Siap-siap! UFC Bakal Digelar di Indonesia, Ini Bocoran Waktu dan Tempatnya

Siap-siap! UFC Bakal Digelar di Indonesia, Ini Bocoran Waktu dan Tempatnya
info gambar utama

Ultimate Fighting Championship (UFC) bakal diselenggarakan di Indonesia. Bocoran soal waktu dan tempatnya pun sudah diketahui.

UFC merupakan ajang bela diri campuran alias Mixed Martial Arts (MMA) yang sangat tersohor di seluruh dunia. Ajang ini tergolong sangat prestisius dan diikuti oleh para petarung elite dunia.

Tak lama lagi, UFC bakal hadir di Indonesia. Ya, Indonesia bakal menjadi tuan rumah dengan menyelenggarakan laga-laga yang mempertemukan para petarung di dalam oktagon.

Tampaknya, wacana ini kemungkinan besar akan terwujud. Sebab, pihak UFC telah datang ke Indonesia dan meninjau Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta sebagai calon venue untuk ajang UFC nanti.

Pihak UFC yang diwakili oleh Senior Vice President Kevin Chang dan Vice President Operations Leanne Chu terlebih dahulu menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora pada Senin (28/8/2023). Setelahnya, Kevin Chang dan Menpora Dito langsung menyambangi Indonesia Arena.

Terkait kapan UFC akan diselenggarakan di Indonesia, belum ada informasi mengenai tanggal pasti. Namun, Menpora memberi bocoran mengenai perkiraannya.

"Insya Allah. UFC akan menggelar di Indonesia di awal tahun 2024." ujar Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Meski baru akan pertama kali jadi tuan rumah, Indonesia sebetulnya sudah berpartisipasi di UFC. Ada sejumlah petarung MMA asal Indonesia yang pernah berlaga di ajang Road to UFC.

Di antara petarung-petarung Indonesia yang beraksi di Road to UFC, ada satu yang berhasil mendapatkan kontrak. Dia adalah Jeka Saragih. Selain itu, ada pula sejumlah petarung Indonesia yang berlatih di MMA Fight Academy San Diego, Amerika Serikat.

Sang Jagoan Asia: Aksi Petarung MMA Indonesia Berbuah Medali di AMMA Championship 2023

Sekilas tentang UFC

UFC berasal dari Amerika Serikat (AS) dan selama ini ajang-ajangnya pun sebagian besarnya digelar di sana. Saat UFC digelar di luar AS, negara Asia tercatat sudah berkali-kali menjadi tuan rumah.

Negara Asia pertama yang menggelar ajang UFC adalah Jepang. Saat itu, ajang bertajuk UFC Japan: Ultimate Japan diselenggarakan di Yokohama Arena pada 21 Desember 1997.

Setelah Jepang, UFC merambah negara-negara Asia lain, tak terkecuali negara Asia Tenggara. Negara-negara tersebut yakni Uni Emirat Arab, China, Korea Selatan, Filipina, dan Singapura.

Terbaru, Singapura baru saja kembali jadi tuan rumah pada 26 Agustus 2023. Ajang bertajuk UFC Fight Night: Holloway vs. The Korean Zombie diselenggarakan di Singapore Indoor Stadium dan dihadiri lebih dari 10 ribu orang.

Bela Diri Hapkido Harumkan Nama Indonesia, Prestasi Membanggakan Diraih di Kejuaraan Dunia

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4137/menpora-dito-ajak-senior-vice-president-ufc-tinjau-indonesia-arena



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini