Rumput Gama Umami, Tumbuhan dengan Beragam Manfaat yang Dikembangkan UGM

Rumput Gama Umami, Tumbuhan dengan Beragam Manfaat yang Dikembangkan UGM
info gambar utama

Rumput Gama Umami bukan rumput biasa. Rumput yang kaya manfaat satu ini adalah hasil pengembangan oleh Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bagi dunia peternakan, urusan rumput adalah hal yang sangat penting. Maklum saja, rumput adalah salah satu pakan ternak yang paling banyak digunakan.

Karena itu pula, rumput yang berkualitas tinggi pun sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan hewan ternak. Rumput Gama Umami pun hadir sebagai jenis rumput dengan beragam manfaat yang tentunya menguntungkan peternak.

Kombucha, Teh Jamur Berkhasiat Tinggi dari Abad 220 SM

Apa itu Rumput Gama Umami?

Pada dasarnya, rumput Gama Umami adalah rumput gajah yang banyak ditemui di mana-mana. Oleh tim peneliti Fapet UGM, rumput gajah tersebut kemudian diberi paparan radiasi sinar gamma 100 gy hingga bermutasi.

“Mutasi dengan radiasi sinar gamma dapat memengaruhi morfologi, anatomi, dan fisiologi tanaman sehingga menghasilkan tanaman yang lebih unggul dibandingkan dengan tetuanya. Aplikasi radiasi sinar gamma digunakan pada organ vegetatif, bunga, dan biji tanaman rumput gajah,” ujar Ir. Nafiatul Umami, S.Pt., MP., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., selaku dosen Fapet UGM dan ketua peneliti rumput Gama Umami, seperti dilansir laman resmi Fapet UGM.

Tentu ada alasan mengapa rumput gajah (Pennisetum purpureum) dipilih untuk dikembangkan menjadi rumput Gama Umami. Rumput gajah adalah jenis yang disukai ternak sangat cocok dikembangkan di lingkungan beriklim tropis seperti Indonesia.

Setelah rumput gajah diberi paparan sinar gamma dan bermutasi menjadi rumput Gama Umami, jadilah rumput yang lebih produktif. Dari segi ukuran, rumput Gama Umami lebih besar dan hasil produksinya pun lebih tinggi dibandingkan rumput gajah biasa.

Tinggi rumput Gama Umami dilaporkan mencapai 3,8 meter. Untuk setiap meter persegi lahan, rumput yang dihasilkan bisa sampai 50 kg dan dapat dipanen hingga 6 kali dalam setahun.

Selain hasil produksi yang melimpah, karakteristik rumput yang ikut berubah adalah kandungannya. Serat, lemak, dan protein dalam rumput Gama Umami lebih baik sehingga lebih bernutrisi bagi hewan ternak.

Meski dihasilkan lewat rekayasa dengan radiasi, tak perlu khawatir rumput Gama Umami mengandung zat berbahaya. Peneliti telah memastikan jika rumput ini aman.

“Radiasi sinar gamma diketahui tidak meninggalkan residu radioaktif dalam meterial yang diradiasi. Proses radiasi pada rumput gajah menghasilkan keragaman jenis tanaman serta menghasilkan tanaman yang lebih produktif, terlihat dari morfologi, anatomi, biokimia, produksi dan fisiologi tanaman,” papar Nafiatul Umami.

Manfaat Bunga Rosella dan Cara Bikin Teh Herbal dari Bunganya

Referensi:

  • https://fapet.ugm.ac.id/id/fapet-ugm-kembangkan-gama-umami-rumput-unggul-hasil-radiasi-sinar-gamma/
  • https://ugm.ac.id/id/berita/gama-umami-rumput-gajah-unggul-hasil-mutasi-penelitian-ugm/
  • https://bbuskp.karantina.pertanian.go.id/kenalkan-rumput-gajah-gamma-umami-karantina-pertanian-uji-standar-dorong-peningkatan-produktivitas-ternak-di-kepulauan-bangka-belitung/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini