Mahasiswa PMM UMM Tingkatkan Pengembangan Kreativitas Siswa SD

Mahasiswa PMM UMM Tingkatkan Pengembangan Kreativitas Siswa SD
info gambar utama

Setiap mahasiswa tidak hanya berbekal ilmu saja, tetapi juga harus memberikan dampak yang baik buat masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh kelompok 65 gelombang 5. Oleh sebab itulah kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), kegiatan yang bertujuan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dengan mengambil inisiatif untuk meningkatkan pengembangan kreativitas siswa Sekolah Dasar Islam (SDI) Mohammad Hatta di Lowokwaru, Kota Malang. Dibawah kepemimpinan Rahardiva Aurellia Kharisma Putri, kelompok PMM ini berhasil menyelesaikan pengabdian dari tanggal 28 Juli hingga 28 Agustus 2023. Selain itu, juga terdiri dari empat anggota, yaitu Nadila Dwi Hartanti, Shally Anzilir Rahmadani, Dennise Reyza Putri Shekina, Mochammad Lucky Trita Sanjaya ini memilih SDI Moh. Hatta Lowokwaru, Kota Malang untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Pemilihan SDI Moh. Hatta sebagai tempat mengabdi didasari oleh potensi program kerja yang belum diajarkan di sekolah ini. Selaras dengan tema yang diusung, yaitu 'Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri dan Pengembangan Kreativitas Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta'.

Mahasiwa PMM UMM ini berfokus untuk menambah wawasan, mengasah public speaking, dan menumbuhkan kreativitas siswa. "Beragam program telah digiatkan pada pengabdian kali ini. Seperti halnya, Public Speaking class, Coloring with Primary, Cerdas Cermat Ranking 1, dan program utama pembuatanecobrick,” ungkapnya Rahardiva.

Baca juga: Mahasiswa PMM UMM Membangun Semangat Kebangsaan melalui Lomba Antar TPQ Se-Petung Sewu

Program-program yang Dilaksanakan Kelompok Mahasiswa PMM UMM

Program Ecobrick

Program utama pembuatan ecobrick mereka pilih guna mengembangkan kreativitas dan menumbuhkan kesadaran para siswa dalam mengelola sampah plastik yang tidak bisa terurai dan bersifat berkelanjutan untuk dijadikan suatu barang yang berguna.

Public Speaking Class

Program ini difokuskan pada pengembangan skill berbicara siswa dan menyampaikan suatu pesan. Diakhir siswa juga diberikan tes dalam menceritakan sesuatu dengan tema yang dipilih secara acak.

Coloring with Primary

Program ini difokuskan pada pengembangan kreatifitas skill mewarnai siswa khususnya di kelas 4 dalam mata pembelajaran seni. Kegiatannya ada materi dan praktik mewarnai dengan tema gambar yang sudah disiapkan oleh mahasiswa PMM kelompok 65 gelombang 5.

Cerdas Cermat Ranking 1

Program ini difokuskan pada pengembangan kecerdasan dalam hal pengetahuan umum dan skill dalam menjawab dengan tangkas. Lomba ini dapat diikuti para siswa khususnya di kelas 4, tetapi juga dapat diikuti oleh siswa kelas 5 dan 6. Total peserta yang berpartisipasi adalah 65 anak dengan diambil 3 juara.

Program ini diawali dengan memberikan latihan-latihan soal cerdas cermat kepada para siswa agar tahu gambaran program cerdas cermat seperti apa dan bagaimana peraturannya. Soal-soal yang disiapkan yaitu mengenai mata pelajaran anak SD yang terdiri dari Matematika, Bahasa Inggris, IPA, Pendidikan Agama, PKN, dan Bahasa Indonesia.

Suyanto selaku Kepala Sekolah mengapresiasi adanya program mahasiswa PMM UMM, karena SDI Moh. Hatta sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. “Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Tim PMM UMM sudah memilih sekolah ini untuk pelaksanaan kegiatan PMM. Adanya program ini membuat siswa bisa belajar hal-hal baru dan semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi semua,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Niswati, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat membantu guru untuk memberi ilmu kepada siswa dan siswi kelas empat dengan program yang sudah dibentuk. “Program kelompok ini memberikan pengetahuan yang luar biasa. Anak-anak sangat antusias belajar hal-hal baru yang sebelumnya belum diajarkan,” ungkap wali kelas empat itu.

Baca juga: Keceriaan Anak-Anak Sekolah Dasar di Desa Sikara-kara menerima bantuan perlengkapan sekolah dari The School Projects

Rangkaian kegiatan tersebut telah tuntas dilaksanakan oleh Tim PMM Kelompok 65 Gelombang 5. Melalui program-program tersebut diharapkan dapat membawa hal-hal yang bermanfaat dan menjadi sebuah pengalaman baru bagi Tim PMM, para siswa dan siswi SD Islam Mohammad Hatta, dan warga sekolah lainnya yang turut membantu menyukseskan sampai berakhirnya semua rangkaian kegiatan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini