KTT ASEAN 2023, RI Mau Tarik Investasi Besar di Sektor Pariwisata

KTT ASEAN 2023, RI Mau Tarik Investasi Besar di Sektor Pariwisata
info gambar utama

Pemerintah Indonesia akan mendorong penyaluran investasi dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Dilansir dari Bisnis.com, Senin (4/9), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa setiap jajaran menteri memiliki tugas dalam menyukseskan gelaran KTT ASEAN 2023, termasuk dalam menarik minat investasi ke Tanah Air.

Adapun investasi tersebut menurutnya akan dilakukan melalui sejumlah agenda round table dengan investor, salah satunya India dan Asean Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Buka lapangan pekerjaan

Menparekraf Sandiaga pun meyakini KTT ASEAN 2023 yang mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth itu mampu membuka lapangan pekerjaan dengan target 4,4 juta. Hal ini terlihat dari penuhnya keterisian hotel di kawasan penyelenggaraan pertemuan akbar itu.

“Untuk ASEAN sendiri kan semua hotel penuh sekarang, ada 18 hotel utama itu penuh sisanya juga hampir semua hotel yang di sekitar diadakannya KTT ini sudah habis terpesan,” ujarnya.

Tak hanya KTT ASEAN 2023, pihaknya juga menyoroti ragam agenda internasional menjelang akhir tahun nanti, yang akan berdampak terhadap okupansi hotel di Tanah Air. Kondisi ini dinilai dapat merembet pada perputaran uang Negara.

Indonesia Mendapat Apresiasi Atas Kemajuan Sosial-Budaya di ASEAN

Boyong delegasi ke Belitung

Di sisi lain, Menparekraf Sandiaga juga merekomendasikan delegasi KTT ASEAN 2023 untuk mengunjungi Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, karena memiliki destinasi wisata yang indah dan kualitas udara yang bagus.

“Salah satu yang saya rekomendasikan sebagai destinasi post event trip bagi para delegasi KTT ke-43 ASEAN adalah Belitung,” kata Menparekraf Sandiaga, dilansir dari Antara, Senin (4/9).

Seperti diketahui, Belitung memiliki destinasi wisata yang mendapatkan status sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Geopark Belitung telah diakui dunia memiliki keragaman geologis, seperti lanskap alam, batuan, mineral, serta proses geologis dan tektonik.

Meriahnya Asean Fest 2023, Pagelaran Ekonomi dan Budaya Asia Tenggara

Referensi:

  • Bisnis.com. KTT ASEAN 2023, Sandiaga Uno Mau Tarik Investasi Jumbo ke Parekraf. https://kabar24.bisnis.com/read/20230902/15/1690738/ktt-asean-2023-sandiaga-uno-mau-tarik-investasi-jumbo-ke-parekraf
  • Antara. Menparekraf Rekomendasikan Delegasi KTT ASEAN Kunjungi Belitung. https://www.antaranews.com/berita/3709200/menparekraf-rekomendasikan-delegasi-ktt-asean-kunjungi-belitung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini