Melihat Kandang Kambing Modern Minimalis Tanpa Bau Untuk Ukuran 10 Ekor

Melihat Kandang Kambing Modern Minimalis Tanpa Bau Untuk Ukuran 10 Ekor
info gambar utama

Kandang adalah salah satu hal terpenting dalam beternak kambing. Tidak hanya sekadar rumah untuk kambing, kandang juga berperan penting terhadap kualitas kambing. Semakin baik kualitas kandang, maka semakin baik pula kualitas kambing yang Kawan pelihara.

Jika Kawan ingin melakukan peternakan kambing yang memiliki banyak manfaat, Kawan bisa menggunakan kandang kambing modern. Ada berbagai kelebihan jika Kawan menggunakan kandang ini, yaitu:

  • Kambing bisa bertumbuh dengan baik dan terhindar dari berbagai risiko kesehatan.
  • Kawan bisa melakukan kegiatan peternakan kambing dengan lebih efisien. Mulai dari pemeliharaan kambing, pembersihan kotoran, sampai daur ulang urine dan kotoran kambing.
Baca juga :Mengenal Kambing Peranakan Etawa Yang Prospeknya Menjanjikan

Beberapa Model Kandang Kambing Modern

Kandang Kambing
info gambar

Kandang kambing modern memiliki beberapa model yang bisa Kawan pilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa model itu adalah:

  • Kandang Panggung: merupakan kandang yang lantainya berada di atas lahan tanah dengan jarak tertentu. Kandang ini kurang lebih mirip seperti rumah panggung.
  • Kandang Lemprak: merupakan kandang yang menggunakan tanah/lahan sebagai lantai kandangnya. Bagian atas tanahnya lalu diberi lapisan jerami supaya kaki kambing tidak kotor.
  • Kandang Koloni: model kandang modern yang membiarkan kambing berkelompok dalam satu ruangan kandang. Model kandang ini bisa berbentuk kandang panggung atau kandang lemprak.
  • Kandang Individu: kebalikan dari kandang koloni, kandang ini membuat kambing harus domba terpisah satu sama lain dengan menggunakan sekat.
  • Kandang Kombinasi: merupakan gabungan dari model kandang panggung dan lemprak. Untuk bisa membuat model kandang ini, Kawan harus memiliki lahan yang luas.

Apa pun model kandang kambing yang Kawan pakai, pastikan kandangnya sudah memenuhi berbagai kriteria, yakni:

  • Wajib menggunakan atap yang tahan dari sinar matahari. Biasanya, atap semacam ini berbentuk genting yang terbuat dari tanah.
  • Dinding kandang harus bercelah supaya udara dan sinar matahari bisa masuk dengan mudah. Dinding bisa terbuat dari kayu, bambu, atau baja ringan.
  • Pastikan lantai kandang terbuat bahan yang cepat kering dan mudah dibersihkan.
  • Pastikan feses dan urine kambing terpisah sehingga tidak menimbulkan bau.

Kelebihan Kandang Kambing Modern Berbahan Baja Ringan

Kandang Kambing
info gambar

Umumnya, kandang kambing modern terbuat dari bahan kayu atau bambu. Namun, sekarang sudah ada kandang kambing modern dengan baja ringan sebagai bahan utama.

Dibanding kandang kayu atau bambu, kandang kambing berbahan baja ringan dianggap cocok untuk digunakan. Khususnya untuk Kawan yang baru pertama kali beternak kambing. Hal ini tidak lepas dari serangkaian kelebihan yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Dapat dikerjakan dengan mudah dan cepat, sehingga bisa lebih menghemat waktu,
  • Kokoh dan tidak mudah patah.
  • Tahan rayap dan anti karat.
  • Biaya perawatan minim, sehingga baik untuk jangka panjang.
  • Lebih ramah lingkungan dan bisa didaur ulang.
Baca juga :Mengenal Kambing Boer, Kambing Pedaging yang Sesungguhnya Asal Afrika Selatan

Ukuran Terbaik Kandang Kambing Modern untuk 10 Ekor Kambing

Kandang Kambing
info gambar

Jika Kawan tertarik untuk beternak kambing dan membuat kandangnya, Kawan tidak harus langsung membuat kandang yang besar. Minimal buatlah terlebih dulu kandang kambing modern yang bisa menampung 10 ekor kambing.

Ukuran kandangnya bervariasi tergantung dari jenis dan kondisi kambing. Namun, Kawan bisa menggunakan kambing yang sedang dalam proses penggemukan sebagai patokannya.

Idealnya, kandang untuk kambing yang sedang dalam proses penggemukan memiliki ukuran panjang 3 meter dan lebar 2,4 meter. Ukuran tersebut sudah cukup untuk menampung 10 ekor kambing yang sedang dalam proses penggemukan.

Jarak atap dan lantainya juga harus Kawan perhatikan. Pastikan jarak atap dengan kambing dan lantai tidak terlalu rendah dan juga tidak terlalu tinggi. Sehingga kambing-kambing yang Kawan pelihara bisa memasuki kandang dengan mudah.

Untuk lantai, pastikan lantai dengan lahan di sekitar kandang memiliki jarak setidaknya 70 cm. Adanya jarak antar keduanya bisa membuat kandang terhindar dari risiko genangan air ketika hujan yang bisa membuat kambing sakit.

Referensi:

https://blkp.co.id/blogs/detail/desain-kandang-kambing-modern

https://gdm.id/kandang-kambing-dan-domba/

https://www.medion.co.id/mengenal-sistem-perkandangan-ternak-kambing/

https://www.pengadaan.web.id/2022/05/kandang-kambing-modern-dari-baja-ringan.html

https://gdm.id/kandang-kambing-dan-domba/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini