Kisah Miris Puluhan Villa Mewah di Malang Terbengkalai, Benarkah karena Resesi 1998?

Kisah Miris Puluhan Villa Mewah di Malang Terbengkalai, Benarkah karena Resesi 1998?
info gambar utama

Mempunyai villa mewah di lereng gunung dengan suasana sejuk dan nyaman tentunya menjadi impian banyak orang. Seperti puluhan villa di Kabupaten Malang, Jawa Tengah yang terlihat cukup megah.

Tetapi dari unggahan kanal Youtube Receh Kaliandong, memperlihatkan kondisi villa megah, namun terbengkalai dengan arsitektur yang unik. Villa megah ini tak hanya satu satu tetapi juga terdapat puluhan.

Dalam unggahan rekaman video itu terlihat betapa bangunan ini masih layak digunakan.
Meski sudah lama tidak dihuni, bangunannya masih kokoh. Bila masuk ke dalam villa ini terdapat barang-barangnya yang terlihat lengkap dan juga tersusun dengan rapi.

Re-Opening Bring Rahardjo, Siap Sajikan Brunch di Bawah Susunan Bambu

Terlihat pria itu memperhatikan barang-barang yang terdapat di vila itu. Menurut lelaki itu, villa tersebut sudah kosong sejak puluhan tahun lalu. Namun barang-barangnya tak pernah diambil sang pemilik.

“Kondisi bangunannya sebagian sudah agak rusak, tapi beberapa bagian lainnya masih cukup bagus, bahkan barang-barangnya masih cukup banyak dan lengkap,” terangnya.

Ditinggalkan sejak 1998

Bukan tanpa alasan puluhan vila ini ditinggalkan oleh para pemiliknya. Salah satu warga desa mengungkapkan alasan puluhan vila ini terbengkalai karena dampak dari resesi ekonomi pada tahun 1998 lalu.

Ketika itu banyak orang kaya Malang telah membeli bangunan villa ini. Tetapi karena resesi ekonomi banyak bangunan vila yang tidak bisa diselesaikan. Padahal beberapa bangunan sudah berdiri.

“Jadi sejak resesi tahun 1998 turunnya pak Harto itu. Jadi sudah enggak dibangun lagi,” ujar salah satu warga.

Kisah Keangkeran Wisma Erni dari Malang yang Diubah Jadi Pesantren

Warga itu mengatakan beberapa vila sebenarnya masih menjadi hak milik orang. Sementara beberapa barang mewah pun sudah sempat ditaruh ke dalam vila itu. Namun belum ditempati karena tidak ada air.

“Terus setelah itu (dibangun) kan airnya belum masuk. Terus airnya belum sampai masuk, sudah ada resesi,” lanjutnya.

Membiarkan terbengkala

Seperti yang diutarakan sebelumnya, beberapa unit dari vila di kawasan tersebut sudah dimiliki orang. Tetapi para pemiliknya malah membiarkan puluhan vila tersebut terbengkalai dan tidak terawat.

Bahkan banyak bangunan vila yang catnya sudah pudar dan mengelupas, sehingga memberikan kesan angker. Terlebih lingkungan sekitar vila tersebut juga tidak terawat dengan baik dan banyak tumbuhan liar.

Bila dilihat dari luar, penampakan vila tersebut sebenarnya masih sangat terawat dan bagus. Tetapi bagian depan vila sudah banyak dipenuhi semak belukar yang cukup rimbun karena lama tidak terurus.

Kemegahan Wisma Tumapel Malang, Hotel Mewah Zaman Belanda yang Terbengkalai

“Ini juga ada foto yang dibingkai. Fotonya hitam putih, kemungkinan foto-foto keluarga pemilik vila. Tapi sampai sekarang belum bisa diketahui kenapa pemiliknya pergi dan meninggalkan vila yang cukup luas ini,” ucapnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini