SuperBike. Nantinya, kemungkinan bukan cuma Sirkuit Mandalika yang bisa menggelar ajang balapan kelas dunia di NTB. Ini karena akan ada sirkuit baru yang hadir tak lama lagi.

Bukan Sirkuit Mandalika, Lokasi Ini Dibidik Jadi Tempat Balapan F1 di Indonesia pada 2024

Sirkuit Baru di NTB

Sirkuit baru yang dimaksud adalah sirkuit motocross yang berada di Kota Mataram. Lokasi tepat Sirkuit ini adalah di lahan yang dulunya merupakan Bandara Selaparang.

Sirkuit motorcross dibuat di atas lahan seluas 500 x 144 meter. Panjang lintasannya adalah 1,6 kilometer dan memiliki 16 tikungan. Hanya saja, belum diketahui secara rinci tingkat kesulitan sirkuit ini.

Sirkuit motocross Selaparang saat ini masih dalam proses pembangunan. Namun, diperkirakan sirkuitnya akan jadi tidak lama lagi dan bisa digunakan untuk menggelar balapan Motorcross Grand Prix (MXGP) 2023.

"Alhamdulillah Sirkuit MXGP Selaparang sudah 90 persen selesai," kata ujar Gubernur NTB Zulkieflimansyah seperti dilansir ANTARA.

Zulkieflimansyah optimistis keberadaan sirkuit motocross Selaparang akan berdampak positif. Harapannya, bisa banyak event yang diselenggarakan di sana.

"68 hektar tanah bekas bandara tadinya tak termanfaatkan, insya Allah sebentar lagi akan jadi tempat yang akan menghadirkan banyak ide, gagasan, dan event-event turunan berikutnya," lanjutnya.

Wow, Sean Gelael Sukses Naik Podium Bareng Valentino Rossi dalam Balapan Berdurasi 24 Jam

Digunakan untuk MXGP

MXGP yang bakal diselenggarakan di sirkuit baru Selaparang merupakan kejuaraan motocross internasional papan atas yang paling bergengsi. Ada dua kelas yang dilombakan, yakni MXGP and MX2. Di ajang ini, balapan berlangsung selama 30 menit yang ditambah dua putaran.

MXGP di Selaparang dijadwalkan dihelat pada 1-2 Juli. Sebelumnya, balapan akan lebih dulu digelar di Samota, Sumbawa Besar, pada 23-25 Juni.

Sirkuit Selaparang dijanjikan bakal menyajikan suasana menarik berupa pemandangan alam yang indah. Dari sirkuit, dapat terlihat panorama Gunung Rinjani.

"Track MXGP di Lombok ini termasuk flat track (tanpa kontur tanah asli) sehingga desain-nya akan mengikuti view yang ada. Karena kalau kita lihat dari sisi timur ada Gunung Rinjani setelah finish," ujar Desainer Sirkuit MXGP Lombok, Noval Hadi.

Tertarik nonton balapan motocross di Sirkuit Selaparang?

Tour de Bencoolen 2024: Memperingati 2 Abad Traktat London Lewat Balap Sepeda



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini