Kawasan Geopark Raja Ampat Resmi Ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO

Kawasan Geopark Raja Ampat Resmi Ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO
info gambar utama

Kawasan Geopark Raja Ampat di Provinsi Papua Barat Daya ditetapkan sebagai Global Geopark oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atas kekayaan alam yang tersimpan di dalamnya.

Dilansir dari Antara, Senin (11/9), penghargaan sertifikat UNESCO Global Geopark (UGG) Raja Ampat itu diserahkan dalam acara the 10th International Conference UNESCO Global Geopark pada 7–9 September 2023 di Marrakech, Maroko.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musaad menjelaskan Kabupaten Raja Ampat memiliki potensi luar biasa, di atas maupun di bawah laut, yang dipandang UNESCO sebagai salah satu kekayaan dunia yang harus dijaga kelestariannya.

Jadikan destinasi unggulan

Penobatan Kabupaten Raja Ampat sebagai UNESCO Global Geopark harapannya menjadi motivasi bagi pengembangan potensi yang sama pada daerah lainnya di Provinsi Papua Barat.

“Saya yakin dan percaya, dengan kolaborasi semua pihak pasti mampu mempertahankan bahkan meningkatkan upaya kita untuk menjadikan geopark Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, dan memacu kabupaten lain untuk mencapai prestasi serupa,” kata Musaad, dilansir dari Beritasatu.com, Senin (11/9).

Menurutnya, penetapan kawasan Geopark Raja Ampat oleh UNESCO menandakan wilayah ini telah menjadi tujuan wisata berkelas dunia yang akan mendapatkan perhatian lebih besar, baik sektor pariwisata maupun upaya pemberdayaan masyarakat.

Punya Surga Bernama Raja Ampat, Forbes Akui Indonesia sebagai Negara Terindah di Dunia

Raja Ampat baru

Seperti diketahui, Kabupaten Raja Ampat kini sudah tidak lagi menjadi bagian dari Provinsi Papua Barat karena adanya pemekaran wilayah menjadi Provinsi Papua Barat Daya (PBD) pada 2022.

Dilansir dari Kabartimur.com, Senin (11/9), Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw tengah mempersiapkan Kabupaten Teluk Wondama menjadi pusat destinasi wisata baru di wilayah Provinsi Papua Barat menggantikan Raja Ampat.

Dengan menggelar Festival Roon Wondama (FRW) 2023 pada 7 september 2023 di Pantai Wasasar, pihaknya mempromosikan potensi wisata Teluk Wondama yang meliputi keindahan alam dan pesona bawah laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC).

10 Geopark Indonesia yang Diakui Dunia

Referensi:

  • Antara. Kabupaten Raja Ampat Ditetapkan Sebagai Global Geopark oleh UNESCO. https://www.antaranews.com/berita/3720267/kabupaten-raja-ampat-ditetapkan-sebagai-global-geopark-oleh-unesco
  • Beritasatu.com. Geopark Raja Ampat Resmi Masuk Daftar Unesco Global Geopark. https://www.beritasatu.com/lifestyle/1066267/geopark-raja-ampat-resmi-masuk-daftar-unesco-global-geopark
  • Kabartimur.com. Festival Roon Wondama 2023 Waterpauw Dukung Wondama Jadi Raja Ampat Baru di Papua Barat. https://kabartimur.com/festival-roon-wondama-2023-waterpauw-dukung-wondama-jadi-raja-ampat-baru-di-papua-barat/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini