Produk Margarin Buatan Indonesia Siap Merambah Pasar di 12 Negara

Produk Margarin Buatan Indonesia Siap Merambah Pasar di 12 Negara
info gambar utama

Produk margarin karya anak bangsa yang diproduksi Upfield Indonesia akan merambah ke 12 negara di 2024. Peningkatan ekspor ini berpotensi menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Dilansir dari Kontan.co.id, Sabtu(9/9/2023), Presiden Direktur PT Upfield Indonesia Dicky Saelan menjelaskan bahwa PT Upfield Indonesia di Cikarang telah memproduksi berbagai produk margarin untuk 9 negara dan diestimasikan akan bertumbuh menjadi 12 negara di 2024.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan pihaknya berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan ekspor produk-produk Indonesia. Perluasan jangkauan pasar Upfield Indonesia, menurutnya berpotensi menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun negara pengimpor produk margarin itu, di antaranya adalah Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Pakistan, Oman, Salomon Island, Saudi Arabia, Korea Selatan, Sri Lanka, Dubai, dan Qatar.

RI Ekspor 1.000 Ton Kacang Hijau ke Tiongkok, Diburu Pembeli Mancanegara

Eksportir margarin terbesar

Indonesia merupakan eksportir margarin nomor satu dunia berdasarkan data dari kementerian Perdagangan (Kemendag). Nilai ekspor produk ini pada 2019–2021 mencapai 3 miliar dolar AS.

Indonesia diketahui paling banyak mengekspor margarin untuk China, yakni sebesar 1 miliar dolar AS. Selain itu, Nigeria juga mengimpor sebesar 172 juta dolar AS dan Amerika Serikat sebesar 121 juta AS.

Negara tujuan ekspor selanjutnya adalah Algeria dengan nilai 90 juta dolar AS, Rusia 81 juta dolar AS, Italia 70 juta dolar AS, dan negara-negara lainnya. Dengan nilai perdagangan yang tinggi ini membuat Indonesia menjadi eksportir margarin terbesar di dunia.

Kemudian, hal yang terpenting adalah produk margarin buatan dalam negeri itu diproduksi dengan minyak kelapa sawit yang telah bersertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Dokumen ini menjamin proses produksi yang meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat setempat.

Gudang Ekspor Shopee Diresmikan, Saatnya UMKM Go Internasional

Referensi:

Kontan.co.id. Upfield Indonesia Lepas Produk Margarin Karya Anak Bangsa ke 12 Negara. https://pressrelease.kontan.co.id/news/upfield-indonesia-lepas-ekspor-produk-margarin-karya-anak-bangsa-ke-12-negara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini